PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJAACEH BARAT

Authors

  • Syadila Putri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar
  • Maiza Duana Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar
  • Jun Musnadi Is Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar
  • Siti Maisyaroh Fitri Siregar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.14082

Keywords:

Beban Kerja, Stres Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian dilakukan di Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat, dimana jumlah pegawai di Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat adalah sebanyak 37 PNS.Berdasarkan hasil dengan 3 orang karyawan didapatkan bahwa permasalahan pada beban kerja yaitu ketika adanya pegawai yang dimutasi atau cuti maka rekan kerja mereka yang harus mengback-up pekerjaannya, sehingga pekerjaan akan menumpuk dan beban kerja yang mereka alami akan bertambah. Selain itu mereka mengeluhkan adanya kelelahan saat melakukan proses pekerjaan. Kebisingan di lingkungan kerja juga mereka rasakan sehingga timbul rasa stres pada saat bekerja,sehinggapekerjaan menumpuk dan tidak dapat diselesaikan dengan tepatwaktu.Permasalahan dan kondisi yang telah diuraikan diatas, dirasa dapat mempengaruhi kinerja karyawan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat. Untuk itu instansi perlu memperhatikan faktor-faktor yang terkait dengan beban kerja dan stress kerja kerja karyawan. Tujuan peneilitian ini ingin mengetahui Pengaruh Beban kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja karyawan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalahsurvei yang bersifat analitik dengan pendekatan Cross Sectional,.Penelitian dilakukan di Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat. Sampel penelitian adalah 37 PNS Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat. Metode analisis data menggunakan univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil  temuan penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan:Faktor beban kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja kerja karyawan pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat (P.Value = 0,002< 0,05), Faktor stres kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja kerja karyawan pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Barat (P.Value = 0,013< 0,05).

References

Andhani, A. R. (2013). Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri dan Beban Kerja Terhadap Beban Kerja Terhadap Beban Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4), 1223–1233.

Aster Andriani, et al. 2014.“Pengaruh Beban Kerja terhadap Stres Kerja dan Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 2..

Adam. 2021. Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadapKinerja Perawat Rawat Inap dalam Situasi Pandemi Covid-19 di RSKIA Harapan Bunda Bandung .Prosiding Manajemen Volume 7, No. 2, Tahun 2021. Universitas Islam Bandung

Budiarto, E. 2016. Pengantar Epidemiologi. Edisi 2. Penerbit: EGC. Jakarta.

Cita Sari Dja?akum, 2019.m“Peer to Peer Lending Against Ease of Business Technology Acceptance Model (TAM) Approach”, Economica : Jurnal Ekonomi Islam, Vol 10.

Dharma, 2014, Manajemen Supervisi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Erlina.2018. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud Labuang Baji Makassar. JKMM, Agustus 2018, Vol. 3 No.1 : 335-341 ISSN 2599-1167JKMM, Agustus 2018,Vol 1, No. 3: 335-341. Universitas Hasanuddin.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Mawadah Murtiawati, et. al2019. “ The Impact Of Product Quality and Service Quality on Consumer Loyalty (A Case Study of Bandengan Rozal in Bandengan Village, Kendal District, Kendal Regency)”, Jounal of Islamic Economics, Management and Bussiness, Vol. 1.

Mita Kurnia Rizki, et. al, 2019. “The Effect of Suistainability Report and Profitability on Company Value :Evidence from Indonesia Sharia Shares”, Economica : Jurnal Ekonomi Islam, Vol 10.

Notoatmodjo S,. 2015,Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Rini Chandra, et al. 2017. “Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance Cabang di Langsa”, Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sunyoto, Danang. (2018). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Buku Seru

Suwatno dan Donni juni Priansa. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tarwaka,, Bakri, Solichul HA., dan Sudiajeng, Lilik. (2014). Ergonomi UntukKeselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: HarapanPress

Wijono, S. (2012).Psikologi Industri & organisasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Putri, S. ., Duana, M. ., Is, J. M., & Siregar, S. M. F. . (2023). PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJAACEH BARAT. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 1199–1206. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.14082

Issue

Section

Articles