GAMBARAN AKTIVITAS SEKSUAL PADA PENDERITA JANTUNG KORONER

Authors

  • Nur Komariah Program Studi D-III Keperawatan, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Popi Sopiah Program Studi Profesi Ners, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rafika Rosyda Program Studi Profesi Ners, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13773

Keywords:

Jantung Koroner, Gambaran, Seksual

Abstract

Penyakit jantung koroner dan stroke masih menjadi dua penyebab utama kematian di dunia. Setiap tahun 17,6 juta orang meninggal karena penyakit jantung. Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan untuk merasa puas dengan hasrat seksual. Karena seksualitas adalah bagian dari kehidupan normal. Aktivitas seksual merupakan aktivitas fisik yang dapat membutuhkan banyak energi. Orang dengan masalah jantung mungkin memiliki masalah dengan pembuluh darah jantungnya, yang dapat menyebabkan masalah seperti nyeri dada atau sesak napas. Jika kondisi ini tidak diobati, dapat menyebabkan serangan jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas seksual pada penderita jantung koroner di RSUD Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Partisipan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan salah satu teknik pemilihan partisipan secara non random dimana peneliti menetukan ciri-ciri khusus sesuai dengan tujuan penelitian dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Alat untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen wawancara dan alat perekam. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas seksual pada penderita jantung koroner yaitu sering merasa lelah saat berhubungan dan tidak ada gelaja penyakit jantung koroner yang dirasakan saat berhubungan seksual karena partisipan melakukan hubungan saat mereka merasa sehat. Kesimpulan, partisipan kurang berkonsultasi dengan dokter tentang aktivitas seksual yang dilakukan, dan partisipan hanya berupaya untuk mengurangi rasa lelah dengan beristirahat sekitar 5 atau beberapa menit.

References

Amin, M., Fredrika, L., & Kartika, D. D. (2019). Pengalaman dan Gangguan Aktivitas Seksualitas Klien Penyakit Jantung Koroner. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(2), 186-195.

Firmansyah, A., Suhanda, S., Ariyanto, H., & Setiawan, H. (2021). PEMENUHAN KEBUTUHAN SEKSUAL PADA JOMLO. Bina Generasi: Jurnal Kesehatan, 13(1), 78-86.

GBD, 2020. Kolaborator Penyakit dan Cedera GBD 2019.

HASTUTI, D. (2019). PENGALAMAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SEKSUAL PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Harini, M., Tedjasukmana, D., Tambunan, T. F. U., Yamin, M., & Shatri, H. (2016). Assosiation between Sexual Function and Anxiety in Post Acute Myocardial Infarction Patient. Indonesian Journal of Cardiology, 81-9.

Irawan, D. Y. (2022). PERBEDAAN TINGKAT STRES DITINJAU DARI JENI KELAMIN PADA PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD SUMEDANG. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kementerian Kesehatan RI, (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.

Kurnia H, F. (2019). Studi Tentang Kebutuhan Seksual. Fakultas Ilmu Kesehatan UMP.

Levine, GN, Steinke, EE, Bakaeen, FG, Bozkurt, B., Cheitlin, MD, Conti, JB, ... & Stewart, WJ (2012). Aktivitas seksual dan penyakit kardiovaskular: pernyataan ilmiah dari American Heart Association. Sirkulasi , 125 (8), 1058-1072.

Maslow, Abraham H, Motivation and Personality, New York: Longman,1987.

Muara, S. B. A. S. S., & Jambi, B. (2018). PENGALAMAN PASIEN DENGAN CORONARY ARTERY DISEASE (CAD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP DI RUMAH SAKIT JAKARTA HEART CENTRE (JHC). JURNAL KESEHATAN BHAKTI HUSADA, 4(2), 4-4.

Sapto, A. I., (2020). Amankah Penderita Gangguan Jantung Berhubungan Badan.

Saragih, R. E,. (2023). Amankah Berhubungan Intim Setelah Kena Serangan Jantung. Primaya Hospital.

WHO (2021). Cardiovascular diseases (CVDs).

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Komariah, N. ., Sopiah, P. ., & Rosyda, R. . (2023). GAMBARAN AKTIVITAS SEKSUAL PADA PENDERITA JANTUNG KORONER. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 996–1002. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13773

Issue

Section

Articles