KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13805Keywords:
Kepuasan pasien, ,JKN, mutu pelayanan, rumah sakitAbstract
Salah satu indikator yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diperoleh sebagai peserta JKN. Setiap pasien JKN berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, cepat dan setara. Penting bagi rumah sakit untuk menjaga mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien JKN terhadap mutu pelayanan di rumah sakit. Artikel ini menggunakan metode literature review dengan menggunakan pedoman PRISMA. Data diperoleh dari database elektronik Google Scholar dan Garuda Ristekbrin. Kata kunci yang digunakan adalah kepuasan pasien JKN di rumah sakit untuk menemukan artikel yang relevan. Hasil pencarian menemukan 3.856 artikel. Artikel yang tidak memenuhi kriteria inklusi harus dikeluarkan. Sebanyak 6 artikel yang memuat kepuasan pasien JKN terhadap pelayanan di rumah sakit telah dipilih untuk dianalisis dalam penelitian ini. Artikel-artikel tersebut menunjukkan bahwa kepuasan pasien JKN di rumah sakit dipengaruhi oleh dimensi mutu pelayanan kesehatan. Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien JKN di rumah sakit adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, maka rumah sakit perlu terus melakukan perbaikan dengan meningkatkan kualitas rumah sakit.References
Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Suparmi, Achadi, E. L., Taher, A., Wirawan, F., Sungkar, S., Sudarmono, P., Shankar, A. H., Thabrany, H., Susiloretni, K. A., Soewondo, P., Ahmad, S. A., Kurniawan, M., Hidayat, B., Pardede, D., Mundiharno, … Khusun, H. (2019). Universal health coverage in Indonesia: concept, progress, and challenges. The Lancet, 393(10166), 75–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)31647-7
BPJS Kesehatan. (2022). Laporan Pengelolaan Program Tahun 2021 dan Laporan Keuangan Tahun 2021 (Auditan). https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/622d7128b10e0ea7d2bafbc63856503a.pdf
Burhan, I. R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta JKN di Poliklinik Semen Padang Hospital. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(3), 394. https://doi.org/10.25077/jka.v7i3.892
Datuan, N., Darmawansyah, & Daud, A. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI MAKASSAR. JKMM, 3(1), 291–300.
Halawa, F. Y., Nadapdap, T. P., & Silaen, M. (2020). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat inap pengguna Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Medan. Jurnal Prima Medika Sains, 2(2), 52–61. https://doi.org/10.34012/jpms.v2i2.1456
Kementerian Kesehatan. (2014). PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL.
Lestariningrum, S., & Bachtiar, A. (2019). Patient Satisfaction on National Health Insurance (Jkn) Services. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Health, 4, 873–880.
Mahadewi, E. P., Heryana, A., & Kuswanti, S. (2019). Kepuasan Layanan Pasien Jkn Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Kesehatan. Jurnal Bunga Rampai, 16.
Nafi’a, Z. I. (2021). Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan di Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(2), 233. https://doi.org/10.29241/jmk.v7i2.634
Soedargo, B. P. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Bpjs Kesehatan Di Rs Melania Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 295–302. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.278
Sondari, & Bambang. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Journal Of Public Health Reseach And Develoment, 1(1), 15–21.
Wildani, H., Badiran, M., & Hadi, A. J. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di RSU Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2), 7–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nicky Anelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).