TINJAUAN IMPLEMENTASI PENDAFTARAN PASIEN RESERVASI ONLINE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD KOTA BANDUNG

Authors

  • Suci Indah Purnama Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Syaikhul Wahab Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.28724

Keywords:

Efektivitas, Pendaftaran Rawat Jalan, Rekam Medis Elektronik, Reservasi Online.

Abstract

Umumnya pendaftaran rawat jalan di rumah sakit mempunyai kendala yaitu antrean pasien yang cukup lama. Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung saat ini telah menerapkan pendaftaran rawat jalan melalui reservasi online dimana pasien dapat mendaftarkan diri secara online dari sebelum hari pemeriksaan selama kuota masih tersedia. Penelitian ini dilakukan untuk meninjau sejauh mana pelaksanaan pendaftaran rawat jalan reservasi online telah dilaksanakan dari aspek kesederhanaan, partisipatif, keberlanjutan, akuntabilitas, transparansi, dan keadilan. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tinjauan terhadap Penyelenggaraan Reservasi Rawat Jalan Online masih belum optimal pada 3 aspek yaitu kesederhanaan, pasrtisipasi dan akuntabel. Alur pendaftaran yang belum dipahami karena masyarakat setempat merupakan kalangan lanjut usia dan kalangan menengah ke bawah yang belum terlalu memahami ilmu teknologi, partisipasi masyarakat yang minatnya masih lebih rendah dibandingkan dengan pendaftran onsite dan akuntabilitas belum maksimal karena berkaitan dengan pasien yang masih belum memahami alur terutama mematuhi waktu kapan harus mendaftar ulang sehingga harus dilakukan sosialisasi dan edukasi.

References

Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130

Chandra, Y. I., Riastuti, M., & Sti, S. J. (n.d.). Penerapan Model V Dalam Merancang Aplikasi Reservasi Dan Rekam Medis Hewan Di Pusat Kesehatan Hewan Berbasis Web. 6(17), 100–108.

Hidayatullah, D., & Ardiansah, T. (2022). Sistem Informasi Reservasi Pelayanan Dan Penyewaan Fasilitas Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 3(3), 64–68. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Kemenkes RI. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Kementerian Kesehatan Ri, 187315, 1–300.

Khasanah, M., & Surakarta, P. I. (2020). TANTANGAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK UNTUK. 7.

Menteri Kesehatan. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, 151(2), 10–17.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan, 14.

RI, L. N. (2017). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pelayanan Publik (UU RI NO. 25 Tahun 2009 ). Rencana Umum Energi Nasional, 73, 1–6.

Rohman, H., Wati, A. K., & Kurniawan, A. (2022). Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Puskesmas. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 42. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i1.572

Suhada, D. I., Rahmadani, D., Rambe, M., Fattah, M. A., Hasibuan, P. F., Siagian, S., & Wulandari, S. (2022). EFEKTIVITAS PARA PELAKU EKONOMI DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Surya Dhama, A. M., Sonia, D., & Agustin, C. (2021). Pembuatan Aplikasi Reservasi Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 7(3), 223–228. https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss3.2021.641

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Indah Purnama, S., & Wahab, S. . (2024). TINJAUAN IMPLEMENTASI PENDAFTARAN PASIEN RESERVASI ONLINE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD KOTA BANDUNG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 2866–2875. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.28724