PENGARUH TERAPI MUSIK MOZART TERHADAP PENURUNAN STRES MAHASISWA DALAM MENGHADAPI SKRIPSI DI INSTITUT ILMU KESEHATAN BHAKTI WIYATA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.3974Keywords:
mozaik, terapi, stressAbstract
Menyusun skripsi merupakan salah satu penyebab stres pada mahasiswa. Hal ini terjadi karena mahasiswa tidak mampu mengatasi kesulitan yang ditemui, diantaranya adalah proses revisi yang berulang-ulang, kesulitan mendapatkan referensi, lamanya umpan balik dari dosen pembimbing, keterbatasan waktu penelitian, dosen pembimbing yang sibuk dan sulit. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk dapat mengontrol stres, salah satu pilihannya adalah terapi musik . Mendengarkan musik dengan irama lambat membuat tubuh mengalami relaksasi. Musik dengan karakteristik tersebut, salah satunya adalah musik klasik. Mendengarkan musik klasik dapat mengubah secara efektif ambang otak yang dalam keadaan stres menjadi lebih rileks. Jenis musik klasik yang dapat mengurangi tekanan akibat keadaan stress adalah musik Mozart. Kesederhanaan bunyi yang dihasilkan musik Mozart mampu menciptakan rasa rileks dan ketenangan bagi yang mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik mozart terhadap penurunan stress mahasiswa dalam menghadapi skripsi. Metode yang di gunakan adalah pra-experimental dengan desain penelitian pre test and post test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner Perceived Stress Scale (PSS-10). Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sejumlah 61 responden yang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Pengujian data menggunakan uji Wilcoxon, dengan hasil nilai signifikansi (?) =0,008 (<0.05). Berdasarkan hasil tersebut maka pemberian terapi musik klasik Mozart berpengaruh dalam menurunkan tingkat stres pada mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri yang sedang menyelesaikan skripsi.References
Aslan, H & Akturk, U. (2018). Nursing education stress levels of nursing students and the associated factors. Annals of Medical Research, 25(4), 660–666.
Broto, H. D. F. . (2016). Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Studi Kasus pada Salah Satu Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.
Dada, J.O., Babatunde, S.O., & Adeleye, R. . (2019). Assessment of academic stress and coping strategies among built environment undergraduate students in Nigerian higher education. Journal of Applied Research in Higher Education, 11(3), 367–378.
Elias, H., Ping, W.S., Abdullah, M. . (2011). Stress and Academic Achievement among Undergraduate Students in Universiti Putra Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 646–655.
Fawzy, M & Hamed, S. A. (2017). Prevalence of psychological stress, depression and anxiety among medical students in Egypt. Psychiatry Research, 255, 186–194.
Ferawati, & Amiyakun, S. (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Terhadap Penurunan Kecemasan dan Tingkat Stress Mahasiswa Semester VII Ilmu Keperawatan Dalam Mengahadapi Skripsi di Sekolah Ringgi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 1(1), 1–10.
Glozah, F.N., Pevalin, D. . (2014). Social support, stress, health, and academic success in Ghanaian adolescents: a path analysis. Journal of Adolescence, 37(4), 451–460.
Gras, R.M., López, M.P.S., San Román, A.I.S., Berná, F. J. . (2013). Health and gender in female-dominated occupations: the case of male nurses. The Journal of Men’s Studies, 21(2), 135–148.
Hamaideh, S.H., Mansour, A. M. . (2014). Psychological, cognitive, and personal variables that predict college academic achievement among health sciences students. Nurse Education Today, 34(5), 703–708.
Ismarina, D., Herliawati., & Putri, W. . (2015). Perbandingan Perubahan Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Setelah Dilakukan Terapi Musik Klasik dan Relaksasi Autogenik di Wilayah Kerja Puskesmas Pembina Palembang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 2(2), 124–129.
Maftukhah, M. (2014). Hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stres pada mahasiswa Ilmu Keperawatan yang sedang mengerjkakan skripsi. Universitas Indonesia.
Purba, D.H, Purba, A.M.V, Saragih, H.S, Megasari, A.L, Argaheni, N.B, Utami, N, Darmawan, D. (2021). Kesehatan Mental. Yayasan Kita Menulis.
Siritunga, S., Wijewardena, K., Ekanayaka, R., & Mudunkotuwa, P. (2013). Effect of music on blood pressure, pulse rate and respiratory rate of asymptomatic individuals: A randomized controlled trial. SciRes, 5(4), 59–64.
Trappe, H. . (2012). Music and medicine?: The effects of music on the human being. Applied Cardiopulmonary Pathophysiology, 16(2), 133–142.
Widigda, I.R & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 190–199.
Wulandari, R. . (2012). Hubungan Tingkat Stres dengan Gangguan Tidur pada Mahasiswa Skripsi Di Salah Satu Fakultas Rumpun Science-Technology UI. Universitas Indonesia.
Yuliansyah, M.W, Andayani, T.J, Karyanta, N. . (2014). Pengaruh Terapi Jurnal Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Psikologi UNS. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(4), 103–115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Paramita Ratna Gayatri, Wahyu Nur Pratiwi, Yanuar Eka Pujiastutik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).