STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PELITA

Authors

  • Marian Tonis Universitas Awal Bros
  • Anastasya Shinta Yuliana Universitas Awal Bros
  • Bobi Handoko Universitas Awal Bros
  • Hamita Erlisa Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34849

Keywords:

bauran pemasaran, keputusan pasien, strategi

Abstract

Rumah sakit di Indonesia mengalami persaingan yang ketat, oleh sebab itu, tidak keliru jika pengelola rumah sakit mulai melirik pemasaran dengan harapan dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada.Bauran pemasaran merupakan usaha pokok rumah sakit yang erat hubungannya dengan perilaku pasien untuk melakukan pemanfaatan pelayanan. Elemen bauran pemasaran terdiri dari: product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical facility (fasislitas fisik). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Rumah Sakit Pelita dengan keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan di unit rawat jalan Rumah Sakit Pelita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional, dilaksanakan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Pelita dengan jumlah responden 96 pasien yang di ambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data di analisis dengan menggunakan uji square. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden menjawab setuju Product sebesar 0,001, Place sebesar 0,022, People sebesar 0,021, Process sebesar 0,028 pada 4 indikator yaitu Product sebesar 53%, Place sebesar 50%, People sebesar 55%, dan Process sebesar 49%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan strategi bauran dengan keputusan pasien memilih layanan kesehatan di unit rawat jalan rumah sakit pelita. Disarankan lebih tingkatkan lagi bauran pemasaran dan mencetak brosur yang telah di buat oleh tim marketing rumah sakit pelita, sosialisasi terkait pelayanan yang tersedia di rumah sakit dan membuat banner petunjuk arah rumah sakit pelita.

References

Agustin, R. D. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada

Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Non-Member Tupperware di Kota Malang).

Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 2 No.2.

Agustin, R. D. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada

Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Non-Member Tupperware di Kota Malang).

Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 2 No.2.

Alfani, S., Widjanarko, B., & Sriatmi, A. (2023). Bauran pemasaran jasa (7P) terhadap

keputusan pasien dalam memilih layanan di Rumah Sakit: Literature review. Holistik Jurnal

Kesehatan, 17(1). https://doi.org/10.33024/hjk.v17i1.8870

Andita, V. dkk. (2019). Pengaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan, Rawat IGD dan Rawat Inap

Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten

Majalengka. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ekonomi Cirebon. Vol 14 No.2. hal 370-378.

Anggraeni, A. R. (2023). Hubungan bauran pemasaran 10 P (Mega Marketing Mix) terhadap

loyalitas pasien rawat inap RSIA Ananda Kota Makassar Tahun 2023 (Skripsi, Universitas

Islam Negeri Alauddin Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/25004/

Arismen, Wahyu Sulistiadi dan Amal Chalik. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan

Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal

ARSI. Vol 5 No.2. hal 98.

Bulan, T. P. dkk. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endorser dan Gaya Hidup

Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Beat. Jurnal Manajemen Inovasi.

Vol 10 No.2. hal 92.

Darna, Giri Sumantri Putra Nana. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P. Journal.

Ekawati dan Andriani. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Kesehatan Rumah Sakit Yadika

Pondok Bambu pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Utama. Vol 03 No.02.

Fidia dan Zainafree. (2022). Hubungan Antara Bauran Pemasaran dan Kepesertaan JKN

Dengan Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan. Indonesian Journal of Public Health

and Nutrition. Vol 2 No.2. hal 160-170.

Giovaningrum, P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas

Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad. Penelitian Universitas

Awal Bros.

Imanuddin, Bayu dan Dwi Indah Normaningrum. (2021). Hubungan Asuhan Keperawatan

Pelayanan BPJS dan Pelayanan Umum Terhadap Kepuasan Pasien. Nusantara Hasana Journal.

Vol 1 No.4. hal 158-164.

Indraswati, D., Haeruddin, H., & Asrina, A. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap

kepuasan pelayanan dan minat berkunjung kembali pasien umum di rawat jalan RSUD

Labuang Baji Makassar tahun 2022. Journal of Muslim Community Health, 4(3), 211-221.

https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1154

Machali, Imam. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit UIN Sunan

kalijaga Yogyakarta.

Muhardi, A. H. (2023). Hospital Strategic Marketing. Bandung : PT Refika Aditama.

Nurheda, U. A. (2018). Manusia dan Kesehatan. jurnal ilmiah.

Nabilla. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan pada Diva

Karaoke Rumah Bernyanyi. Jurnal Kritis. Vol 5 No.2. hal 21-40.

Nabilla, Augusti Gesta dan Antje Tuasela. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya

Meningkatkan Pendapatan pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Timika. Jurnal Kritis.

Vol 5 No.2.

Nurheda, Usman dan Ayu Dwi Putri Rusman. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan

Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di

Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan. Vol 1 No.3.

hal 202-2016.

Richadinata, Kadek Riyan Putra dan Ni Luh Putu Surya Astitiani. (2021). Pengaruh Iklan

Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Lingkungan Universitas Bali

Internasional. Jurnal Manajemen. Vol 10 No.2.

Rohmah, Diny Auliya. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan

Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Magelang. Skripsi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyu Defri, W. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat kunjungan ulang pasien

di Rumah Sakit Eria (Skripsi, Universitas Awal Bros). Universitas Awal Bros.

Wiwik Suryandartiwi, M. F. (2021). Administrasi Rumah Sakit. Yogyakarta: The Journal

Publishing.

Yulia Reza, L. (2023). Hubungan bauran pemasaran dengan keputusan pasien memilih

pelayanan rawat inap di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi tahun 2023. (Skripsi, Universitas

Jambi). Universitas Jambi.

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Tonis, M., Shinta Yuliana, A. ., Handoko, B., & Erlisa, H. . (2024). STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PELITA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 5572–5579. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.34849