PENGENDALIAN LALAT MELALUI METODE MEKANIK DI PASAR HARJODAKSINO SURAKARTA

Authors

  • Fera Rizkiana Purwanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mitoriana Porusia Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21025

Keywords:

Alat Pengendalian, Kepadatan, Lalat, Pasar

Abstract

Lalat merupakan vektor foodborn disease. Salah satu penyebab tingginya kepadatan lalat adalah yang banyak menghasilkan sampah terutama pada pasar sehingga dapat menjadi penularan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan lalat di pasar Harjodaksino serta efektivitas pengendalian kepadatan lalat di Pasar Harjodaksino. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif yang diperoleh melalui pengukuran dan eksperimen. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini, yaitu los di Pasar Harjodaksino, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 36 los. Variabel bebas dalam penelitian ini, yaitu jenis treatment pengendalian lalat meliputi yellow trap, jaring fly trap, glue stick trap dan kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini, yaitu kepadatan lalat. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, sedangkan analisa datanya berupa analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya perbedaan penurunan kepadatan lalat sebelum dan setelah pengendalian lalat dengan treatment yellow trap, jaring fly trap dan glue stick trap. Pengendalian lalat melalui metode mekanik di Pasar Harjodaksino Surakarta yang paling besar memberikan menurunkan kepadatan lalat adalah yellow trap dengan rentang score kepadatan lalat nya sebesar 88,15 – 100% yang berarti paling tinggi kepadatan lalat dibandingkan dengan metode jaring fly trap dan glue stick trap. Pengendalian lalat di pasar penting dilakukan karena keberadaan lalat dapat mengganggu masyarakat sebab sebagai vektor perantara penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

References

Afrilia, K.A. (2019). “Kepadatan Dan Metode Pengendalian Lalat Di Perumahan Grand Nusa Kelurahan Liliba Tahun Kepadatan Dan Metode Pengendalian Lalat Di Perumahan Grand Nusa Kelurahan Liliba”.

Andiarsa, D. (2018). “Lalat: Vektor Yang Terabaikan Program.” Balaba: Jurnal Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Banjarnegara. pp 201–214.

Ardiansyah, I., Wispriyono, B., Werdiningsih, I., & Amalia, R. (2019). “Variasi Warna Pipet Pada Stik Perangkap Lalat Terhadap Jumlah Lalat Yang Tertangkap.” Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 15(2), pp 188.

Damayanti, S., Mutiara, D., & Panca Putri, Y. (2023). Jenis - Jenis Serangga Yang Tertarik Dengan Warna Di Kebun Melon (Cucumis melo L.). Indobiosains, 5(2), pp 88–94.

Emerty, V. Y., & Mulasari, S. A. (2020). “Pengaruh Variasi Warna Pada Fly Grill Terhadap Kepadatan Lalat (Studi Di Rumah Pemotongan Ayam Pasar Terban Kota Yogyakarta).” Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia 19(1), pp 21.

Fitri, K., Rahim, R., Rohmatunisa, I., Stella, A., & Stikes, K. (2020). “Model Prediksi Kepadatan Lalat Di Pasar Kabupaten Kuningan Jawa Barat Indonesia.”

Fitriana, E., & Mulasari, S. A. (2021). “Efektifitas Variasi Umpan Pada Fly Trap Dalam Pengendalian Kepadatan Lalat Di Tempat Pembuangan Sementara (Tps) Jalan Andong Yogyakarta.” Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 20(1), pp 59.

Hasibuan, S. (2020). Pengendalian terpadu hama pada tanaman cabai (capsicum annum l) dengan menggunakan perangkap fluorense dan berbagai perangkap warna. Jurnal HPT, 1(2), pp 1022–1033.

Iswara, D., Afifah, L., Abadi, S., Prabowo, D. P., Irfan, B., & Widiawan, A. B. (2022). Kelimpahan Serangga pada Berbagai Perangkap dengan Beberapa Teknik Pengendalian Berbeda pada Pertanaman Jagung Pioneer 36. Jurnal Agroplasma, 9(2), pp 213–224.

Rahayu, S. D., Kharmayana Rubaya, A., Istiqomah, S. H., Poltekkes, J., Yogyakarta, K., & Tatabumi, J. (2019). Efektifitas Variasi Limbah Buah sebagai Atraktan pada Eco-Friendly Trap terhadap Jumlah Lalat dan Jenis Lalat yang Terperangkap. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11(1), pp 40–48.

Savitri, L. (2019). “Incidence Of Amoebic Dysentery Disease Based On The Density Of Flies Visitors Of Dining Houses In The Region Around Universitas Negeri Malang.” 10.

Utoyo, A. P., & Ardillah, Y. (2021). “Efektivitas Atraktan Tahu, Oncom Dan Kacang Tanah Pada Fly Trap Dalam Pengendalian Lalat.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia 16(2).

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Purwanto, F. R., & Porusia, M. (2023). PENGENDALIAN LALAT MELALUI METODE MEKANIK DI PASAR HARJODAKSINO SURAKARTA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16554–16562. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21025