LITERATUR REVIEW :HUBUNGAN PENDIDIKAN IBU DENGAN ASUHAN GIZI ANAK BALITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2713Keywords:
Pendidikan, Ibu, Gizi, Anak BalitaAbstract
Masa balita sering dinyatakan sebagai masa kritis atau disebut juga masa ‘’Golden Age’’ untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, salah satunya dalam pola pemberian makan sebagai pintu masuk pemenuhan berbagai kebutuhan unsur zat gizi. Akan tetapi, ada kalanya pola pemberian makan yang kurang baik dapat mempengaruhi status gizi balita tersebut. Pada masa balita ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, dan intelegensi berjalan sangat cepat dan merupakan landasan perkembangan berikutnya. Salah satu hal terpenting pada proses perkembangan adalah perkembangan motorik karena merupakan awal dari kecerdasan dan emosi sosialnya. Pencarian artikel dilakukan dengan basis data seperti Google Scholar. Kata kuncinya adalah “Pendidikanâ€, “mommy/Ibu â€, “Giziâ€, “Anak Balitaâ€.Artikel yang diperoleh di review untuk memilih artikel yang sesuai dengan kriteria dan didapatkan 6 artikel yang selanjutnya akan di review.References
Astuti, F. D., & Sulistyowati, T. F. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dan Tingkat Pendapatan Keluarga Dengan Status Gizi Anak Prasekolah Dan Sekolah Dasar Di Kecamatan Godean. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(1). https://doi.org/10.12928/kesmas.v7i1.1048
Aulia, Puspitasari, D. I., Huzaimah, N., Wardita, Y., & Sandi, A. P. (2017). Stunting dan Faktor Ibu (pendidikan, pengetahuan gizi, pola asuh, dan self efikasi). Journal of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 2(1), 1–9. Retrieved from http://www.informaticsjournals.com/index.php/jhsr/article/view/8530/13618
Indrasari, O. R. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi dengan Perkembangan Motorik Halus pada Balita. Jurnal IKESMA, 12(2), 113–119.
Milda Riski Nirmala Sari, & Leersia Yusi Ratnawati. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Pola Pemberian Makan dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Gapura Kabupaten Sumenep. Amerta Nutrition, 2(2), 182–188. https://doi.org/10.20473/amnt.v2.i2.2018.182-188
Nurmaliza, S. H. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN I TERHADAP STATUS GIZI BALITA. Jurnal Kesmas Asclepius, 11(1), 1–14. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Putri, R. F., Sulastri, D., & Lestari, Y. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1), 254–261. https://doi.org/10.25077/jka.v4i1.231
Sari, Ratna, Imelda, Y. T. (2019). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU SALIARA WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU 10 KOTA TANJUNGPINANG. Jurnal Cakrawala Kesehatan, X(02).
Sarliance Lette, Herman P.L Wungouw, R. R. wODA. (2019). Hubungan Pola Asuh Dan Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Posyandu Melati Kelurahan Naimata Wilayah Kerja Puskesmas Penfui. Cendana Medical Journal (CMJ), 7(1 SE-Articles), 35–43.
SUSANTI. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS BOTANIA KOTA BATAM TAHUN 2017. Ensiklopedia of Journal, 2(January), 6. Retrieved from http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/handle/11420
Toby, Yohana Riang, Lina Dewi Anggraeni, R. S. (2021). Analisis Asupan Zat Gizi Terhadap Status Gizi Balita. Faletehan Health Journal, 8(2), 92–101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ikha himmatul ulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).