PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL (ANIMASI) TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suci Andriyani Program Studi S1 Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Program Studi S1 Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414

Keywords:

Pengetahuan Gizi, MEDIA AUDIOVISUAL

Abstract

Anak usia sekolah dasar lebih berisiko mengalami masalah gizi yang berhubungan dengan pola makan dan tumbuh kembang. Status gizi yang baik akan mempengaruhi peningkatan pengetahuan pada anak melalui pendidikan, pendidikan gizi diberikan dengan media agar dapat menarik perhatian anak sekolah dasar. Media pembelajaran menggunakan audio visual dipilih karena memiliki manfaat untuk anak sekolah dasar dalam mengaktifkan indera penglihatan dan pendengaran siswa agar fokus dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian media audio visual animasi terhadap pengetahuan gizi seimbang anak sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental rancangan pre-test and post-test control group. Penelitian dilakukan di Kota Cikarang dengan sampel anak sekolah dasar sebanyak 15 orang. Paired Sample t-test digunakan untuk melihat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikannya media audio visual animasi. Hasil pada penelitian menunjukkan paling banyak anak sekolah dasar memiliki usia 12 tahun (46,7%), anak sekolah dasar dominan berjenis kelamin laki-laki (53,3%) dan status gizi pada anak sekolah dasar paling banyak memiliki kategori normal (80%). Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada anak sekolah dasar (p<0,05), sesudah diberikan intervensi anak sekolah dasar mengalami perubahan pada pengetahuan dari kategori baik (66,7%) menjadi sangat baik (86,7%). Dapat disimpulkan bahwa pemberian media audio visual animasi dapat mempengaruhi pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar.

References

AGustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 1, 19–23.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, N. L., & Andriyani, S. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) tentang Makanan Jajanan di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1 (1), 1–20.

Hikmawati, Z., Yasnani, & Sya’ban, A. R. (n.d.). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1, 1–9.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama RISKESDAS 2018.

Lestari, P. (2020). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Asupan Makanan dengan Status Gizi Siswi MTS Darul Ulum. Sport and Nutrition Journal, 2 (2), 73–80.

Mahmudah, U. (2019). Pengaruh Media Teka - Teki Silang terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Ilmu Gizi Indonesia, 2 (2), 107–114.

Nuryanto, Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 3 (1), 32–36.

Rahmad, A. H. Al, & Almunadia. (2017). Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 17 (3), 140–146.

Kemenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan No. 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Seprianty, V., Tjekyan, R. M. S., & Thaha, M. A. (2015). Status Gizi Anak Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sungaililin. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 2 (1), 129–134.

Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3 (2), 198–203.

Siregar, R., & Sondang. (2014). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Kebersihan Gigi pada Siswa/i Kelas III dan IV di SDN 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun 2014. Jurnal Ilmiah PANNMED, 9 (2), 166–169.

Wicaksana, D. A., & Hida, N. R. (2019). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Anak Usia Sekolah di SDN Bedahan 02 Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11 (1), 35–48.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Andriyani, S., & Kurniasari, R. . (2023). PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL (ANIMASI) TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1686–1690. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414