PENGARUH BENTUK SOCIAL SUPPORT ORANGTUA TERHADAP STATE ANXIETY MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN ARTIKEL
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13909Keywords:
Social Support, State Anxiety, ArtikelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Social Support orang tua terhadap State Anxiety pada mahasiswa yang sedang menyusun artikel di Fakultas Psikologi, UNJANI. Teori yang digunakan untuk Social Support yaitu Sarafino (2011) dan State Anxiety Speilberger (1972). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 123 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner melalui google form dan menggunakan skala likert. Alat ukur Social Support terdiri dari 23 item dengan reliabilitas antara 0,746–0,878. Alat ukur State Anxiety menggunakan STAI (State-Trait Anxiety Inventory) terdiri dari 20 item dengan menggunakan nilai reliabilitas 0,912. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisa Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kontribusi Emotional Support dan Informational Support terhadap State Anxiety dengan nilai p-value <.001 yang artinya p < 0.05, sehingga terdapat pengaruh signifikan antara Emotional Support dan Informational Support terhadap State Anxiety pada mahasiswa yang sedang menyusun artikel di Fakultas Psikologi UNJANI. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh hasil R-Square sebesar 0.112 pada jenis Emotional Support, artinya Emotional Support memiliki kontribusi serbesar 11,2% terhadap State Anxiety dan R-Square sebesar 0.105 pada jenis Informational Support, artinya Informational Support memiliki kontribusi sebesar 10,5% terhadap State Anxiety.References
Agustianisa, R. (2022). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(2). https://doi.org/10.30659/jikm.v10i2.14577
Cahyani, N. K. S., Satriani, N. L. A., & Sagitarini, P. N. (2021). GAMBARAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA TINGKAT AKHIR PRODI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BALI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, 9(4). https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i04.p03
CNN Indonesia. (2020). Orang Indonesia Alami Kecemasan Tinggi Saat Pandemi. CNN Indonesia, 1.
Dwiyanti, D., & Frendiana, V. (2022). Rancang Bangun Website Sistem Informasi Skripsi Program Studi Broadband Multimedia. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 1(1).
Inayatul’ain, E. S. (2018). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Menyusun Skripsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 385–395.
Izzati, U. A., & Mulyana, O. P. (2019). Psikologi Sosial. Penerbit Bintang Surabaya.
Kalisha, S., & Sundari, A. R. (2022). Pengaruh Optimisme dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Resiliensi Menyelesaikan Skripsi Saat Pandemi. Jurnal UPI, 3(1).
KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia ,. 22–47.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Permendikbud, 2–4.
Kurniati, E. S. (2017). Pengaruh retailing mix terhadap loyalitas konsumen di Giant Ekstra Bangka Tengah.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2). https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Michie, S. (1991). Health psychology biopsychosocial interactions. Journal of Psychosomatic Research, 35(4–5), 625. https://doi.org/10.1016/0022-3999(91)90058-v
Putri, H. M., & Febriyanti, D. A. (2020). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal EMPATI, 9(5). https://doi.org/10.14710/empati.2020.29261
Putri, H. M., & Febriyanti, D. A. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal EMPATI, 9(6). https://doi.org/10.14710/empati.2020.30065
Rantauni, D. A., & Sukmawati, E. (2022). Correlation of Knowledge and Compliance of Implementing 5m Health Protocols in the Post-Covid-19 Pandemic Period. In Science Midwifery (Vol. 10, Issue 4). Online. www.midwifery.iocspublisher.orgjournalhomepage:www.midwifery.iocspublisher.org
Rohmah, Q. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Stres pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Psikologi, 1(1), 1–14.
Safitri, R. D., & Mardhiah, D. (2022). Strategi Mahasiswa Akhir Sosiologi dalam Menyelesaikan Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Wisudawan Jurusan Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 5(1). https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i1.594
Saharuddin, S., Juliansyah, H., Sari, C. P. M., Dharma, Y., Maulida, L., Asnawi, A., Mustaqim, M., Bachri, N., & Siregar, Y. A. (2022). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 1(1). https://doi.org/10.29103/jpes.v1i1.8180
Sawitri, A. R., & Widiasavitri, P. N. (2021). Strategi Coping Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/jpu.2021.v08.i01.p08
Setianingsih, E. S., Sukamto, S., Purnamasari, V., & Ardiyanto, S.Pd., M.Or, A. (2021). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR PGSD DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Wawasan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9034
Sitompul, E., Farradinna, S., & Fadhlia, T. N. (2020). DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 4(2). https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v4i2.10230
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Suhardi, M., & Hariawan, R. (2020). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi. Journal Transformation of Mandalika, 1(4).
Sukmawati, E. N. (2022). PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASALAH DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR. Juli, 2(2), 196–199. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/299
Susanti, R., Maulidia, S., Ulfah, M., & Nabila, A. (2021). Pandemi dan Tingkat Stress Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah: Studi Analitik pada Mahasiswa FKM Universitas Mulawarman. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM), 3(1). https://doi.org/10.30872/jkmm.v3i1.6273
Susilo, T. E. P., & Eldawaty. (2021). TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI PRODI PENJASKES FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Consilia, 4(2).
Wardiani, D. A. (2020). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Kusuma Husada Surakarta saat Menjalani Skripsi pada Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
WHO. (2021). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Centers for Disease Control and Prevention.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afini Reudwi Asri, Bella Dina Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).