HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI MOBILE JKN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA PADA TENAGA KERJA PUSKESMAS MEUREUBO ACEH BARAT

Authors

  • Yeni Selfiana Yeni Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat
  • Danvil Nabela Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat
  • Safrizal Safrizal Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat
  • Fikri Faidul Jihad Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.14075

Keywords:

Aplikasi Mobile JKN, Informasi, Pengguna

Abstract

BPJS kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berubah menjadi Badan Hukum Publik yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Program ini melayani berbagai lapisan dari kalangan masyarakat. BPJS Kesehatan ditujukan untuk memberikan proteksi agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses kesehatan secara merata.Metode dalam penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional dan analisis data menggunakan uji fisher exact test. Penelitian dilakukan di Puskesmas Meureubo Kecamatan Mereubo Kabupaten Aceh Barat. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja yang pernah menggunakan aplikasi Mobile JKN dengan jumlah 30 responden. Variabel independen dalam penelitian adalah  kualitas informasi aplikasi Mobile JKN yaitu kualitas informasi, keakuratan informasi mobile jkn, ketepatan waktu , relevan dan kelengkapan informasi sedangkan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pengguna terhadap mobile jkn,  responden yang merasa puas sebanyak 20 orang dengan  66,7 % dan yang merasa tidak puas sebanyak 10 orang dengan 33,3 %, dan responden yang merasa bahwa keakuratan informasi aplikasi mobile jkn 13,3% yang akurat dan 86,7% yang tidak akurat.kerelevan dan kelengkapan memiliki hubungan dikrenakan memiliki p value 0,024 dan 0,031 sedangkan keakuratan dan ketepatan waktu tidak memilki hubungan dengan p value 0,344 dan 0,550 yang artinya tidak memilki hubungan dengn kualitas informasi aplikasi mobile jkn dengan kepuasan pengguna

References

Delone and Mclean 2003. “the Delone and Mclean mocel of information systems success: A ten-year update”

Felita, C., Alimah, N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2018). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Model Delone and Mclean. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(12), 6386–6390.

Hasbi, H.2012. Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan puskesmas pancol kota semarang. (Online) http://www.undip.ac.id/37026/. diakses pada tanggal 12 april 2014

Hermansyah, H., Darmana, A., & Nur’aini, N. (2019). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Metode Servqual Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur Tahun 2018. Health Care : Jurnal Kesehatan, 8(1), 58–69. https://doi.org/10.36763/healthcare.v8 i1.32

Http://M.Rri.Co.Id/Jakarta/Post/berita/571728/layanan_publik/bpjs_kesehatan_sosialisasi_aplikasi _mobile Jkn_di_polda_metro_jaya.Html (saleh.I.I)

Jogiyanto (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kesehatan, B. (2020). Akses pelayanan dalam Genggalam: BPJS kesehatan luncurkan aplikasi PANDAWA. Retrieved February 1, 2021, from https://www.bpjskesehatan.go.id/bpjs/ index.php

Kotler, Philip. (2003). Manajemen pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta :indeks kelompok gramedia

Khusna, A., Ridwandono, D., & Pratama, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Mobile Jkn di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2(2)

Muhimmatin, I., & Ni, I. (2021). Aplikasi mobile berbasis android sebagai media tes prior knowledge mahasiswa biologi Mobile App android-based as prior knowledge test media for biology undergraduate students. 7(1), 1–11

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010

Saryoko, A., & Sukmana, S. H. (2019). Terhadap Pendaftaran Online Bpjs Kesehatan Pada Aplikasi Mobile. Tingkat Rika Rinjani Dan Nurhaslita Sari / Publika : JIAP Vol. 8 No. 2 / 2022 223 Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Bpjs Kesehatan Pada Aplikasi Mobile Jkn, 4(1), 77–95.

Yu, P., Wu, M, X., YU, H., & xioa, g. q (2006). the challenges for the doption of m-health. 2006 IEEE international conference on service operations nd logistics, and informatics, SOLI 2006, 181-186

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Yeni, Y. S. ., Nabela, D. ., Safrizal, S., & Jihad, F. F. (2023). HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI MOBILE JKN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA PADA TENAGA KERJA PUSKESMAS MEUREUBO ACEH BARAT. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 1132–1138. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.14075

Issue

Section

Articles