ANALISIS FAKTOR PERSEPSI KOMPETENSI PENILAIAN & INTERVENSI KESEHATAN MASYARAKAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA

Authors

  • Shinta Nur Khofifah Universitas Airlangga
  • Redina Thara Alifia Redina Thara Alifia S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • Setya Haksama Setya Haksama S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

Keywords:

Keyword1

Abstract

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat sebagai calon tenaga kesehatan diperlukan dalam penanggulangan bencana. Penilaian & Intervensi kesehatan masyarakat menjadi salah satu faktor penting dalam persepsi kompetensi. Dalam hal ini mashasiswa kesehatan masyarakat diharapkan memiliki kemampuan melakukan penilaian kesehatan masyarakat pada kejadian bencana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor persepsi kompetensi penilaian & intervensi kesehatan masyarakat  mahasiswa kesehatan masyarakat dalam penanggulangan bencana. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas persepsi kompetensi mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dalam penanggulangan bencana termasuk dalam kategori kurang pada faktor public health assessment & intervention dengan hasil penilaian 2,26. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kompetensi mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya dalam penanggulangan termasuk dalam kategori kurang pada faktor public health assessment & intervention. Sehingga, saran yang dapat diberikan yaitu mengadakan pelatihan, membuat kebijakan sebagai dasar kajian akademis, dan menambahkan kurikulum yang khusus membahas tentang penanggulangan bencana.

References

Daftar Pustaka

Published

2023-12-20

How to Cite

Shinta Nur Khofifah, Redina Thara Alifia, R. T. A., & Setya Haksama, S. H. (2023). ANALISIS FAKTOR PERSEPSI KOMPETENSI PENILAIAN & INTERVENSI KESEHATAN MASYARAKAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/13884

Issue

Section

Articles