PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT X KOTA BANDUNG

Authors

  • Najla Zulfiyah Hanif Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia
  • Yuyun Yunengsih Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.29171

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Kepuasan pasien merupakan pengukuran kunci efektivitas perawatan yang diberikan rumah sakit. Tahap pertama dalam mengakses layanan di rumah sakit yaitu bagian pendaftaran, yang mempunyai arti penting dalam kerangka layanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Kepuasan pasien mengacu pada penilaian terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dampak kepuasan pasien rawat jalan pada bagian pendaftaran dengan mengkaji kualitas pelayanan rawat jalan yang melingkupi daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati serta keandalan. Penelitian ini memakai teknik kuantitatif dengan fokus pada populasi pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Bandung. Besar sampel sebanyak 100 partisipan dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Peneliti menggunakan metode sampling insidental untuk memilih partisipan penelitian ini. Data utama diperoleh dengan memanfaatkan kuesioner yang memakai skala Likert 1-5. Selain itu, data sekunder diambil dari data yang diperoleh peneliti dari rumah sakit. Analisis penelitian ini menggunakan uji univariat, validitas, reliabilitas, dan bivariat. Peneliti mengaplikasikan uji korelasi bivariat dengan nilai P-Value < 0,05 dan uji F < 0,05 memperlihatkan bahwasanya kualitas pelayanan mempunyai dampak pada kepuasan pasien. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwasanya pasien rawat jalan merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang dibagikan oleh pihak Rumah Sakit X di Kota Bandung.  

References

Budi, A. P., & Perwirani, R. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Asy Syifa Sambi. 03(01), 21–26.

Fanny, N., Nugraheni, S. W., & Hidayatillah, S. A. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rs Muhammadiyah Selogiri Wonogiri. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 000, 83–90.

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Herudiansyah, G., Fitantina, & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Zulfiyah Hanif, N., & Yunengsih, Y. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT X KOTA BANDUNG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 2958–2965. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.29171