LITERATURE REVIEW : INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN PROGRAM PROFESI DOKTER

Authors

  • Murni Aswiranti Putri Muhlis Program Studi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran UMI
  • Ida Royani Program Studi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran UMI
  • Sri Julyani Program Studi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran UMI

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27376

Keywords:

integrasi, nilai islam, kurikulum, profesi dokter

Abstract

Globalisasi yang saat ini sedang terjadi menimbulkan dampak bagi dunia pendidikan, di mana pendidikan adalah wahana untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan dan mengendalikan perubahan-perubahan yang diakibatkan adanya proses globalisasi tersebut. Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses perubahan kebiasaan, keterampilan, dan kompetensi. Integrasi ilmu merupakan suatu proses untuk menyempurnakan ilmu pengetahuan yang dikotomis sehingga menghasilkan konsep ilmu pengetahuan yang utuh. Geliat penerapan integrasi Islam dalam ilmu pengetahuan juga berkembang dalam pendidikan kedokteran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui integrasi nilai Islam dalam kurikulum pendidikan program profesi dokter. Penelitian ini menggunakan desain non-eksperimental dengan metode Narrative Review. Penelusuran pustaka dilakukan melalui jurnal nasional, jurnal internasional, clinical key, textbook, dan proceeding book.

References

Alif Adeyani, Nasrudin A Mappaware, Fatmawaty Madya, Ajar Diana, M. Hamsa. 2019. Kematian Janin Dalam Rahim Ditinjau dari Aspek Medis, Kaidah Dasar Bioetik, dan Keutamaannya dalam Tinjauan Islam. UMI Medical Journal : Jurnal Kedokteran.

Amirah Al May Azizah. 2021. Integrasi Nilai-nilai Kesilaman dalam Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam.

Cholifah, Fatkhatul Aliyah. 2022. Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Ilmu Kedokteran di Universitas Sultan Agung Semarang. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Qouman. Volume 1, No.2.

Fauza Masyhudi, Rendy Nugraha Frasandy, Martin Kustat. 2020. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar Islam Tepadu Azkia Padang. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.

Hasrul Buamona. 2017. Pancasila Sebagai Nilai Dasar Profesi Dokter. Novelity.

Husaini, Anisaturrahmi. 2019. Implementasi Integrasi Kurikulum pada TK Almanar Kabupaten Bener Meriah. Pionir Jurnal Pendidikan.

Indah Maharany, Hany Nor Azizah, Nida Ul Hasanah, Emira Naisya Imani, Muhammad Fikri Arosad, M. Ihsan Hadi, Nur Hikmatul Rizkiah. 2023. Integrasi Nilai Nilai Islam Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya Vol.1, No. 2.

Lio Edi Saputra. 2022. Model Integrasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK IT Al-Husna Lebong. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). Vol. 8, No. 2.

Mahfudzi. 2019. Integrasi Intelektual Menurut Al-Qur'an. Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

Maryam. 2022. Perkembangan Kedokteran dalam Islam.. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1.

Mercel Henrik Lahiang, Lintje Kalangi, Linda Lambey. 2018. Analisis Kendala-kendala yang dihadapi Satuan Pengawasan Internal dalam membangun Zona Integrasi di RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "Goodwill".

Nita Arisanti, Elsa Pudji Setiawati. 2015. Perspektif Mahasiswa: Evaluasi Program Pendidikan Profesi Dokter Rotasi Kedokteran Keluarga di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung Indonesia. Jurnal Sains dan Kesehatan.

Nurlaili Susanti, Riskiyah. 2022. Integrasi Nilai Islam dalam Kurikulum Pendidikan Kedokteran. Journal of Islamic Medicine. Vol. 6 (01) (2022), Hal 11-20.

Nor Mubin. 2018. Integrasi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah/Madrasah. Attaqwa.

Rika Lisiswanti. 2019. Peranan Dosen Pendidikan Kedokteran : Dari Perspektif Ilmu Pendidikan Kedokteran. Jurnal Kedokteran Unila.

Sean Togar Simanjuntak, Caecilia Tri Wahyanti. 2021. Analisis Kinerja Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sedya Santosa, Tria Marvida. 2021. Pembudayaan Nilai-Nilai Islam di Madrasah dan Masyarakat. Jurnalbasicedu.

Siti Rohmah Kurniasih, Erni Haryanti, A. 2023. Heris Hermawan. Integrasi Ilmu dan Iman dalam Kurikulum: Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol. 8, No. 1.

Sofia J. A. 2020. Kajian Penerapan Etika Dokter pada Pemberian Pelayanan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi.

Sukartiningsih Naily Rohmah. 2019. Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Volume 9, Nomor 2.

Uqbatul Khair Rambe. 2020. Konsep dan Sistem Nilai dalam Perspektif Agama-agama Besar di Dunia. Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam.

Wismanto, Munzir Hitami, Abu Anwar. 2021. Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikuluim di UIN. Jurnal Randai. Vol. 2 No.1.

Yuli Eprianti, Yulpa Rabeta, Arif Octavian. 2020. Analisis Kerja Petugas Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas IIA Lubuklinggau.. Jurnal EMBA.

Yusuf Alam Romadhon. 2023. Integrasi Kedokteran Keluarga dan Islam dalam Praktik Kedokteran Layanan Primer. Muhammadiyah University Press.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aswiranti Putri Muhlis, M., Royani, I. ., & Julyani, S. (2024). LITERATURE REVIEW : INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN PROGRAM PROFESI DOKTER. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 1304–1309. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27376

Issue

Section

Articles