PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN SECARA DARING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.22179Keywords:
Covid-19, Health Education, KnowledgeAbstract
Covid-19 adalah penyakit akibat virus corona jenis baru yang menyebabkan pandemi hampir di seluruh dunia. Covid-19 merupakan penyakit menular yang mempengaruhi dan menginfeksi sistem pernapasan, dari masalah pernapasan ringan seperti flu hingga yang besar seperti pneumonia, gagal paru-paru, dan bahkan kematian. Keberhasilan dalam upaya pengendalian dan pencegahan covid-19, kepatuhan masyarakat yang dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap dan tindakan protokol kesehatan 5M terhadap covid-19 sangat penting. Tindakan keperawatan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat dapat melalui pendidikan kesehatan. Media yang digunakan untuk mempermudah masyarakat memahami suatu informasi salah satunya adalah menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan masyarakat tentang protokol kesehatan covid-19. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan one group pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan di RW 8 Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru dengan sampel sebanyak 34 responden dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan masyarakat tentang protokol kesehatan covid-19 dengan p-value (0,000) < ? (0,05). Media audio visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat. Media ini dapat menjadi salah satu media yang efektif dalam penyuluhan kesehatanReferences
Angreyni, E. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat tentang Covid-19 dengan Penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Sungai Raya Dalam. Skripsi. Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak.
Asih, S. H. M., Sunarno, R. D., 7 Marettina, N. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Penatalaksanaan Ispa terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu Merawat Balita Ispa di Rumah. Karya Ilmiah
Dewi, N. K. P. S. M., & Kardiwinata, M. P. (2021). ‘Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana terhadap Orang dengan Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome’, Arc. Com. Health, 8(1), 139-154.
Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Erwin, S. K. (2012). Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta : FIK UNY
Hidayat, S., & Lubis, M. S. I. (2019). ‘Pengaruh Aplikasi WhatsApp Terhadap Penyebaran Informasi Kepada Pegawai Dinas Pekerjaa Umum Kecamatan Medan Kota (Studi Kasus di Unit Pelayanan Tugas Pekerjaan Umum Medan Kota)’, Network Media, 2(2).
Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19). Kementrian Kesehatan RI, 5.
Law, S., Leung, A. W., & Xu, C. (2020). ‘Severe Acute Respiratory Syndrom (SARS) and Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) : from cause to Preventions in Hongkong’, International Journal of Infectious Diseases.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmawan, D. (2020). Melampaui ‘Ketidakpatuhan Masyarakat Kebingungan dan Keacuhan dalam Kejenuhan dan Perdebatan Tiada Henti’, PBM LIPI.
Sadeva, A., Arneliwati., & Nopriadi. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat tentang Covid-19 dengan Pelaksanaan Protokol Kesehatan. Skripsi. Program Studi Keperawatan. Universitas Riau. Pekanbaru
Saqlain, M., Munir, M. M., Rehman, S. U., Gulzar, A., Naz, S., Ahmed, Z., … Mashoud, M. (2020). ‘Knowledge, Attitude, Practice and Perceived Barriers Among Healthcare Workers Regarding Covid-19 : a Cross-Sectional Selfvery from Pakistan’, Journal of Hospital Infection, 105(3).
Sari, R. K. (2021). ‘Identifikasi Penyebab Ketidakpatuhan Warga Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan 3M di Masa Pandemi Covid-19,’ Jurnal Akbar Juara, 6(1), 89-94.
Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). ‘COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses,’ Journal of Advanced Research, 24, 91-98.
Triwibowo, C., & Pusphandani, M. E. (2015). Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyrakat : untuk Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, dan Kebidanan. Nuha Medika
Widyanto, F. C. (2014). Keperawatan Komunitas dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Nuha Medika
Wulandari, T. S., Anisah, R. L., & Purnamasari, I. (2020). ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Upaya Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Pedagang Di Car Free Day Temanggung,’
Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(1), 6-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Karmila, Yesi Hasneli, Arneliwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).