PENGARUH PEMBERIAN IMUNISASI DPT TERHADAP SUHU TUBUH BAYI PADA USIA 3- 12 BULAN DI PUSKESMAS SIATAS BARITA TAHUN 2023

Authors

  • Tiarnida Nababan Program Studi Kebidanan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Prima Indonesia
  • Agitha Destaria Program Studi Kebidanan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Prima Indonesia
  • Afni Wulandari Program Studi Kebidanan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Prima Indonesia
  • Adelina Bancin Program Studi Kebidanan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Prima Indonesia
  • Agustina Agustina Program Studi Kebidanan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25161

Keywords:

imunisasi DPT, peningkatan suhu tubuh

Abstract

Imunisasi merupakan salah satu upaya preventif dalam mencegah penyakit sejak dini. Dimana bayi yang baru lahir memiliki imunitas yang belum sempurna sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Salah satu imunisasi yang wajib diberikan pada bayi adalah DPT yang dapat mencegah penyakit difteri dan tetanus. Jika bayi terinfeksi penyakit tersebut, maka berisiko tinggi mengalami gangguan tumbuh kembang yang dapat mengakibatkan kematian. Namun imunisasi akan menimbulkan efek samping berupa demam pada bayi karena adanya proses pembentukan antibodi, sehingga bayi akan cenderung rewel saat setelah imunisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian imunisasi terhadap kenaikan suhu tubuh bayi. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen dimana variabel yang diteliti adalah imunisasi DPT sebagai variabel bebas dan peningkatan suhu tubuh. Populasi dalam penelitian ini adalah bayi yang mendapat imunisasi DPT sebanyak 30  bayi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode cocecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi KMS bayi dan termometer. Peneliti melakukan analisis bivariat menggunakan uji berpasangan, menggunakan taraf signifikansi 95% atau dengan p-value ratio a = 0,05. Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh imunisasi DPT terhadap kenaikan suhu tubuh bayi diperoleh p-value yaitu 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa p-value 0,000 < (0,05) dengan demikian Ha diterima. Diharapkan ibu tetap memberikan imunisasi kepada bayinya agar bayi terhindar dari infeksi penyakit dan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

References

Alimul. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Asiadi. (2010). Gambaran Kejadian Demam Pada Bayi Setelah diberikan Imunisasidi Wilayah Kerja Puskesmas Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Yogyakarta: Diva Press.

Atika. (2010). Imunisasi dan Vaksinasi. Nuha Medika: Yogyakarta

Guyton, A., Hall, J. (2012). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. 11th ed. Jakarta: EGC.

Hartini, Sri., Pertiwi, P.P. (2015). ‘Efektifitas Kompres Air Hangat Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia 1 - 3 Tahun Di SMC RS Telogorejo Semarang’, Jurnal Keperawatan.

Hidayah, N., Maghfirah S, Verawati M. (2019). Efektivitas Pemberian Ramuan Kompres Dadap Serep Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Post Imunisasi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo: Fakultas Ilmu Kesehatan.

Kemenkes RI. (2016). Situasi Imunisasi Indonesia. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kusumawati, E. (2017). Pengaruh Pemberian Buli-Buli Hangat Pada Daerah Aksila Dan Lipatan Paha Terhadap Penurunan Demam Pasca Imunisasi Dpt Hari Ke-3 Pada Bayi Usia 2-6 Bulan Di Desa Wajak Kabupaten Malang. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Maryunani, A. (2012). Inisiasi Menyusu Dini, Asi Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta : Cv.Trans Info Media

Marhaes, S., F. (2018). Pengaruh Pemberian Imunisasi Dpt Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Pada Bayi Usia 3 – 12 Bulan Di Puskesmas Poasia kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Sulawesi Tenggara: Politeknik Kesehatan Kendari.

Purwanti, Y. (2018). ‘Penanganan efek samping pasca imunisasi DPT combo di Posyandu’, JURNAL SAIN MED,Vol 10.

Puspariny, C. (2019). ‘Korelasi Pengetahuan dan Motivasi dengan Keaktifan Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Wates Kabupaten Pringsewu Lampung’, Embrio Jurnal Kebidanan, Vol. XI.

Sodikin. (2012). Prinsip Perawatan Demam Pada Anak. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Sagungseto

Sitti, Fatmayani Marhaes. (2018). Skripsi Pengaruh Pemberian Imunisasi DPT Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Pada Bayi Usia 3 – 12 Bulan di Puskesmas Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, provinsi Sumatera Uatara Tahun 2023. Medan: Universitas Prima Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nababan, T. ., Destaria, A. ., Wulandari, A., Bancin, A. ., & Agustina, A. (2024). PENGARUH PEMBERIAN IMUNISASI DPT TERHADAP SUHU TUBUH BAYI PADA USIA 3- 12 BULAN DI PUSKESMAS SIATAS BARITA TAHUN 2023. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 1266–1271. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25161

Issue

Section

Articles