PERBANDINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI DIGITAL POCBOOK DAN ROPI MENGENAI ANEMIA PADA REMATRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13883Keywords:
anemia, adolescent girls, digital pocket book, roda pintar, remaja putriAbstract
Anemia merupakan masalah kesehatan serius yang banyak dialami oleh remaja putri. Salah satu penyebab terjadinya anemia pada remaja putri yaitu karena kurangnya pengetahuan dan tidak rutinnnya mengonsumsi tablet tambah darah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan pendidikan kesehatan pada remaja putri. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingankan dua media yaitu Digital PocBook dan RoPi dalam peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja putri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu dengan desain cross-sectionel. Total sampel sebanyak 60 siswa dari dua sekolah yang berbeda diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan kuisioner pretest posttest. Data dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Man Whitney Test. Hasil penelitain menggunakan Wilcoxon menunjukkan nilai p-value 0,000 < 0,05 (.000) maka H0 ditolak artinya terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap dengan mengguankan media Digital PocBook dan RoPi. Hasil analisa data mengguanakn Man Whitney menunjukkan nilai p-value 0,000 > 0,05 (.467 & .972) maka H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan antara media Digital PocBook maupun RoPi dalam peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri. Tidak terdapat perbedaan diantara media Digital PocBook dan Ropi, keduanya dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan anemia. Sehingga media tersebut layak digunakan sebagai media pendidikan kesehatan.References
Anggarini, N. P., Anggarini, N. P., Sumarno, S., & Subekti, E. E. (2019). Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pintar Matematika Terhadap Hasil Belajar. Janacitta, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.51
Arifah, N., Anjalina, I., Febriana, A. I., Khairunnisa, E., Amir, N. P., Aprilisa, W., Muzhaffar, Z., & Manyullei, S. (2022). Penyuluhan Kesehatan tentang Anemia Pada Siswa di SMPN2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 176–182. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i2.222
Badan Pusat Statistik. (2020). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html
Budiyati, G. A., Sari, D. N. A., & Suryati. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Merokok pada Remaja. Jurnal Ilmisah Permas, 11(1), 11–18.
Canva. (2023). Home - Canva. https://www.canva.com/
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 63–70. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2476
Hafidh, N. (2021). Asuhan keperawatan pasien terhadap Ny. C dengan Gangguan kebutuhan Oksigenisasi pada kasus anemia di ruang penyakit -dalam RSUD MASJEND HM RYACUDU KOTABUMILAMPUNG UTARA TANGGAL MARET. Diploma Thesis, Poltekkes Tanjungkarang, 7–17.
Handayani, N., Wijayanti, A., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 404. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16158
Hanum, D. F., Rochmah, N., & Nabila, M. A. (2021). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), 1(02), 15. https://doi.org/10.30587/ijcdh.v1i02.2460
Hidayah, E. R., Hidayat, N., & Siswati, T. (2020). Efektifitas Penyuluhan Gizi Melalui Roda Putar Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Pada Siswa SD. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, 1(1), 104–116. https://doi.org/http://poltekkesjogja.ac.id
Laily, N., Cahyani, L. I., Abdullah, L. K., Mauliana, M., & Patria, S. (2022). Kegiatan Pemberdayaan Remaja Melalui Penyuluhan dan Pembentukan Komunitas Remaja Sadar Anemia Terhadap Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1055–1060. https://doi.org/10.54082/jamsi.373
Musniati, N. (2021). Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan, 5(2), 224–232.
Ningrum, P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Roda Pintar Untuk Perkembangan Kognitif. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional …, 639–645. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1611%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/download/1611/1174
Novianti, R. (2015). Pengembangan Permainan Roda Putar Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun. Educhild, 4(1), 56–63.
Puspitasari, C. E., Ratnata Dewi, N. M. A., Aini, S. R., Pratama, I. S., Erwinayanti, G. A. P. S., Wahyuningsih, I., & Ariani, F. (2020). Edukasi Pencegahan Anemia Saat Menstruasi Pada Remaja Putri. Jurnal PEPADU, 1(4), 529–536. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i4.146
Rezkiani, S. (2022). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Upaya Pencegahan Anemia Saat Menstruasi Pada Remaja Putri di SMA Negeri Kabupaten Soppeng. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 52–58.
Riskesdas. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. In Laporan Nasional Riskesdas 2018 (Vol. 53, Issue 9, p. 586). Kemenkes RI. http://www.yankes.kemkes.go.id/assets/downloads/PMK No. 57 Tahun 2013 tentang PTRM.pdf
Sari, I. D. (2019). Analisis Hubungan Karakteristik Keluarga Dan Status Gizi Terhadap Kejadian Anemia Pada Remaja Sma Pab 5 Klumpang. Jurnal Kebidanan, 8(2), 55–64. https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i2.113
Septianawati, D., & Tadris, M. (2021). Development of Problem Based Learning-Based Digital Pocket Book to Improve Problem Solving Ability. 4(2), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Sumarni Nina, Rukmasari Ema, R. U. (2021). Bahaya Anemia dan Pencegahannya Pada Remaja Putri di SMPN 1 Garut. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(February), 317–322.
UPI Central Library. (2023). UPI Central Library – Answer at its best to any Quests. http://perpustakaan.upi.edu/
Widodo, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Jetis Pada Materi Pokok Keseimbangan Benda Tegar Pocket Book Learning Media Development Based on Digital an. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 148.
Wuryandari, A. G., Murtiyarini, I., Ichwan, E. Y., & Julaecha, J. (2022). Utilization of Reproductive Health Digital Correlation of Puberty Nurses ’ Social Responsibility Effect of Combined Therapy Manipulation Pocket for Deaf Students with the Book Missed Nursing Care on Upper Extremity Injury during the Covid-19 Pandemic. 10(4), 819–825. https://doi.org/http://hehp.modares.ac.ir/article-5-65822-en.html
Zumrah Hatma, Rahayu Indriasari, N. J. (2014). Persepsi Tentang Anemia Gizi Pada Remaja Putri Penderita Anemia Di SMAN 10 Makassar. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ghina Fadhilah Septiani, Nunung Siti Sukaesih, Rafika Rosyda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).