GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4064Keywords:
EPUASAN PENGUNJUNG, PELAYANAN KEFARMASIANAbstract
Apotek merupakan salah satu tempat dan sarana untuk melakukan praktik kefarmasian oleh apoteker. Semakin banyak jumlah apotek di suatu daerah akan menyebabkan adanya persaingan bisnis khususnya dalam bidang jasa pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pengunjung merupakan salah satu cara untuk melihat keberhasilan apotek memberikan pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Kota Palopo, berdasarkan lima dimensi servqual, antara lain reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (keyakinan), empathy (empati) dan tangible (fasilitas berwujud). Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan deskriptif dengan pengambilan data secara cross sectional. Populasi merupakan masyarakat daerah Kota Palopo dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 171 orang yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Data dianalisis dengan menggunakan metode gap, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian dengan metode gap diperoleh nilai gap rata-rata sebesar -0,278 atau kategori cukup puas. Dengan metode CSI diperoleh nilai rata-rata 84,20% atau kategori sangat memuaskan. Dengan metode IPA didapatkan hasil 6 atribut masuk pada kuadran I, 6 atribut pada kuadran II, 7 atribut pada kuadran III, dan 5 atribut pada kuadran IV. Secara umum, pelayanan kefarmasian di apotek Kota Palopo telah memenuhi harapan pengunjung.References
Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE.
Asyikin, H. A. (2017). Studi Kebutuhan dan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Informasi Obat di Apotek Kimia Farma Pettarani Makassar. Media Farmasi, XIII(1), 31–39.
Badan Pusat Statistik Kota Palopo. (2021). Luas Wilayah Menurut Kecamatan di Kota Palopo, 2015. https://palopokota.bps.go.id/statictable/2016/09/30/3/luas-wilayah-menurut-kecamatan-di-kota-palopo-2015.html
Baroroh, F. (2014). Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. Pharmaciana, 4(2), 135–141. https://doi.org/10.12928/pharmaciana.v4i2.1570
Dewi, S. K., Restuputri, D. P., & Sulaksmi, A. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Impotance Performance Analysis. Seminar Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA), 1, 206–222.
Dianita, P. S., & Latifah, E. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jurnal Farmasi Sains Dan Praktis, 3(2), 19–23. https://doi.org/10.31603/pharmacy.v3i2.1727
Diarti, D. S. P., Budi S., P., & Wiratmo. (2014). Studi Kualitas Pelayanan Apotek Ditinjau dari Tingkat Kepuasan Konsumen di Kecamatan Sumbersari Jember (Study of Pharmacy Quality Service According to Costumer Satisfaction Levels in Sumbersari Jember). E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 2(3), 432–438.
Faisal, H. (2020). Komunikasi Interpersonal Tenaga Kefarmasian dengan Pasien Melalui Swamedikasi di Apotek Bunga Martapura [Universitas Islam Kalimantan]. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2063/
Febriyanto. (2011). Analisis Gap Harapan dan Kinerja Berdasarkan Persepsi Pengunjung Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 53–68.
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42. https://doi.org/10.26576/profesi.135
Ihsan, S., Rezkya, P., & Akib, N. I. (2014). Evaluasi Mutu Pelayanan di Apotek Komunitas Kota Kendari berdasarkan Standar Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 1(2), 30–35.
Ismail, A. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Tenaga Kefarmasian di Apotek Wilayah Samata. Jf Fik Uinam, 6(2), 59–64.
Menteri Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Menteri Kesehatan RI.
Narendra, M. P., Skarayadi, O., Duda, M., & Adirestuti, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan di Apotek Kimia Farma Gatot Subroto Bandung. Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.26874/kjif.v5i1.116
Nisa’, Z., Sugihantoro, H., Syahrir, A., & Wijaya, D. (2021). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal of Islamic Pharmacy, 6(1), 52–65. https://doi.org/10.18860/jip.v6i1.11273
Pariyana, P., Mariana, M., & Liana, Y. (2021). Perilaku Swamedikasi Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional STIKES Syedza Saintika, 403–415. http://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/PSNSYS/article/view/947
Purnamayanti, N. P. D., & Artini, I. G. A. (2020). Pengaruh Karakteristik Sosiodemografi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Swamedikasi OAINS pada Mahasiswa Universitas Udayana. Jurnal Medika Udayana, 9(1), 12–17.
Shafira, Pramestutie, H. R., & Illahi, R. K. (2021). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Faktor Sosiodemografi dalam Swamedikasi Analgesik Oral terhadap Pasien Ddengan Keluhan Nyeri Gigi di Beberapa Apotek Kota Malang. Pharmaceutical Journal of Indonesia, 6(2), 97–101. https://doi.org/10.21776/ub.pji.2021.006.02.4
Stevani, H., Putri, A. N., & Side, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Media Farmasi, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.32382/mf.v14i1.70
Syamsu, A. S. I., & Farida. (2015). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Informasi Obat di Apotek Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar. As-Syifaa, 07(02), 197–208.
Umar, A. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasa Pasien terhadap Pelayanan Obat di Apotek X Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara tahun 2020. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1), 22–27.
Utami, S. A., & Cholisoh, Z. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten Rembang. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia, 14(2), 54–61.
Yuswantina, R., Dyahariesti, N., Rahmawati, N. R., & Sukma, N. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product, 3(2), 59–67. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/ijpnp/article/view/665
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khusnul Diana, Muhamad Rinaldhi Tandah, Christin Agnes Mega Diwayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).