EFEKTIVITAS PEMBERIAN MEDIA PODCAST TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4415Keywords:
MEDIA PODCAST, PENGETAHUAN GIZI SEIMBANGAbstract
Anak sekolah dasar menjadi salah satu kelompok yang rawan akan mengenai masalah gizi, rendahnya pengetahuan pada pedoman gizi seimbang menjadi salah satu penyebab dari masalah gizi. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam meningkatkan pengetahuan pada anak usia sekolah dengan memberikan media. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada efektivitas pemberian media podcast terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada anak usia sekolah dasar. Metode penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental with one group pretest-posttest design, sampel penelitian yaitu sebanyak 15 orang dengan penentuan purposive sampling. Variabel independen yaitu media podcast, lalu variabel dependent yaitu pengetahuan pendoman gizi seimbang. Analisis data yang digunakan untuk data yang tidak berdistribusi normal adalah Wilcoxon test (uji beda) menggunakan SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pada siswa-siswi SDN 1 Perumnas Subang, yaitu dari 40,0% dengan pengetahuan yang cukup sebelum diberikan media menjadi 86,7% dengan pengetahuan yang baik sesudah diberikan penyuluhan dengan media podcast, dan hasil uji spss menggunakan Wilcoxon test menunjukan bahwa terdapat efektivitas pemberian media podcast terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang Pada Anak SDN Perumnas 1 Subang dengan nilai sig 0,001< 0,005. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas pemberian media podcast terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang Pada Anak SDN Perumnas 1 Subang.References
Eka, R. (2018). Spotify Adalah Platform Podcast Paling Populer Di Indonesia. Https://Dailysocial.Id/Post/Lapora N-Dailysocial-Penggunaan_Layanan-Podcast-2018. Diakses Pada 1 Agustus 2022.
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast Sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. Https://Doi.Org/10.24198/Kj.V1i1.10562
Fatimah, A. S. (2017). Efektifitas Penyuluhan Gizi Menggunakan Pgs Card Dibandingkan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Prodi D-Iv Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan, Praktik Gizi Seimbang Dan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal Of Nutrition), 6(1), 58–64.
Juli, M., Simbolon, I., Simbolon, B. R., Darma, U., & Medan, A. (2021). Podcast Suara Puan Sebagai Sarana Literasi Digital. Social Opinion, 6, 66–85.
Kemenkes Ri. (2017). Buku Saku Pemantauan Status Gizi. Buku Saku, 1–150.
Kemenkes Ri, K. R. I. (2019). Pedoman Gizi Seimbang. Stikes Perintis.
Martaulina, S. D. (2018). Bahasa Indonesia Terapan. Deepublish.
Muthmainnah, A. F., Rahayu, N. S., & Muhdar, I. N. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Menggunakan Media Mengenai Obesitas Pada Remaja. Argipa (Arsip Gizi Dan Pangan), 6(2), 95–110. Https://Doi.Org/10.22236/Argipa.V6i2.6212
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku (Vol. 20). Rineka Cipta.
Padmiswari, A. A. I. M., Wulansari, N. T., & Antari, N. I. W. S. (2022). Efektivitas Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(1), 19–24.
Putri, V. H., Sitoayu, L., & Ronitawati, P. (2021). Pengaruh Media Ar Book Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Pada Anak Usia Sekolah. Action: Aceh Nutrition Journal, 6(2), 118–127.
Sari, D. Y., & Nugraheni, M. (2017). Pola Makan Dan Status Gizi Siswa Kelas Iv, V Dan Vi Sekolah Dasar Magunan. E-Journal Student Pend. Teknik Boga-S1, 6(5).
Setyawati, V. A. V., & Herlambang, B. A. (2015). Model Edukasi Gizi Berbasis E-Booklet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Ibu Balita. Jurnal Informatika Upgris, 1(1 Juni).
Sultan, M. A., & Akhmad, A. (2020). Media Podcast Terhadap Kemampuan Menyimak. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 40. Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V4i1.12044
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anggita maharani, Ratih Kurniasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).