PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA PADA KEJADIAN OVERWIGHT DAN OBESITAS : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Tasya Khoirunnisa Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4338

Keywords:

Obesity, Adolescence, Dietary, Physical Activity.

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi antara anak-anak dan orang dewasa dan membutuhkan perhatian khusus. Masalah gizi remaja dan berkurangnya aktivitas fisik biasanya meningkatkan nafsu makannya. Oleh karena itu, mereka biasanya mencari makanan lain berupa makanan padat energi, manis dan berlemak tinggi di luar waktu makan. Makanan tersebut rawan obesitas. Kelebihan berat badan atau Obesitas dapat diartikan sebagai penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan yang memberi efek buruk pada kesehatan. Kondisi ini dapat dialami oleh setiap golongan umur baik laki-laki maupun perempuan, akan tetapi remaja dan dewasa merupakan kelompok yang paling sering mengalaminya. Tingkat pengetahuan gizi remaja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya obesitas pada remaja. Jika remaja memiliki pengetahuan dan sikap yang cukup untuk menjaga gizi dan pengaturan pola makan, maka sebagian besar masalah gizi sedikit banyak dapat dihindari. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengatasi masalah gizi tersebut adalah dengan memberikan penyuluhan kesehatan kepada generasi muda. Pendidikan kesehatan tentang obesitas menggunakan media broadcast message memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan pada remaja yang mengalami overweight dan obesitas. Dengan demikian, media broadcast message bisa digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, dan sebaiknya frekuensi pemberian dilakukan lebih dari sekali misalnya sebanyak 3 kali secara bertahap selama dilakukan penelitian agar memberikan pengaruh yang lebih maksimal. Ada pengaruh edukasi dengan menggunakan media broadcast message terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja overweight.  

References

CL, O. et al. (2006). Prevalence of overweight and obesity in the United States 1999-2004. JAMA, 2, 49-55.

Kusfriyadi, M., Hadi, H & Fuad, A. (2012). Pendidikan gizi dan pesan gizi melalui short message service terhadap pengetahuan, perilaku, dan kepatuhan ibu hamil minum tablet besi. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 9(2), 87-96.

Kussoym K. F. & K. B. (2013). Prevalensi obesitas pada remaja di kabupaten minahasa. Jurnal E-Biomedik, 1.

Lanita, U. S. T. & H. E. (2015). Pengaruh pendidikan kesehatan melalui short message service (SMS) dan booklet tentang obesitas. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 12, 36-44.

Meidiana, R., Simbolon, D. & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh edukasi melalui media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478-484.

Nurazis, G. G., Fathimah, F., & Damayanti, A. Y. (2021). Pengaruh cakram edukasi pola diet untuk obesitas dan overweight terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan diet di islamic boarding school. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(1), 74-82.

Popkin, B. (2001). The nutrition transition and obesity in the developing world. J Nutr, 131(1), 871-873.

Sulastri, N., Effendy, C. & Haryani, 2008. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan keterlibatan keluarga dalam pencegahan dekubitus pada tirah baring. Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(3), 193-201.

Usmaran, et al. (2019). Media kalender dan leaflet dalam pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan perilaku makan remaja overweight. Jurnal Riset Kesehatan, 11(1), 76-87.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Khoirunnisa, T., & Kurniasari, R. . (2023). PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA PADA KEJADIAN OVERWIGHT DAN OBESITAS : LITERATURE REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1212–1217. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4338