KESIAP SIAGAAN RUMAH SAKIT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA STUDI KASUS DI RSU ELPI AL AZIZ RANTAUPRAPAT, 2020

Authors

  • Marylin Parulian Simanjuntak Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan Masyarakat, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Myrnawati Myrnawati Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan Masyarakat, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Seri Asnawati Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Departemen Kesehatan Masyarakat, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2380

Keywords:

Kesiapsiagaan, Penanggulangan Bencana, Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan RSU Elpi Al Azis Rantauprapat dalam penanggulangan bencana, dengan subfokus mengetahui pelaksanaan Hospital Disaster Plan, Emergency Operation Plan, Specific Operation Plan dan Pedoman Penanggulangan Bencana di RSU itu. Jenis penelitian  yang  digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan Studi Kasus. Informan penelitian ini adalah 7 orang, yaitu Direktur RS, Tim K3 RS, Kepala Perawat IGD, Manajer Keperawatan, Kepala Farmasi Kepala Kamar Operasi dan Kepala Sarpras RS. Penelitian ini dilaksanakan dalam periode Oktober 2019 hingga September 2020 (12 bulan). Pemeriksaan keabsahan data dengan cara credibility, dependability, confirmability, dan transferability. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi dengan menggunakan alat perekam dan kamera. Analisis data dilakukan dengan metode Miles & Hubberman. Pelaksanaan Hospital Disaster Plan di RSU Elpi Al Aziz Rantauprapat sudah cukup baik karena RS ini telah memiliki organisasi pencegahan dan penanggulangan bencana rumah sakit yang di dalamnya melibatkan beberapa instalasi rumah sakit. Emergency Operation Plan yang ada sudah mengikuti standar pelayanan minimal rumah sakit kelas B, namun kuantitas sarana dan prasarana masih harus lebih ditingkatkan lagi karena Specific Operation Plan belum memenuhi standar yang ada. Pedoman Penanggulangan Bencana di RSU Elpi Al Aziz sudah ada namun masih ada beberapa staff di RS Elpi Al Aziz yang belum mengerti dan paham mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. 

References

Anjarsari ER. Analisis Perencanaan Penyiagaan Bencana di Rumah Sakit Daerah Balung Kabupaten Jember [Skripsi]. Jember: Universitas Jember; 2015.

Djam'an Satori AK. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta; 2010

Husna RD. Analisis Kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman Dalam Menghadapi Bencana Tahun 2016 [Skripsi]. Padang: Uiversitas Andalas; 2016.

Ismunandar CK, Syafuddin Gaus. Kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu dalam Penanganan Korban Bencana Tahun 2012. 2012(Poltekkes Kemenkes Palu)

Kesehatan D. Pedoman Perencanaan Penyiagaan Bencana Bagi Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan; 2009.

Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 145/Menkes/SK/2007 Tentang Pedoman Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan.

Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1653/MENKES/SK/2005 Tentang Pedoman Penanganan Bencana Bidang Kesehatan.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. (T. R. Rohidi, Ed.). Jakarta: UI Press.

Modul Peningkatan Kapasitas SDM dalam Penyusunan Rencana Rumah Sakit dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana.

Notoadmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010. Siswanto S, Suyanto. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu; 2013

Pedoman Teknis Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2011.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 04 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Pedoman Komando Tanggap Darurat Bencana.

Putri FD. Analisis Kesiapsiagaan Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Rasidin Dalam Menghadapi Ancaman Gempa Bumi Dan Tsunami Tahun 2017 [Skripsi]. Padang: Universitas Andalas; 2017.

Rezeki S. Kesiapan Rumah Sakit X Dalam Menghadapi Keadaan Darurat Gempa Tahun 2011 [Skripsi]. Depok: Universitas Indonesia; 2012.

Susastyo Herlambang AM. Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2012.

Syofiardi Bachyul F, Yuafriza Ocha. Yang Terus di Garis Lurus. Padang: Yayasan Citra Mandiri Mentawai; 2015.

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Simanjuntak, M. P., Myrnawati, M., & Asnawati, S. (2023). KESIAP SIAGAAN RUMAH SAKIT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA STUDI KASUS DI RSU ELPI AL AZIZ RANTAUPRAPAT, 2020. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(2), 1345–1352. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2380