EFEKTIVITAS SUPLEMENTASI ZAT BESI SERTA PENGATURAN POLA ASUPAN GIZI TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN REMAJA PUTRI

Authors

  • Warrantia Citta Citti Putri Program Studi Farmasi, Fakultas Humaniora dan Kesehatan, Universitas Mulia
  • Murtiyana Sari Program Studi Farmasi, Fakultas Humaniora dan Kesehatan, Universitas Mulia
  • Anita Detaviani Program Studi Farmasi, Fakultas Humaniora dan Kesehatan, Universitas Mulia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25838

Keywords:

iron, , anemia, education, supplements, nutrition

Abstract

Zat besi merupakan mineral yang penting bagi tubuh manusia karena berperan dalam pembentukan hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah yang bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang dapat dicegah dengan meningkatkan asupan makanan sumber zat besi, konsumsi buah dan sayur, sumber protein hewani, serta olahraga atau aktivitas fisik secara rutin. Penelitian ini dilakukan dengan cara responden diberikan edukasi melalui leaflet kemudian dilakukan pengukuran pengetahuan yang diperoleh. Adapun leaflet yang dibuat oleh peneliti berisi tentang pola asupan gizi yang tepat dalam memaksimalkan penyerapan zat besi. berdasarkan hasil penelitian, remaja putri telah memahami pentingnya suplementasi zat besi dan menjaga asupan gizi untuk mencegah anemia. Hasil pemeriksaan hemoglobin menunjukkan bahwa sebesar 98,82% koresponden memiliki kadar hemoglobin normal. Oleh karena itu, pengetahuan tentang pola asupan gizi dan pentingnya suplementasi zat besi tergambarkan dengan selaras terhadap kadar hemoglobin yang diperiksakan oleh pihak sekolah.

References

Nurohmi S, Pibriyanti K, Sari DD. EFEKTIVITAS SUPLEMENTASI ZAT BESI DAN VITAMIN C UNTUK MEMPERBAIKI STATUS ANEMIA SANTRI. Media Gizi Mikro Indonesia. 2021;12(2). doi:10.22435/mgmi.v12i2.3856

Sopiani H. Peran Apoteker dalam Pencegahan dan Pengobatan Anemia Defisiensi Besi (ADB) . Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Muhammad H. Cegah Anemia dan Stunting, TTD Akan Diberikan Seminggu Sekali. Gerbang Kaltim. https://www.gerbangkaltim.com/cegah-anemia-dan-stunting-ttd-akan-diberikan-seminggu-sekali/. Published October 26, 2022. Accessed January 25, 2023.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri Dan Wanita Usia Subur.; 2018.

Tim Riskesdas 2018. Riset Kesehatan Dasar 2018 (Laporan Provinsi Kalimantan Timur).; 2019.

Simanungkalit SF, Simarmata OS. Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Remaja Putri yang Berhubungan dengan Status Anemia. Buletin Penelitian Kesehatan. 2019;47(3):175-182. doi:10.22435/bpk.v47i3.1269

Nasruddin H, Faisal Syamsu R, Permatasari D. Angka Kejadian Anemia Pada Remaja di Indonesia. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia. 2021;1(4). doi:10.36418/cerdika.v1i4.66

DiPiro JT, Yee GC, Posey M, Haines ST, Nolin TD, Ellingrod V. PHARMACOTHERAPY A Pathophysiologic Approach. Eleventh Edition. McGraw Hill; 2020.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. PROFIL KESEHATAN INDONESIA.; 2022.

Budiaji W. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan. 2013;2(2).

Purwati D. Kenapa Suplemen Zat Besi Harus Diminum saat Perut Kosong? idntimes.

Yasinta Dewi Kristianti SM. Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia dan Sikap Remaja terhadap Konsumsi Suplemen Zat Besi di SMAN Wilayah Jakarta Timur. Ilmiah Gizi Kesehatan. 2021;(November).

Sopiani H. Peran Apoteker dalam Pencegahan dan Pengobatan Anemia Defisiensi Besi (ADB). Yankes Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Fitri YP, Briawan D, Tanziha I, Amalia L. Kepatuhan Konsumsi Suplemen Besi Dan Pengaruhnya Terhadap Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Kota Tangerang. Jurnal Gizi dan Pangan. 2015;10(3).

Hamid R, Hamid R, A GN V, et al. Profil Penggunaan Obat Antasida Yang Diperoleh Secara Swamedikasi ( Studi Pada Pasien Apotek “ X ” Surabaya ). Universitas Airlangga, Surabaya. 2016;1(2).

Wulandari GN. Makanan Untuk Anemia. Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lukyani L. Cara Mencegah Penyakit Anemia Karena Kekurangan Zat Besi. Kompas.com.

Rahayuni A, Noviardhi A, Subandriani DN. Peningkatan Kadar Hemoglobin Remaja Putri Dengan Pemberian Kudapan Berbasis Tepung Tempe. Jurnal Riset Gizi. 2020;8(1).

Indriawati R. Kajian terhadap epemeriksaan Haemoglobin (Hb). Mutiara Medika. 2002;2(2).

Zulaekah S. Peran pendidikan gizi komprehensif untuk mengatasi masalah anemia di indonesia. jurnal kesehatan. 2009;2(2).

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Putri, W. C. C. ., Sari, M. ., & Detaviani, A. . (2024). EFEKTIVITAS SUPLEMENTASI ZAT BESI SERTA PENGATURAN POLA ASUPAN GIZI TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN REMAJA PUTRI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 412–418. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25838

Issue

Section

Articles