PEMAHAMAN PASIEN MENGENAI PENGGUNAAN PENDAFTARAN ONLINE DI RAWAT JALAN RSU GMIM BETHESDA TOMOHON

Authors

  • Marieska Youhland Waworuntu Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Welmin M. E. Lumi Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon
  • Welong S. Surya Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda, Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21858

Keywords:

online registration, outpatient, patient, hospital

Abstract

RSU GMIM Bethesda Tomohon dalam pelayanan rawat jalan sudah menerapkan sistem pendaftaran online. Namun, masih banyak pasien yang belum memahami cara menggunakan sistem ini dengan baik.. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemahaman pasien tentang penggunaan pendaftaran online dan faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman pasien. Jenis penelitian ialah kualitatif dengan metode wawancara mendalam, dilaksanakan pada Juli-Desember 2023. Sampel  sebanyak  2  orang  pasien  rawat  jalan  dari  masing-masing poliklinik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen berupa daftar pertanyaan, alat perekam, dan alat tulis menulis serta pemantauan data observasi. Hasil analisis untuk faktor pertama menunjukkan bahwa sebagian pasien perlu diberikan informasi lebih lanjut mengenai kemudahan pendaftaran online ini. Mayoritas pasien dapat melakukan proses pendaftaran online dengan cukup lancar namun ada juga pasien yang mengalami kesulitan disebabkan koneksi internet, dan kurangnya pengetahuan teknologi. Hasil analisis faktor lainnya menunjukkan bahwa pasien mampu memberikan umpan balik berdasarkan pengalaman mereka, dan berdasarkan hasil informasi diperoleh bahwa sosialisasi pendaftaran online sudah dilakukan, baik pasien umum maupun pasien BPJS dengan menggunakan aplikasi WhatsApp kemudian dilanjutkan ke poliklinik perawatan yang dituju, hal ini terbukti sebagai perubahan besar dalam pelayanan kesehatan menjadi lebih cepat dan nyaman serta meningkatkan efisiensi layanan kesehatan. Kesimpulan penelitian ini, pasien dengan niat kuat untuk menggunakan sistem cenderung lebih memahami dan menggunakan pendaftaran online, yang mengurangi waktu tunggu dan memberikan kontrol lebih besar. Kemudahan penggunaan sistem dan aksesibilitas yang baik juga memengaruhi pemahaman pasien. Ketersediaan informasi tentang pendaftaran online dan sosialisasi penting dalam meningkatkan kesadaran pasien. Kepercayaan dan kepuasan pasien berperan penting, dan dukungan berkelanjutan, evaluasi umpan balik pengguna, serta perbaikan terus-menerus dibutuhkan. Sosialisasi dan edukasi teknologi membantu mengatasi kendala yang mungkin dihadapi pasien, menjadikan penggunaan pendaftaran online lebih efisien, dan meningkatkan partisipasi pasien dalam proses pendaftaran.

References

Andriane, C. M. 2020. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) dalam Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) (Studi Kasus di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Arifin I., Duri I. D., Nopriansyah D. 2022. Sosialisasi Dan Edukasi Alur Pelayanan Pendaftaran Pasien Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pasca Pandemi Di Rumah Sakit Harapan Dan Do’a Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Reksa, Volume 3 Nomor 2, Juli 2022. Online: https://ejournal.unib.ac.id/abdireksa/article/view/23007/10552, diakses pada 10 Oktober 2023.

Ariyanto A. D., Setyawan A. F., Citra A. D. 2023. Sosialisasi Penggunaan Sistem Antrian Online pada Pelayanan Klinik Pratama di Desa Kebongembong Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Online: https://www.semanticscholar.org/paper/c1686d7ca3 c99e4c0f5b41a4ae94f75a32447f4f, diakses pada 10 Oktober 2023.

Budi S. C. 2011. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media

Devi F. Z., Dewi E. R. 2019. Studi Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Di RSU Daerah dr. Loekmono Hadi Kudus. Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus. Online:

https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/down load/298/190, diakses pada 10 Oktober 2023.

El Kariema I. H., Siyoto S., & Wardani R. 2021. Evaluation and Implementation Registration of Outpatient with Online Systems at Health Services Center. Journal for Quality in Public Health, 4(2), 106–112. Online: https://doi.org/10.30994/jqph.v4i2.198, diakses pada 25 April 2023.

Farid A., Firdausy A., Sulaiman A., Simangunsong D. R., Sulistyani F., Varianti F., Ong K., Kristiany L., Mustika N., Febiani N., Komalasari S., Salsabila S., Azzahra S., Zulfah Y., Aryani T. 2022. Efektivitas Penggunaan Layanan Telefarmasi di Era Pandemi COVID-19 dari Perspektif Masyarakat. Jurnal Farmasi Komunitas. Online: https://www.semanticscholar.org/paper/396d f503b5d9af5822aff927d2f38cd13b7c1b9c, diakses pada 10 Oktober 2023

Handayuni L., Yenni R. A., Mardiawati D., Hamilina T. 2021. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terhambatnya Proses Pendaftaran Pasien Berdasarkan E- Puskesmas. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia Vol. 9 No.2, Oktober 2021 ISSN: 2337-6007. Online: https://jmiki.aptirmik.or.id/jmiki/article/download/326/243/1966, diakses pada 10 Oktober 2023.

