HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MEKANISME KOPING DALAM MENGHADAPI SKRIPSI MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13876Keywords:
Kepercayaan Diri, Mekanisme Koping, ,SkripsiAbstract
Salah satu persoalan berat yang dihadapi banyak mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah adalah penyelesaian skripsi. Kepercayaan diri sangat mempengaruhi pada ketahanan diri seseorang dalam menghadapi berbagai hambatan. Mahasiswa dengan kepercayaan diri yang positif akan berusaha mendapatkan jalan keluar untuk mengatasi berbagai hambatan yang dapat mengganggu penyelesaian skripsinya.Salah satunya dengan menggunakan mekanisme coping.Mekanisme koping merupakan cara yang di lakukan individu dalam menyelesaikan masalah, menyesuaikan diri dari perubahan, serta respon terhadap situasi yang mengancam. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan mekanisme koping dalam menghadapi skripsi mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan sampel sebanyak 111 orang. Analisa data menggunakan uji korelasi spearman’s. Diketahui distribusi frekuensi kepercayaan diri responden sebagian besar adalah sedang sebanyak 77 orang (69.4%) dan mekanisme koping sebagian besar adalah maladaptif sebanyak 62 orang (55.9%). Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan mekanisme koping (p-value = 0.014) dan juga menampilkan nilai korelasi sebesar 0.234. Berdasarkan analisa dan pembahasan di atas, yaitu Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercaya diri dengan mekanisme koping pada mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019 yang sedang mengambil skripsi.References
Amalia, (2013). Stres dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarma,eJournal Psikologi, 2013, 1 (3): 254- ISSN 0000-0000, ejournal.psikologi.fisip-unmul.org
Angelis, Barbara. (2003). Confidence (Percaya Diri). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Andayani, B & Afiatin, T. (2014). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi. 23. 23-30. Angkatan 2009. Singaraja: Universitas Ganesha
Aldwin, C.M. & Revenson, T.A. (1987). Does Coping Help? A Reexamination of the Relation Between Coping and Mental Healty. Journal of Personalityand Social Psychology, Vol. 53, No. 2, 337-348
Apriliyani, I., & Maryoto, M. (2020). The Relationship Between Coping Mechanisms and Stress Levels in Thesis Writing Among Undergraduate Nursing Students. Advances in Health Sciences Research, volume 20 1st20(Icch 2019), 64–67. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200204.015
Alfina Ayu Rachmawati. (2020). Darurat kesehatan Mental Bagi Remaja. Departemen Geografi Lingkungan UGM.Yogyakarta
Bakhtiar, M.I. and Asriani, A. (2015) ‘Efektivitas Strategi Problem Focused Coping Dan Emotion Focused Coping Dalam Meningkatkan Pengelolaan Stres Siswa Di Sma Negeri 1 Barru’, GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 5(2), p. 69. Available at: https://doi.org/10.24127/gdn.v5i2.320
Bandura, A. (1997). Self Efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company
Bahsoan, H.(2013). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Di Ruang PerawatanBedah RSUD Prof.DR.HI Aloe Saboe Kota Gorontalo Tahun 2013. Skripsi: tidak di publikasikan
Carver, C. S., Scheier, M.F., & Weintraub, J.K. (1989). Assesing coping strategies:A theoretically based approach. Journal of Personality and Social Psychology.Vol.56.No.2,hal 283-367
Deni & Ifdil. (2016). Konsep kepercayaan diri remaja putri. http://jurnal.iicet.org
Dinkes Provinsi Lampung. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2019. Dinkes Pemerintah Provinsi Lampung
Fadillah, A. E. R. (2013). Stres dan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman yang sedang menyusun skripsi. Ejournal Psikologi Universitas Mulawarman, 1(3)
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Fitria Sedjati.(2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Penderita Tuberkulosis Paru Di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Yogyakarta. jurnal fakultas psikolog. Universitas Ahmad Dahlan
Fasya, Z. A., Yuwono, P., & Septiwi, C. (2019). Gambaran Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi di STIKES Muhammadiyah Gombong Tahun. Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019: Bidang MIPA Dan Kesehatan, 622–629. Retrieved from http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/700
Ghufron, M. N, & Risnawati, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-ruzz Media
Gorman, L.M., & Anwar, R.F. (2014). Neeb’s Fundamentals of Mental Health Nursing, F.A. USA: Davis Company, hal. 161
Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara
Hastanto SP. (2017). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Vol. 53, Occupational Medicine. depok: Rajawali Pers.;. 130 p.
Iswidharmanjaya, Derry dan Enterprise, Jubilee.(2014). Sat-u Hari Menjadi LebihPercaya Diri. Jakarta: Gramedia.
