EFEKTIVITAS EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA PODCAST TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN DIABETES MELITUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4413Keywords:
podcash, diabetes meliilituus, educationAbstract
Kasus diabetes melitus di Kabupaten Indramayu memerlukan perhatian khusus terhadap pencegahan dan pengendalian. Untuk terwujudnya hal tersebut perlu dilakukan peningkatan pengetahuan, salah satunya dengan melakukan edukasi menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas edukasi menggunakan media podcast terhadap peningkatan pengetahuan pencegahan dan pengendalian diabetes melitus. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment pre dan post test one group design. Sampel penelitian ini sebanyak 20 orang dengan usia 15-24 tahun. Variabel yang dianalisis adalah pengetahuan responden. Pengetahuan responden diukur menggunakan kuesioner dengan 21 pertanyaan. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden terbanyak pada usia 20 tahun (45%), berjenis kelamin perempuan (80%), dan berstatus gizi normal (75%). Kategori pengetahuan responden sebelum dilakukan edukasi menggunakan podcast (15%) belum termasuk ke dalam kategori baik, sedangkan sesudah dilakukan edukasi menggunakan podcast (100%) termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji statistik Wilcoxon diperoleh hasil adanya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan media podcast yang signifikan (p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media podcast efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan dan pengendalian diabetes melitus.References
Bayu, D. J. (2021). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak-muda-dominasi-jumlah-pendengar-podcast-di-indonesiapendengar-podcast-di-indonesia-didominasi-anak-muda#:~:text=Pendengar Podcast di Indonesia Berdasarkan Usia&text=Secara rinci%2C 22%2C1%25,semak
Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. (2020). Profil Dinas Kesehatan Indramayu (pp. 33–50).
Dinkes. (2017). Rencana Kerja Kabupaten Indramayu. E-Book Rencana Kerja Dinas Kesehatan, 1–48. https://dinkes.indramayukab.go.id/wp-content/uploads/2017/11/Renja-2018.pdf
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562
Fridalni, N., Guslinda, Minropa, A., Febriyanti, & Sapardi, V. S. (2019). Pengenalan Dini Penyakit Degeneratif. Jurnal Abdimas Saintika, 1, 45–50.
Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.85
Pakar Gizi Indonesia. (2019). Ilmu gizi: teori & aplikasi.
Iqbal, M., & Puspaningtyas, D. E. (2019). Penilaian Status Gizi ABCD (A. Suslia (ed.)). Salemba Medika.
Jabar, A. (2017). KEMATIAN AKIBAT DIABETES DI INDRAMAYU MAKIN TINGGI. KESMAS-ID.COM. https://kesmas-id.com/kematian-akibat-diabetes-di-indramayu-makin-tinggi/
Joegijantoro, R. (2019). Penyakit Infeksi. Intimedia.
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720
Silalahi, L. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Tindakan Pencegahan Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal PROMKES, 7(2), 223. https://doi.org/10.20473/jpk.v7.i2.2019.223-232
Wahyuningsih, P., Nadhiroh, Siti, R., & Adriani, M. (2015). Media Pendidikan Gizi Nutrition Card Berpengaruh Terhadap Perubahan Pengetahuan Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 10(1), 26–31. http://e-journal.unair.ac.id/index.php/MGI/article/view/3122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ainun Zakiyatul Fitri, Ratih Kurniasari2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).