Hendayana A. F., Febiana C., Ismanda S. N. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan Tambusai. Online: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ jkt/article/download/1993/pdf/6704, diakses pada 10 Oktober 2023.

Hendri N. 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Jurnal Kesehatan. Vol.5. No.1. Jakarta. Online: https://www.academia.edu/8402207/HUBUNGAN_MUTU_PELAYANA N_PENDAFTARAN_DENGAN_KEPUASAN_PASIEN_RAWAT_JAL AN_DI_RUMAH_SAKIT_PKU_MUHAMMADIYAH_KARANGANYAR diakses pada 25 April 2023.

Herlinawati, Banowati L., Revilia D. 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. HEALTH CARE: JURNAL KESEHATAN. Online: https://www.semanticscholar.org/paper/7190e5e1e785c68f1aa33c510a749 f5cab05ff54, diakses pada 10 Oktober 2023.

Kurniawati, Y. D., Djasri, H., Utarini, A. 2021. Dampak Implementasi Aplikasi Pendaftaran Daring Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 24(2), 48-54.

Martiana E. 2018. Evaluasi Simrs Bagian Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Online: https://publikasi.aptirmik.or.id/index.php/snarsjogja/article/view/93/93, diakses pada 25 April 2023.

Prasastin O. V., Noor F. A., Pinto S., Anggraini A. N. 2023. Digital Literacy Improvement and Patient Registration System Training Through of Good Care Application at Primary Healthcare in Indonesia and Timor Leste. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Online: https://www.semanticscholar.org/paper/9034405b0ac9de1098e91fc3fad5d 399338bb8a8, diakses pada 10 Oktober 2023.

Rosalina N., Mubyarto K., Rachmani E. 2021. Hubungan Literasi Penggunaan Internet dengan Minat Pasien terhadap Pendaftaran Online di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Online: https://www.semanticscholar.org/paper/619fcc02ac48e 18ef4948fe611b0101ed02abda6,

diakses pada 10 Oktober 2023.

Saputra M. G., Nurdiana F., Nuriyati, Mahfiroh A. P. 2020. Hubungan Pendaftaran Online Dan Offline Dengan Kepuasan Pasien. Journal Of Health Care (JOHC), Vol 1 No 1 2020. Online: https://www.jurnal.umla.ac.id/index.php/JOHC/article/download/248/229, diakses pada 25 April 2023.

Saputra M. G., Kusdiana A., Suratmi, Yuniar I. 2020. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Journal Of Health Care. Online: https://jurnal.umla.ac.id/index.php/JOHC/article/download/188/95, diakses pada 10 Oktober 2023.

Tami Y., Sumarni, Sarwadhamana R. J. 2021. Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Indonesian Journal of Hospital Administration Vol. 4, No. 2, 2021: 43-51. Online: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/ IJHAA/article/download/2143/1608, diakses pada 10 Oktober 2023.

Taufik R. 2011. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchi Process (AHP). Jurnal Ilmiah Faktor Exacta Vol. 4 No. 3 September 2011. Online: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/56 11, diakses pada 10 Oktober 2023.

Trust Medis. 2020. 5 Kendala Yang Sering Dialami Fasilitas Kesehatan Dan Cara Menanganinya. Online: https://trustmedis.com/blog/5-kendala-faskes-cara- menanganinya, diakses pada 10 Oktober 2023.

Wibawani R. S. 2021. Analis Swot Pada Unit Pendaftaran Pasien Di RSU Daerah Kota Madiun. Karya Tulis Ilmiah. Online: http://repository.stikes-bhm.ac.id/1184/1/Ratu%20Sekar%20Wibawani%20-%20201807037%20-%20KTI%20PDF%20-%202021.pdf, diakses pada 10 Oktober 2023.

Widiantari N. M. D., Jati S. P., Budiyanti R. T. 2021. Analisis Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Sistem Informasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Nasional Diponegoro Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. Online: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/ article/download/ 40490/20720, diakses pada 25 April 2023.

Widya S., Primadhani, Ilyas Y., Atthahirah A. I. 2023. Sistem Pendaftaran Online sebagai suatu Strategi Peningkatan Layanan Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 20-26. Online:https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/MPPKI/article/view/2890, diakses pada 10 Oktober 2023

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Youhland Waworuntu, M., M. E. Lumi, W. ., & S. Surya, W. . (2023). PEMAHAMAN PASIEN MENGENAI PENGGUNAAN PENDAFTARAN ONLINE DI RAWAT JALAN RSU GMIM BETHESDA TOMOHON. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16659–16674. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21858