PENULARAN COVID-19 PADA ANAK DI SEKOLAH DI BEBERAPA NEGARA: TINJAUAN SISTEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3587Abstract
Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disingkat COVID-19 adalah masalah kesehatan masyarakat terbesar yang tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak, di Indonesia sendiri kasus penyakit COVID-19 hingga Januari 2022 dilaporkan sebanyak 2.9% di usia 0-5 tahun dan 10.2% di usia 6-18 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi penularan SARS CoV-2 khususnya di kalangan anak-anak beserta gejalanya agar dapat menjadi informasi dalam rencana nasional untuk dapat membuat regulasi terkait jarak sosial dan upaya dalam mencegah penularan di sekolah. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis (systematic review) dengan menggunakan metode PRISMA. Pencarian artikel melalui proquest, science direct dan google scholar. Dari artikel penelitian yang direview dapat diketahui bahwa pembukaan kembali sekolah dikaitkan dengan peningkatan dalam tingkat infeksi SARS-CoV-2 di semua rangkaian pendidikan dan pada tingkat yang sama dengan minggu-minggu sebelum liburan dengan anak-anak kecil lebih mungkin untuk memiliki infeksi sementara dan ringan, daripada anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa serta masih kurangnya pengujian pada anak tanpa gejala. Penularan COVID-19 pada anak di sekolah perlu ditinjau kembali secara cermat dan keputusan untuk membuka kembali sekolah harus didasarkan pada indikator tingkat infeksi masyarakat yang rendah dan kemampuan sekolah untuk menerapkan jarak fisik yang aman dan langkah-langkah pengendalian infeksi sesuai dengan pedoman yang berlaku.Downloads
Published
2023-12-20
How to Cite
Pratiwi, M. N., & Achadi , A. . (2023). PENULARAN COVID-19 PADA ANAK DI SEKOLAH DI BEBERAPA NEGARA: TINJAUAN SISTEMATIS. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(1), 541–553. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3587
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Monika Niken Pratiwi, Anhari Achadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).