EVALUASI PEMANFAATAN POLINDES TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA PURWODADI KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Zalmaliza Zalmaliza Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Meulaboh
  • Lastri Fitria Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4176

Keywords:

pindes, pelayanan kesehatan masyarakat

Abstract

Permasalahan dalam riset ini ialah apakah warga Purwodadi menggunakan Polindes dalam jasa kesehatan ibu hamil di Desa Puewodadi Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya? Tujuan dari riset  ini ialah menilai ekspoitasi Polindes dalam pelayanan kesehatan ibu hamil di Desa Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya. Riset ini memakai tata cara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bersumber pada hasil penilaian jika rendahnya eksploitasi Polindes disebabkan Polindes diduga selaku media jasa kesehatan guna mengontrol kehamilan ataupun peninjauan lainnya yang bersifat rawat jalan Warga berpendapat kalau Polindes merupakan tempat menontrol kehamilan, bantuan untuk melahirkan serta jasakesehatan ibu dan anak. Alasan yang lainnya merupakan tradisi masyarakat guna menentukan tempat melahirkan apakah  dirumah dengan bantuan bidan desa ataupun doa – doa  dari para ahli  kesehatan serta dukun bayi. Ketersediaan sarana di Polindes tidak komplit, bidan desa tidak tinggal di Polindes, minimnya  advertising, rendahnya keikutsertaan dan komitmen kepemilikan warga , citra bidan kurang baik, informasi data yang tidak memenuhi persyaratan  serta kualitas jasa yang belum memadai, kurangnya komunikasi dan sosialisasi, sikap penerimaan ibu-ibu  tingkat pengetahuan ibu-ibu,  tingkat kesadaran ibu-ibu mengenai sasaran dan tujuan dari Polindes itu sendiri. Kesimpulannya adalah pemanfaatan Polindes di Desa Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya baik sebagai tempat pemeriksaan kesehatan ibu hamil tidak dipergunakan secara maksimal oleh semua warga.

References

Dinas Kesehatan Aceh. (2020). Laporan Kinerja Dinas Kesehatan Aceh.

Arafah dkk. (2010). Makalah. Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat Polindes Sungai Ayak Desa Karang Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kalimantan Barat, Universitas Mulawarman, Samarinda. .

Agustyaningrum, A., Hidayati, E.N., Fadhilah,N., Fitriani, R., dan Anita, S. (2015). Kesehatan Masyarakat “Polindes”. Makalah. Sekolah Tinggi Ilmu Kemasyarakatan. Jombang.

Tumaji, T dan Putro, Gurendro. (2018). Pemanfaatan Dana Desa Untuk Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Pasuruan dan Sampang. Artikel.

Ajik P. Suwondo (ed). (1979). Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD), Pengertian dan pan- dangan dasar, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Surabaya.

Indonesia, Departemen Kesehatan R.I, (2006 a) Pusat Promosi Kesehatan. Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa Siaga, Jakarta, Departemen Kesehatan.

Indonesia, Departemen Kesehatan R.I.( 2006 b) Rencana Pembangunan Kesehatan Tahun 2005 – 2009, Jakarta, Departemen Kesehatan.

Indonesia, Departemen Kesehatan R.I, Sekretariat Jenderal. (2006 c) Rencana Strategis Departemen Kesehatan Tahun 2005 – 2009, Jakarta, Departemen Kesehatan.

Indonesia, Departemen Kesehatan R.I.(2004) Pedoman Penyelenggaraan Warung Obat Desa (WOD), Departemen Kesehatan. Jakarta.

Indonesia, Departemen Kesehatan R.I.(1990) Panduan Bidan di Tingkat Desa, Departemen Kesehatan. Jakarta.

Martodipuro, Subagyo dan Soeharti.( 1993). Indepth Interview Dengan Para Bidan di NTB dan Kabupaten Malang. Majalah Kesehatan Masyarakat Depkes, 48: 23-27.

Suripto. (1997). Tesis. Pemanfaatan Pondok Bersalin Desa sebagai Sarana Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Sukabumi, Universitas Indonesia, Jakarta..

S Sumantri, Siregar KN.(2004). Kajian kematian ibu dan anak di Indonesia, Ringkasan Eksekutif. Jakarta: Badan Litbangkes Depkes RI.

Scholl J., dan Lago D.( 1994). Using Non-reactive Methods to Study and Improve 4-H Programs. Journal of Extension. Vol. 32 No 3 (October).

Indonesia, Departemen Kesehatan R.I.( 2007). Pedoman Pengisian Kuesioner Riset Kesehatan Dasar 2007, Badan Litbangkes Depkes RI. Jakarta.

Muzaham, Fauzi. (1995). Memperkenalkan Sosiologi Kesehatan, UI Press, Jakarta.

Ristrini dan Wasis B.(2004). Studi Tentang Pembiayaan, Kepuasan Kerja dan Perilaku Pelanggan Polindes di Daerah Terpencil; Analisis Situasi Dalam Rangka Making Pregnancy Safer (MPS). Jurnal Manajemen Pelayanaan Kesehatan. Vol.7 No.03 (September): 147-155.

Yulkardi. (2003) Tesis. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemanfaatan Polindes terhadap pelayanan-perawatan kehamilan dan persalinan Di Desa Rimbo Panjang Kabupaten Agam - Sumatera Barat, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sunarto. (2005). Skripsi. Pemanfaatan Polindes Ngudi Waras Dalam pelayanan Kesehatan Ibu Hamil di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran kabupaten Sragen Februari 2005, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiharti dan Heny Lestary,(2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Posyandu/Polindes Pada Ibu Hamil di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan; Vol. 10 No. 2 Juni: 65-71.

Ristrini dan Budiarto W.(2005). Utilisasi Pelayanan Kesehatan Maternal Oleh Masyarakat Miskin di Pedesaan Dalam Rangka Kehamilan Aman. Berita Kedokteran Masyarakat; Vol. 21 No. 1.

Raharni, Supardi S., dan Susyanty A.L.( 2010). Faktor- Faktor Yang Berperan Terhadap Pemanfaatan dan Pelayanan ”UKBM” (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) Pada Rumah Tangga di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan; Vol. 13 No. 2 April: 132-139.

Kristianti, Paulina, dkk.(2008). Distribusi dan Akses Terhadap Pelayanan kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Ngawi, Kajian Data Potensi Desa Tahun 2005, Working Paper Series No. 8 Januari, KMPK, Universitas Gadjah Mada.

Mamdy, Zulasmi. (1980). Perencanaan Pendidikan Kesehatan Sebuah Pendekatan Diagnostik, Proyek Pengembangan FKM, Depdikbud RI, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Zalmaliza, Z., & Fitria, L. . (2023). EVALUASI PEMANFAATAN POLINDES TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA PURWODADI KABUPATEN NAGAN RAYA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1083–1088. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4176