Ismiati. (2015). Problematika dan coping stres mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Al-Bayan, 21(3)
Indotang, F. E. F. (2015) Hubungan antara dukungan keluarga dengan mekanisme koping pasien pada pasien Ca. Mamae. Jurnal Kesehatan, 2(4) Desember 2015. ISSN 5694 1254. Surabaya: Rumah Sakit Muhmmadiyah Surabaya
Jimenez, C. ., Laguna, J. ., & Linde, I. M. J. (2013). Coping and Health in Novice and Experienced Nursing Students during Clinical Practice?: a Descriptive , Differential and Correlational Analysis, 3(11), 152–164. https://doi.org/10.5430/jnep.v3n11p152
Kingong, (2004). Tingkat Stres Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya
Krisdianto, M. A., & Mulyanti. (2015). Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, (3), 71–76
Kemenkes RI.(2019). Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. Pusat data dan Informasi Kemenkes RI
Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara. mahasiswa (Skripsi). UIN
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1987). Transactional theory and research on emotions and coping. European Journal of Personality, 1(3), 141–169. https://doi.org/10.1002/per.2410010304
Maryanti, S. (2013). Model Strategi Coping Penyelesaian Studi Sebagai Efek Dari Stressor Serta Implikasinya Terhadap Waktu Penyelesaian Studi Mahasiswa Psikologi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, Vol. 2 (66-73).
Mu’tadin, Zainal. (2002). Strategi Coping. www.e-psikologi.com Akses 1 Juni 2012
Muhammad Iqbal.(2020). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Stres Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.Skripsi USU
Novianti, R. (2019) Parent-Team: Stiletto Book. 1st edn. Yogyakarta: Stiletto Book.
Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika
Notoadmodjo.(2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Perry M.(2005) Confidence Booster.Pendongkrak Kepercayan diri. Jakarta:Esensi
Rubbyana, Urifah. (2012). Hubungan antara Strategi Koping dengan Kualitas Hidup pada Penderita Skizofrenia Remisi Simptom. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental.Vol. 1 No. 02
Rengga (2018). Mahasiswa Tingkat Akhir Unpad Tewas Gantung Diri di Kamar Kos. Artikel CNN Indonesia
Rikky.(2015). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Konsep Diri Pada Mahasiswa Semester Akhir Program Reguler Dengan Stressor Menghadapi Ujian Skripsi Di Universitas Sam Ratulangi Fakultas Kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan.Jurnal keperawatan.Vol.3 No.2
Situmorang, (2017). Mahasiswa mengalami academic anxiety terhadap skripsi berikan konseling cognitive behavior therapy dengan musik Jurnal Bimbingan dan Konseling. Ar-Rahman Volume 3, Nomor 2, Tahun 2017 Tersedia Online
Sujono, (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficacy) dengan Problem Focused Coping dalam Proses Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa FMIPA UNMUL, Jurnal Psikologi, Vol. 2, No. 3, Samarinda, 239
Sudarya I. Wayan., Begia I. Wayan., & Suwendra I. Wayan. (2014). Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi stres pada mahasiswa dalam penyususnan skripsi jurusan manajemen UNDIKSHA angkatan 2009. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha jurusan Manajemen.
Septiani, E. (2013). Hubungan antara tingkat stres dengan gaya humor pada mahasiswa (Skripsi). UIN SGD Bandung
Suhron. M. (2017). Asuhan Keperawatan Jiwa Konsep Self Esteem . Edisi pertama., Mitra Wacana Media, Jakarta.
Syam, A & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek. 5. 93-94.
Sarafino, E.P., dan Smith, T.W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). New York; John Wiley & Sons, Inc
Syafrullah, Rokayah. C, Nurdin. R. (2017).Hubungan kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa kelas alih tranfer program sarjana keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, Volume 5 No 2, Hal 72 - 76,FIKKes
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental-Konsep , Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Struthers, C, W., Pallman, R.., & Menec, V. H. (2000). An examination of the relationship among academic stress, coping, motivation, and performance in college. Research in Higher Education, 581–592. https://doi.org/https://doi.org/10.1023/A:1007094931292
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Son, C., Hegde, S., Smith, A., et al. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Journal of Medical Internet Research, 22(9), 1-14.
Santrock, J.W.(2003). Adolescence: Perkembangan Remaja.Jakarta:Erlangga.
Surya H.(2007). Percaya diri itu penting:Peran orang tua dalam membangun percaya diri anak.Jakarta: Elex Media Komputindo
Triana, (2014). Hubungan antara Orientasi masa depan dengan Prorastinasi dalam Menyusun menyusun Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polituk Universitas Mulawarma Samarinda. eJournal Psikologi, 2013, 1 (3): 280-291 ISSN 0000-0000, ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id
Vandini, (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Program Studi Teknik Informatika,Fakultas Teknik, Matematika, dan IPA Universitas Indraprasta PGRI Volume 2 Nomor 2, 2016, Hlm 43-52. Jurnal Pendidikan Indonesia
Wistarini, Ni Nyoman Imas Pradnyanita dan Adijanti Marheni. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana. Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Raihandy Qodris, Dewi Lutfianawati , Slamet Widodo, Sri Maria Puji Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).