EFEKTIVITAS EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI

Authors

  • Melly Eka Saputri Universitas Ahmad Dahlan
  • Lina Handayani Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan
  • Heni Trisnowati Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33019

Keywords:

efektivitas edukasi, flipchart, stunting

Abstract

Efektivitas penggunaan media flipchart dalam edukasi pencegahan stunting terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri, dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik responden, pengetahuan remaja putri dalam upaya pencegahan stunting, sikap remaja putri dalam upaya pencegahan stunting. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experiment) untuk mengevaluasi efektivitas intervensi edukasi stunting menggunakan media flip chart pada remaja putri di kalurahan triharjo (kelompok intervensi) dan kalurahan pandowo harjo (kelompok kontrol). Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah total 190 responden yang terdiri dari 95 remaja putri di masing-masing kalurahan. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test, yang mengukur pengetahuan dan sikap responden terkait gizi dan pencegahan stunting. Analisis data dilakukan menggunakan uji t-test atau wilcoxon, tergantung hasil uji normalitas. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diadopsi dari studi sebelumnya, serta media flip chart yang dibuat menggunakan canva pro oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi pencegahan stunting dengan menggunakan media flipchart terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman remaja putri mengenai stunting setelah mendapatkan edukasi melalui media flipchart. Media flipchart yang didesain dengan visual menarik dan informasi yang terstruktur, mampu menyampaikan pesan secara jelas dan mudah dipahami oleh audiens.

References

Afriani, & Abidin, U. W. (2022). Hubungan Pernikahan Usia Dini Terhadap Kejadian Stunting di Kecamatan Anreapi . Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan , 291-297.

Aini, N., & Pratiwi, E. (2021). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Gizi dan Kesehatan Reproduksi di Kecamatan X. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Black, R. E., et al. (2013). "Maternal and child undernutrition and overweight in low-income and middle-income countries." The Lancet, 382(9890), 427-451.

Dewi, R. K., & Triyanto. (2022). "Evaluasi program pencegahan stunting pada anak balita di Indonesia." Jurnal Gizi Indonesia, 12(1), 55-63.

Dinkes. (2023). Kabupaten Sleman Targetkan Angka Prevalensi Stunting di Angka 14 Persen. Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Sleman.

Herawati, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pengetahuan Gizi Remaja Putri di Desa X. Jurnal Gizi dan Kesehatan.

Juwita, S. D. (2022). Perbandingan Pengaruh Media Promosi Keseahatan dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan da Sikap Ibu Tentang Stunting Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan di Wilayah Kerja Puskesmas Cibarusah. FK Universitas Padjajaran.

Kemenkes. (2023). Prevalensi Stunting Di Indonesia . Jakarta: Sehat Negeriku.

Khusun, H., et al. (2010). "Relationship between child and maternal nutrition status in Indonesia." Journal of Nutrition and Health, 14(2), 163-170.

Kominfo. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Kampanye Kesehatan Remaja. Kominfo Press Release.

Masyudi. (2020). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah dan Media Lembar Balik Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Gizi Kurang di Puskesmas Krueng Barona Jaya. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA), 3(1), 40-49.

Matahari, R., & Suryani, D. (2022). Peran Remaja Dalam Pencegahan Stunting. K-Media.

Mauliddina, A., Pabidang, S., & Kusmiyati, Y. (2023). Pengaruh Kelas Ayah Terhadap Perilaku Kebutuhan Gizi Pada Bayi Resiko Stunting di Kabupaten Sleman. Jurnal Ners, 7, 489-500.

Rahman, A., & Chowdhury, S. (2007). "Maternal education and child healthcare in Bangladesh." Journal of Health, Population and Nutrition, 25(1), 93-107.

Sari, D. K., & Nugraheni, W. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Pencegahan Stunting. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Eka Saputri, M., Handayani, L., & Trisnowati, H. . (2024). EFEKTIVITAS EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(3), 4756–4766. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.33019