STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PELITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34849Keywords:
bauran pemasaran, keputusan pasien, strategiAbstract
Rumah sakit di Indonesia mengalami persaingan yang ketat, oleh sebab itu, tidak keliru jika pengelola rumah sakit mulai melirik pemasaran dengan harapan dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada.Bauran pemasaran merupakan usaha pokok rumah sakit yang erat hubungannya dengan perilaku pasien untuk melakukan pemanfaatan pelayanan. Elemen bauran pemasaran terdiri dari: product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical facility (fasislitas fisik). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Rumah Sakit Pelita dengan keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan di unit rawat jalan Rumah Sakit Pelita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional, dilaksanakan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Pelita dengan jumlah responden 96 pasien yang di ambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data di analisis dengan menggunakan uji square. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden menjawab setuju Product sebesar 0,001, Place sebesar 0,022, People sebesar 0,021, Process sebesar 0,028 pada 4 indikator yaitu Product sebesar 53%, Place sebesar 50%, People sebesar 55%, dan Process sebesar 49%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan strategi bauran dengan keputusan pasien memilih layanan kesehatan di unit rawat jalan rumah sakit pelita. Disarankan lebih tingkatkan lagi bauran pemasaran dan mencetak brosur yang telah di buat oleh tim marketing rumah sakit pelita, sosialisasi terkait pelayanan yang tersedia di rumah sakit dan membuat banner petunjuk arah rumah sakit pelita.References
Agustin, R. D. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada
Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Non-Member Tupperware di Kota Malang).
Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 2 No.2.
Agustin, R. D. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada
Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Non-Member Tupperware di Kota Malang).
Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 2 No.2.
Alfani, S., Widjanarko, B., & Sriatmi, A. (2023). Bauran pemasaran jasa (7P) terhadap
keputusan pasien dalam memilih layanan di Rumah Sakit: Literature review. Holistik Jurnal
Kesehatan, 17(1). https://doi.org/10.33024/hjk.v17i1.8870
Andita, V. dkk. (2019). Pengaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan, Rawat IGD dan Rawat Inap
Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten
Majalengka. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ekonomi Cirebon. Vol 14 No.2. hal 370-378.
Anggraeni, A. R. (2023). Hubungan bauran pemasaran 10 P (Mega Marketing Mix) terhadap
loyalitas pasien rawat inap RSIA Ananda Kota Makassar Tahun 2023 (Skripsi, Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/25004/
Arismen, Wahyu Sulistiadi dan Amal Chalik. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan
Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal
ARSI. Vol 5 No.2. hal 98.
Bulan, T. P. dkk. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endorser dan Gaya Hidup
Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Beat. Jurnal Manajemen Inovasi.
Vol 10 No.2. hal 92.
Darna, Giri Sumantri Putra Nana. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P. Journal.
Ekawati dan Andriani. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Kesehatan Rumah Sakit Yadika
Pondok Bambu pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Utama. Vol 03 No.02.
Fidia dan Zainafree. (2022). Hubungan Antara Bauran Pemasaran dan Kepesertaan JKN
Dengan Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan. Indonesian Journal of Public Health
and Nutrition. Vol 2 No.2. hal 160-170.
Giovaningrum, P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas
Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad. Penelitian Universitas
Awal Bros.
Imanuddin, Bayu dan Dwi Indah Normaningrum. (2021). Hubungan Asuhan Keperawatan
Pelayanan BPJS dan Pelayanan Umum Terhadap Kepuasan Pasien. Nusantara Hasana Journal.
Vol 1 No.4. hal 158-164.
Indraswati, D., Haeruddin, H., & Asrina, A. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap
kepuasan pelayanan dan minat berkunjung kembali pasien umum di rawat jalan RSUD
Labuang Baji Makassar tahun 2022. Journal of Muslim Community Health, 4(3), 211-221.
https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1154
Machali, Imam. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit UIN Sunan
kalijaga Yogyakarta.
Muhardi, A. H. (2023). Hospital Strategic Marketing. Bandung : PT Refika Aditama.
Nurheda, U. A. (2018). Manusia dan Kesehatan. jurnal ilmiah.
Nabilla. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan pada Diva
Karaoke Rumah Bernyanyi. Jurnal Kritis. Vol 5 No.2. hal 21-40.
Nabilla, Augusti Gesta dan Antje Tuasela. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya
Meningkatkan Pendapatan pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Timika. Jurnal Kritis.
Vol 5 No.2.
Nurheda, Usman dan Ayu Dwi Putri Rusman. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan
Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di
Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan. Vol 1 No.3.
hal 202-2016.
Richadinata, Kadek Riyan Putra dan Ni Luh Putu Surya Astitiani. (2021). Pengaruh Iklan
Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Lingkungan Universitas Bali
Internasional. Jurnal Manajemen. Vol 10 No.2.
Rohmah, Diny Auliya. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan
Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Magelang. Skripsi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyu Defri, W. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat kunjungan ulang pasien
di Rumah Sakit Eria (Skripsi, Universitas Awal Bros). Universitas Awal Bros.
Wiwik Suryandartiwi, M. F. (2021). Administrasi Rumah Sakit. Yogyakarta: The Journal
Publishing.
Yulia Reza, L. (2023). Hubungan bauran pemasaran dengan keputusan pasien memilih
pelayanan rawat inap di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi tahun 2023. (Skripsi, Universitas
Jambi). Universitas Jambi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marian Tonis, Anastasya Shinta Yuliana, Bobi Handoko, Hamita Erlisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).