PENGAPLIKASIAN METODE ACCIMAP DALAM ANALISIS KECELAKAAN TABRAKAN KRL 1528 VS METROMINI B-7760-FD

Authors

  • Tubagus Dwika Yuantoko Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia https://orcid.org/0000-0002-2115-3722
  • Zulkifli Djunaidi Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4099

Keywords:

METODE ACCIMAP , ECELAKAAN TABRAKAN KRL

Abstract

Penelitian ini mengaplikasikan metode AcciMap dalam analisis kasus kecelakaan tabrakan antara kereta api dan bus angkutan penumpang di perlintasan rel sebindang di Indonesia. Metode AcciMap merupakan metode analisis kecelakaan dengan pendekatan sistem yang diadaptasi dari kerangka manajemen risiko yang dikembangkan oleh Jens Rasmussen (1997). Studi ini menggunakan kasus tabrakan KA KRL 1528 dengan Bus Metromini B-7760-FD di perlintasan rel sebidang Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat yang terjadi pada 6 Desember tahun 2015 sebagai subjek penelitian. Sumber data diambil dari laporan akhir Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan berbagai media massa populer digital. Kerangka AcciMap yang spesifik dengan konteks kasus tersebut ini telah disusun dengan mengidentifikasi berbagai faktor kontribusi dan interaksinya yang dikelompokkan dalam lima tingkatan struktur, terdiri dari: pemerintah daerah dan badan regulator; organisasi dan instansi lain yang terkait; pengelola bus metromini; pengemudi bus metromini; dan kondisi peralatan dan lingkungan sekitar. Metode ini memungkinkan analis maupun investigator kecelakaan untuk menyelidiki tindakan-tindakan dan keputusan dari tingkat atas seperti pengelola bus hingga pemerintah dan badan regulator yang berpengaruh dalam terjadinya kecelakaan. Penelitian selanjutnya perlu dilakukan dengan menganalisis kumpulan kasus-kasus kecelakaan serupa lain yang pernah terjadi di Indonesia untuk mendapatkan poin-poin pembelajaran lain yang lebih komprehensif agar kecelakaan yang sama tidak terulang kembali di masa yang akan datang.

References

Branford, K., Naikar, N., & Hopkins, A. (2009). Guidelines for AcciMap analysis. Learning from High Reliability Organisations, January 2009, 193–212.

Dekker, S. (2016). Drift into failure: From hunting broken components to understanding complex systems. CRC Press.

Hamim, O. F., Hoque, M. S., McIlroy, R. C., Plant, K. L., & Stanton, N. A. (2019). Applying the AcciMap methodology to investigate the tragic Mirsharai road accident in Bangladesh. MATEC Web of Conferences, 277(December), 02019. https://doi.org/10.1051/matecconf/201927702019

Iridiastadi, H., & Izazaya, E. (2012). Kajian Taksonomi Kecelakaan Kereta Api di Indonesia Menggunakan Human Factors Analysis and Classification System (HFACS). Prosiding InSINas, 51.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia. (2016). Laporan Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan: Kecelakaan Antara KA KRL 1528 Relasi Jatinegara – Bogor Dengan Mobil Bus Metromini B-7760-FD Jurusan Jembatan Lima – Kalideres Di JPL 05 KM 03 + 739 Jalan Tubagus Angke, Kecamatan Tambora Jakarta Barat Minggu, 6 Desember 2015, Pukul 08.43 WIB. Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Lee, S., Moh, Y. B., Tabibzadeh, M., & Meshkati, N. (2017). Applying the AcciMap methodology to investigate the tragic Sewol Ferry accident in South Korea. Applied Ergonomics, 59, 517–525. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2016.07.013

Le Coze, J. C. (2014). Reflecting on Jens Rasmussen’s legacy. A strong program for a hard problem. Safety Science, 71(PB), 123–141. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2014.03.015

Nathan, Alnick. (2019). Di Balik Kemudi: Relasi Kerja Informal Sopir Bus Metromini. MAP Corner-Klub MKP UGM.

Qureshi, Z. H. (2008). A Review of Accident Modelling Approaches for Complex Critical Sociotechnical Systems. 12th Australian Workshop on Safety Related Programmable Systems (SCS’07), Adelaide, 86(November), 47–59.

Rasmussen, J. (1997). Risk management in a dynamic society: a modelling problem. Safety Science, 27(2), 183–213. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0925-7535(97)00052-0

Salmon, P. M., Cornelissen, M., & Trotter, M. J. (2012). Systems-based accident analysis methods: A comparison of Accimap, HFACS, and STAMP. Safety Science, 50(4), 1158–1170. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2011.11.009

Suryoputro, M. R., Sari, A. D., & Kurnia, R. D. (2015). Preliminary Study for Modeling Train Accident in Indonesia Using Swiss Cheese Model. Procedia Manufacturing, 3(Ahfe), 3100–3106. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2015.07.857

Svedung, I., & Rasmussen, J. (2002). Graphic representation of accident scenarios: Mapping system structure and the causation of accidents. Safety Science, 40(5), 397–417. https://doi.org/10.1016/S0925-7535(00)00036-9

Underwood, P., & Waterson, P. (2014). Systems thinking, the Swiss Cheese Model and accident analysis: A comparative systemic analysis of the Grayrigg train derailment using the ATSB, AcciMap and STAMP models. Accident Analysis and Prevention, 68, 75–94. https://doi.org/10.1016/j.aap.2013.07.027

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Yuantoko, T. D., & Djunaidi, Z. (2023). PENGAPLIKASIAN METODE ACCIMAP DALAM ANALISIS KECELAKAAN TABRAKAN KRL 1528 VS METROMINI B-7760-FD. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1072–1082. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4099