HUBUNGAN POLA MAKAN REMAJA DENGAN INDEKS MASSA TUBUH DI SMP ADVENT BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Mindo Lupiana Gizi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
  • Sutrio Sutrio Gizi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
  • Reni Indriyani Gizi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4376

Keywords:

Pola Makan, Remaja, IMT

Abstract

            Masalah gizi remaja sangat berpengaruh tehadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta dampaknya pada pada masalah gizi saat dewasa. Periode remaja merupakan priode kritis saat terjadi perubahan fisik, biokimia, dan emosional yang cepat. Pola makan seseorang dapat dipengaruhi oleh sosial budaya dan lingkungan, pengetahuan, iklan, citra diri, serta agama dan kepercayaan. Meskipun tidak dapat digolongkan ke dalam vegetarian, pola makan khusus yang dianut oleh umat gereja Advent masih dipertahankan oleh pengikutnya sampai hari ini. Hal ini berhubungan dengan pola makan mereka sehari-hari yang tidak bebas mengonsumsi daging dan hasil laut yang sebenarnya dominan sebagai sumber protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan remaja dengan indeks massa tubuh (IMT).        Penelitian menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Tempat penelitian di SMP Advent Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Adven yang berjumlah 89 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas 8,9 dan 10 yang berjumlah 34 siswa. Tehnik pengambilan samper dilakukan dengan accidental sampling melalui kujungan ke rumah. Hal ini dilakukan karena adanya pandemi covid 19. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan variabel pola makan, asupan karbohidrat, protein dan lemak remaja.        Hasil anilisa data didapat persentasi siswa yang mempunyai IMT kurang baik sebanyak 44,1%, persentasi siswa yang mempunyai pola makan yang kurang baik sebanyak 38,2%. Asupan karbohirat kategori kurang baik 55,9%, asupan protein kategori kurang baik 58,8%, asupan lemak kategori kurang baik 50,0%). Hasil bivariat menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara pola makan dengan IMT remaja (p value = 0,049). Adanya hubungan yang bermakna antara asupan karbohidrat dengan IMT remaja (p value = 0,030).       Disarankan meningkatkan peran sekolah dalam memberi pengetahuan tentang gizi remaja terhadap siswa melalui pemberian materi, memasang poster tentang gizi remaj di lingkungan sekolah.

References

Almatsier, Sunita, dkk. 2011. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Achadi LA., 2012. Seribu Hari Almatsier, Sunita, dkk. 2011. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Alakaam, A. A., Castellanos, D. C., Bodzjo, J., & Harrison, L. (2015). The Factors That Influence Dietary Habits Among International Students in the United States.Journal of the American Dietetic Association.

Amelia, A. R., Syam, A., & Fatimah, S. 2013. Hubungan Asupan Energi dan Zat Gizi dengan Status Gizi Santri Putri Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar Sulawesi Selatan Tahun 2013

Arisman MB. 2014. Buku Ajar Ilmu Gizi dalam Daur Kehidupan Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Arifiyanti, Anggit Dwi. 2016. Hubungan Asupan Energi Dan Lemak Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta [Karya Tulis Ilmiah]. Surakarta: Universitas Muhammadyah Surakarta.

Balitbangkes RI. 2013. Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013.

Balitbangkes. 2014. Buku Studi Diet Total: Survei Konsumsi Makanan Individu Indonesia 2014.

Beck, Mary E, 2011. Ilmu Gizi dan Diet. Yogyakarta:Yayasan Essential Medica.

Chasanah, SU. 2016. Analisis Pengetahuan Kesehatan Reproduksi, Asupan Zat Gizi, Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan ?Samodra Ilmu? Vol. 07 No. 02 Juli 2016 142148

Datukramat, H., Dachlan, A.M., Fatimah, St. 2014. Gambaran Asupan, Status Gizi dan Tingkat Kepuasan Santri Pondok Pesantren Hubulo Gorontalo. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Febrinsa,D.F., Widajanti, L., & Fatimah, S. 2016. Asosiasi Kompetensi Tentang Pedoman Gizi Seimbang Dengan Status Indeks Massa Tubuh Remaja Putri Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bulusan Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.4 No. 2

Fikawati, Sandra; Syafiq, Ahmad; Veratamala, Arinda. 2017. Gizi Anak dan Remaja. Rajawali Press. Jakarta

Gibney M, Margetts B, Kearney J, Arab L. Gizi Kesehatan Masyarakat, Jakarta. EGC. 2008.

Irianto, Koes. 2014. Gizi Seimbang dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung: Alfabet.

Kementerian Kesehatan RI. 2010. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2010.

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. SK Menkes 2010 tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Direktorat Bina Gizi.

Kementrian Kesehatan RI. 2017. Kegiatan Penilaian Status Gizi tahun 2017. Direktorat gizi masyarakat. Jakarta

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Laporan Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.

Kemenkes, RI. Permenkes Nomor 28 Tahun 2019 : Angka Kecukupan Gizi 2019. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Maryam, Siti. 2016. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Salemba Medika.

Pujiatun, Tri. 2014. Hubungan Tingkat Konsumsi Energi Dan Protein Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (Kek) Pada Siswa Putri Di Sma Muhammadiyah 6 Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri, R. D., Simanjuntak, B. Y., & Kusdalinah. 2018. Hubungan Pengetahuan Gizi, Pola Makan dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan, VIII (3).

Putri, Ita R., Gulo, Gambaran Pola Makan dan Status Gizi Remaja di SMP Advent Lubuk Pakam. Medan.

Rachmat, Mochamad. 2016. Metodologi Penelitian Gizi dan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Rahmiwati. 2007. Pola Konsumsi, Status Gizi dan Pengetahuan Reproduksi Remaja Putri. Thesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Sirajuddin, dkk. 2014. Suvei Konsumsi Pangan. Jakarta. EGC.

Soetjiningsih; Ranuh, Gde (Ed.). 2013. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: EGC.

Sofiyani, Anggita Dwi. 2017. Gambaran Status Gizi Remaja Berdasarkan Indeks Massatubuh Dan Lingkar Lengan Atas Di Pondok Pesantrenal-Islam Kota Yogyakarta Tahun 2017. Yogyakarta: Stikes Jendral Ahmad Yani.

Supariasa, dkk. 2016. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Teti, Asrina, Puspitasari, A. 2013. Pengetahuan, Asupan, Status Gizi Siswa dan Manajemen Penyelenggaraan Makanan di SMA Negeri 2 Tinggimoncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Indonesian Community Nutrition,

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Lupiana, M. ., Sutrio, S., & Indriyani, R. . (2023). HUBUNGAN POLA MAKAN REMAJA DENGAN INDEKS MASSA TUBUH DI SMP ADVENT BANDAR LAMPUNG . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1135–1144. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4376