HUBUNGAN SELF-CONFIDENCE DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA REMAJA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Al Fidah Rif'atul Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Moh. Saifudin Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Siti Solikhah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Ratna Kumala Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Abdul Yohan Kurniawan Universitas Muhammadiyah Lamongan.

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20965

Keywords:

Kecemasan Berbicara, Kepercayaan diri, Remaja

Abstract

Kecemasan berbicara merupakan keadaan takut secara berlebih yang dapat menimbulkan  keadaan dalam diri seperti kegelisahan sehingga dapat mengganggu ketika ingin menyampaikan sesuatu secara lisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada hubungan Self-Confidence dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Remaja Kelas VII SMP Negeri 3 Baureno Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini desain analitik korelasi pendekatan cross sectional. Populasinya adalah seluruh remaja kelas VII usia 10 – 15 tahun, menggunakan teknik Purposive Sampling didapatkan sebanyak 66 remaja. Data penelitian ini diambil menggunakan kuesioner setelah ditabulasi data yang dianalisis dengan menggunakan uji spearman Rank (Rho) dengan tingkat kemaknaan p=<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah populasi sebanyak 66 remaja terdapat self-confidence kurang sejumlah 24 remaja (36,4%) dan terdapat kecemasan berbicara berat sebanyak 37 remaja (56,1%), berdasarkan hasil data diatas didapatkan uji statistik dengan nilai signifikan p sign = 0,00 (p<0,05). Dari hasil perhitungan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Self-Confidence dengan Kecemasan Berbicara di depan umum pada remaja Kelas  VII SMP Negeri 3 Baureno Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan berbicara sering dialami oleh remaja. Apabila kepercayaan diri kurang maka kecemasan berbicaranya berat begitu juga sebaliknya. Remaja bisa meningkatkan self-confidence agar kecemasan berbicara remaja dapat menurun.

References

Ahyani, L., & Astuti, D. (2018). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Kudus : Universitas Mulia Kudus.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arini, N. A., & Susanti. (2015). Pengaruh faktor demografi terhadap financial literacy mahaRemaja angkatan 2012. jurnal pendidikan akuntansi (JPAK), 3(2).

Azwar. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Batubara, H., & Ariani, D. (2016). Pemanfaatan Vidio Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Muallimuna, 2(1)

Bayhaqi. (2017). Metode Expressive Writing Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada MahaRemaja. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2)

Deviyanthi, N. M. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri denganKecemasan Komunikasi Dalam Mempresentasikan Tugas di Depan Kelas. Journal Insight, 1(2)

Fatmah, N. (2021). Efikasi diri dan Kepercayaan Diri MahaRemaja PGSD terkait kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Literasi Psikologi, 1(1)

Hidayat, A. A. (2014). Metode Penelitian Kebidaan dan Teknik Analisis data. Jakarta: Salemba Medika.

Himmah, F. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada MahaRemaja Baru Fakultas Psikologi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Himmah, F. (2020). kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara MahaRemaja Baru Fakultas Psikologi UINMA . Malang: Uinma Library.

Hurlock. (2016). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irianto, A. (2015). Statistik (Konsep Dasar Aplikasi Dan Pengembangannya). Jakarta: Kencana.

KEMENKES. (2019). Laporan Riskedas.

Khairunnisa. (2019). Kecemasan berbicara pada Remaja. Jurnal Tunas Bangsa, 6 (2).

Lauster, P. (2014). Tes Kepribadian (Alih Bahasa). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lisanias, C., Loekmono, & Yustinus, W. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara pada mahaRemaja progdi pendidikan sejarah Uksw salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, 15(2)

Masturoh. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: 307.

McCroskey, J. (2013). The Communication Aprehension Perspective. New Jersey: Sage Publication.

Mutmainah, S. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada MahaRemaja Ppl Jurusan Bpi Tahun Akademik 2016/2017 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Walisongo Semarang (Issue July). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nasution, A. R., Harahap, J. M., & Ritonga, N. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap produktivitas kerja. Jurnal ilmu manajemen

Notoatmodjo. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarat: Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Konselor, 2(1)

Sodik. (2015). Metodologi Peneliatan. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Saputri, V. F., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas xi sma negeri 3 sukoharjo. Jurnal Empati, 6(1), 425-430.

Susanto, M. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada MahaRemaja Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Wahyuni. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada MahaRemaja Psikologi. Jurnal Psikologi, 2(1)

Yuniarty, S. (2017). Kecemasan Berbicara Di Dalam Kelas Bahasa Asing Terhdap Peserta Didik Kelas 10 Di SMK Negeri 5 Palembang. Palembang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Yusuf LN, S. (2016). Konseling Individual : Konsep Dasar & Pendekatan. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Rif’atul, A. F. ., Saifudin, M. ., Solikhah, S. ., Kumala, R. ., & Kurniawan, A. Y. (2023). HUBUNGAN SELF-CONFIDENCE DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA REMAJA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16483–16492. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20965