PENGAPLIKASIAN METODE ACCIMAP DALAM ANALISIS KECELAKAAN TABRAKAN KRL 1528 VS METROMINI B-7760-FD
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4099Keywords:
METODE ACCIMAP , ECELAKAAN TABRAKAN KRLAbstract
Penelitian ini mengaplikasikan metode AcciMap dalam analisis kasus kecelakaan tabrakan antara kereta api dan bus angkutan penumpang di perlintasan rel sebindang di Indonesia. Metode AcciMap merupakan metode analisis kecelakaan dengan pendekatan sistem yang diadaptasi dari kerangka manajemen risiko yang dikembangkan oleh Jens Rasmussen (1997). Studi ini menggunakan kasus tabrakan KA KRL 1528 dengan Bus Metromini B-7760-FD di perlintasan rel sebidang Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat yang terjadi pada 6 Desember tahun 2015 sebagai subjek penelitian. Sumber data diambil dari laporan akhir Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan berbagai media massa populer digital. Kerangka AcciMap yang spesifik dengan konteks kasus tersebut ini telah disusun dengan mengidentifikasi berbagai faktor kontribusi dan interaksinya yang dikelompokkan dalam lima tingkatan struktur, terdiri dari: pemerintah daerah dan badan regulator; organisasi dan instansi lain yang terkait; pengelola bus metromini; pengemudi bus metromini; dan kondisi peralatan dan lingkungan sekitar. Metode ini memungkinkan analis maupun investigator kecelakaan untuk menyelidiki tindakan-tindakan dan keputusan dari tingkat atas seperti pengelola bus hingga pemerintah dan badan regulator yang berpengaruh dalam terjadinya kecelakaan. Penelitian selanjutnya perlu dilakukan dengan menganalisis kumpulan kasus-kasus kecelakaan serupa lain yang pernah terjadi di Indonesia untuk mendapatkan poin-poin pembelajaran lain yang lebih komprehensif agar kecelakaan yang sama tidak terulang kembali di masa yang akan datang.References
Branford, K., Naikar, N., & Hopkins, A. (2009). Guidelines for AcciMap analysis. Learning from High Reliability Organisations, January 2009, 193–212.
Dekker, S. (2016). Drift into failure: From hunting broken components to understanding complex systems. CRC Press.
Hamim, O. F., Hoque, M. S., McIlroy, R. C., Plant, K. L., & Stanton, N. A. (2019). Applying the AcciMap methodology to investigate the tragic Mirsharai road accident in Bangladesh. MATEC Web of Conferences, 277(December), 02019. https://doi.org/10.1051/matecconf/201927702019
Iridiastadi, H., & Izazaya, E. (2012). Kajian Taksonomi Kecelakaan Kereta Api di Indonesia Menggunakan Human Factors Analysis and Classification System (HFACS). Prosiding InSINas, 51.
Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia. (2016). Laporan Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan: Kecelakaan Antara KA KRL 1528 Relasi Jatinegara – Bogor Dengan Mobil Bus Metromini B-7760-FD Jurusan Jembatan Lima – Kalideres Di JPL 05 KM 03 + 739 Jalan Tubagus Angke, Kecamatan Tambora Jakarta Barat Minggu, 6 Desember 2015, Pukul 08.43 WIB. Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Lee, S., Moh, Y. B., Tabibzadeh, M., & Meshkati, N. (2017). Applying the AcciMap methodology to investigate the tragic Sewol Ferry accident in South Korea. Applied Ergonomics, 59, 517–525. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2016.07.013
Le Coze, J. C. (2014). Reflecting on Jens Rasmussen’s legacy. A strong program for a hard problem. Safety Science, 71(PB), 123–141. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2014.03.015
Nathan, Alnick. (2019). Di Balik Kemudi: Relasi Kerja Informal Sopir Bus Metromini. MAP Corner-Klub MKP UGM.
Qureshi, Z. H. (2008). A Review of Accident Modelling Approaches for Complex Critical Sociotechnical Systems. 12th Australian Workshop on Safety Related Programmable Systems (SCS’07), Adelaide, 86(November), 47–59.
Rasmussen, J. (1997). Risk management in a dynamic society: a modelling problem. Safety Science, 27(2), 183–213. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0925-7535(97)00052-0
Salmon, P. M., Cornelissen, M., & Trotter, M. J. (2012). Systems-based accident analysis methods: A comparison of Accimap, HFACS, and STAMP. Safety Science, 50(4), 1158–1170. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2011.11.009
Suryoputro, M. R., Sari, A. D., & Kurnia, R. D. (2015). Preliminary Study for Modeling Train Accident in Indonesia Using Swiss Cheese Model. Procedia Manufacturing, 3(Ahfe), 3100–3106. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2015.07.857
Svedung, I., & Rasmussen, J. (2002). Graphic representation of accident scenarios: Mapping system structure and the causation of accidents. Safety Science, 40(5), 397–417. https://doi.org/10.1016/S0925-7535(00)00036-9
Underwood, P., & Waterson, P. (2014). Systems thinking, the Swiss Cheese Model and accident analysis: A comparative systemic analysis of the Grayrigg train derailment using the ATSB, AcciMap and STAMP models. Accident Analysis and Prevention, 68, 75–94. https://doi.org/10.1016/j.aap.2013.07.027
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tubagus Dwika Yuantoko, Zulkifli Djunaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).