GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA KUNJUNGAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA SALO TIMUR

Authors

  • Rizki Rahmawati S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lira Mufti Azzahri Isnaeni S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Zurrahmi Z.R D IV Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2442

Keywords:

Posyandu Lansia, Pengetahuan

Abstract

Posyandu Lansia adalah suatu tempat bagi Lansia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui upaya promotif, preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan dan Sikap yang Menyebabkan Rendahnya Kunjungan Lansia di Posyandu Lansia Salo Timur. Dalam penelitian ini peneliti hanya ingin mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap Lansia terhadap Posyandu Lansia. Metode penelitian ini dilakukan dengan desain Deskrifrif dengan menggunakan data primer. Populasi sampel penelitian adalah Lansia yang ada dibawah binaan Posyandu Lansia Desa Salo Timur, dan sampel berjumlah 77 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan angket. Analisa data dengan cara Univariat. Hasil penelitian ini adalah lanjut usia mempunyai tingkat pengetahuan baik yaitu sebanyak 2 orang (2,6%), lanjut usia yang mempunyai tingkat pengetahuan cukup yaitu sebanyak 12 orang (15,6). Dan Lansia yang mempunyai tingkat pengetahuan kurang sebanyak 63 orang (81,8). Dan hasil penelitian tentang sikap yaitu sikap Negatif terhadap Posyandu Lansia yaitu sebanyak 45 orang dengan  persentase 58,4 %, dan mempunyai sikap positif terhadap Posyandu Lansia yaitu sebanyak 32 orang dengan persentase 41,6 %. Kesimpulan penelitian ini, Lansia di Desa Salo Timur memiliki pengetahuan yang kurang tentang Posyandu Lansia dan mempunyai sikap yang negatif terhadap Posyandu Lansia. 

Author Biography

Rizki Rahmawati, S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

kesehatan masyarakat

References

Anderson, E. (2007). Buku Ajar Keperawatan Komunitas. Edisi 3. Jakarta. EGC.

Anonim. (2001). Di Jemberana Posyandu Tak Lagi Sekedar Pos Kesehatan. http://www.seputar kita.go.id.

.(2008). Peran Kader Posyandu di Desa Bletok. http://www.republika.go.id. Di peroleh tanggal 8 Juli 2021

Beare, Patricia. (2007). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Darmajo, B. (2006). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Usia Lanjut. Edisi ke 3. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan RI. (2007). Pedoman Petugas Posyandu Lansia. Jakarta: DEPKES RI.

Dinas Kesehatan. (2006) Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar: Bangkinang.

1.1 Erfandi. (2009). Pengelolaan Posyandu Lansia . Jakarta

Erna. (2000). Gerakan Nasional Pemberdayaan Lanjut Usia. http://www.republika.go.id.

Hermayanti, Sri. (2005). Di Jemberana Posyandu Tak Lagi Sekedar Pos Kesehatan. http://www.seputar kita.go.id.

Hidayat, A. A (2007). Riset Keperawatan & teknik Penulisan Ilmiah. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Irfan. (2007). Pengetahuan Pelayanan Fisik Usia Lanjut. http://www.pjnk.go.id. Diperoleh tanggal 14 Juli 2021

Ismayadi. (2008). Masa Tua yang Sejahtera. http://www.Depkes.co.id. Diperoleh tanggal 7 Juli 2021

Machfoedz, Irham. (2006). Statistik Diskriptif Cetakan ke-IV. Yogyakarta. Fitramaya

Martono. (2000). Geriatrik. Jakarta: FKUI

Meiliningsih, Lia. (2006). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Lansia di Kecamatan Cicendo Kota Bandung.

Notoatmodjo, S. (2003). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

(2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: EGC.

(2007). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Nugroho, W. (2000). Keperwatan Gerontik. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Nursalam. (2003). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Syamsudin. (2001). Gerakan Nasional Pemberdayaan LAnjut USia. http://www.republika.go.id.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Rahmawati, R., Isnaeni, L. M. A., & Z.R, Z. . (2023). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA KUNJUNGAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA SALO TIMUR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(2), 1126–1132. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2442