PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL (ANIMASI) TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414Keywords:
Pengetahuan Gizi, MEDIA AUDIOVISUALAbstract
Anak usia sekolah dasar lebih berisiko mengalami masalah gizi yang berhubungan dengan pola makan dan tumbuh kembang. Status gizi yang baik akan mempengaruhi peningkatan pengetahuan pada anak melalui pendidikan, pendidikan gizi diberikan dengan media agar dapat menarik perhatian anak sekolah dasar. Media pembelajaran menggunakan audio visual dipilih karena memiliki manfaat untuk anak sekolah dasar dalam mengaktifkan indera penglihatan dan pendengaran siswa agar fokus dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian media audio visual animasi terhadap pengetahuan gizi seimbang anak sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental rancangan pre-test and post-test control group. Penelitian dilakukan di Kota Cikarang dengan sampel anak sekolah dasar sebanyak 15 orang. Paired Sample t-test digunakan untuk melihat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikannya media audio visual animasi. Hasil pada penelitian menunjukkan paling banyak anak sekolah dasar memiliki usia 12 tahun (46,7%), anak sekolah dasar dominan berjenis kelamin laki-laki (53,3%) dan status gizi pada anak sekolah dasar paling banyak memiliki kategori normal (80%). Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada anak sekolah dasar (p<0,05), sesudah diberikan intervensi anak sekolah dasar mengalami perubahan pada pengetahuan dari kategori baik (66,7%) menjadi sangat baik (86,7%). Dapat disimpulkan bahwa pemberian media audio visual animasi dapat mempengaruhi pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar.References
AGustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 1, 19–23.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani, N. L., & Andriyani, S. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) tentang Makanan Jajanan di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1 (1), 1–20.
Hikmawati, Z., Yasnani, & Sya’ban, A. R. (n.d.). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1, 1–9.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama RISKESDAS 2018.
Lestari, P. (2020). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Asupan Makanan dengan Status Gizi Siswi MTS Darul Ulum. Sport and Nutrition Journal, 2 (2), 73–80.
Mahmudah, U. (2019). Pengaruh Media Teka - Teki Silang terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Ilmu Gizi Indonesia, 2 (2), 107–114.
Nuryanto, Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 3 (1), 32–36.
Rahmad, A. H. Al, & Almunadia. (2017). Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 17 (3), 140–146.
Kemenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan No. 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Seprianty, V., Tjekyan, R. M. S., & Thaha, M. A. (2015). Status Gizi Anak Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sungaililin. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 2 (1), 129–134.
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3 (2), 198–203.
Siregar, R., & Sondang. (2014). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Kebersihan Gigi pada Siswa/i Kelas III dan IV di SDN 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun 2014. Jurnal Ilmiah PANNMED, 9 (2), 166–169.
Wicaksana, D. A., & Hida, N. R. (2019). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Anak Usia Sekolah di SDN Bedahan 02 Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11 (1), 35–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suci Andriyani, Ratih Kurniasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).