ANALISIS MANAJEMEN INPUT UPAYA PENCAPAIAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE PESERTA JKN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2020

Authors

  • Donal Ortega Program Studi Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas
  • Yuniar Lestari Program Studi Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas
  • Edison Edison Program Studi Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i1.1377

Keywords:

BPJS Kesehatan, JKN, UHC

Abstract

Universal Health Coverage (UHC) merupakan isu penting bagi Indonesia. Pada tahun 2005 Indonesia menyetujui sebuah resolusi, agar Negara mengembangkan sistem pembiayaan kesehatan secara UHC yaitu kepesertaan dan akses mutu pelayanannya mencakup seluruh penduduk di Negara tersebut. Berdasarkan wawancara awal dengan kepala Unit BPJS Kab. Pesisir Selatan, bahwa dari tahun 2017 BPJS Kesehatan sudah melakukan upaya dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama mendorong tercapainya target UHC, namun upaya tersebut belum mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen input dalam upaya yang dilakukan Kab. Pesisir Selatan untuk mencapai target UHC kepesertaan JKN tahun 2019. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu melakukan wawancara mendalam pada informan. Studi literatur dengan meggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Kab. Pesisr Selatan pada bulan Juli 2019 hingga September 2020. Informan penelitian adalah Sekda Kab. Pesisir Selatan, Kepala Unit BPJS Kesehatan Kab. Pesisir Selatan, Dinas Kesehatan (Pemegang Program JKN), Dinas Sosial (Program JKN), DPRD Kab. Pesisir Selatan, Disnaker Kab. Pesisir Selatan. Tidak ada kebijakan berpedoman pada Perda terkait Upaya pencapaian target UHC peserta JKN, SDM pelaksana upaya pencapaian UHC sudah memadai dan sudah jelas tugas dan fungsinya, total dana pelaksanaan sudah mencapai batas minimal yaitu 98,4%, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sudah memadai, terdapat SOP pada Puskesmas dan unit P2TP2A namun pada tingkat dinas belum ada SOP pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan UHC sudah mengikuti kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan provinsi namun belum memiliki peraturan daerah yang mengikat komitmen pelaksanaan.

References

Afianti, Y. and Ramawati. (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Riset Keperawatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Afrizal. (2016) Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah upaya Mendukung Pengguanaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Armstrong, M. (2006) Handbook of Human Resource Management Practice 10th editition. London: Kogan Page.

Azwar, A. (2010) Pengantar Adminstrasi Kesehatan. Edisi Ke Tiga. Jakarta: Binarupa Aksara.

BPJS Kesehatan (2014) Pedoman Tata kelola Pelaksanaan BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan (2018) Laporan Pengelolaan Program dan Laporan Keuangan Jaminan Sosial Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan (2018) Modul Strategi Utama Menuju Sukses. Jakarta: Media Internal BPJS Kesehatan.

BPJS kesehatan (2019) Cakupan Kesehatan Semesta menuju 2019. Jakarta: Media Internal BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan (2019) Data Cakupan semesta Kepesertaan JKN. Jakarta: BPJS Kesehatan.

Handoko, TH. (2003) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Joarder, T. and Sarker, M (2014) “Achieving Universal Health Coverage Through Community Empowerment: A Proposition For Bangladeshâ€, Indian Journal Of Community Medicine, 39(3), pp. 129-131.

Notoatmodjo. (2003) MetodePenelitian Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Notoatmodjo. (2014) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Obermann, K. Jowett, M. and Kwon, S (2018) “The Role of National Health Insurance for Achieving UHC in The Philippines: a mixed methods analysisâ€, Global Health Action, 11(1).

Peraturan Direksi BPJS (2017) Peraturan Direksi BPJS Kesehatan Nomor 10 tentang Struktur Organisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.

Permenkes RI (2014) Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Perpres RI (2018) Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Jakarta: Peraturan Presiden Republik Indonesia.

Putri, AE. (2014) Paham 9 Prinsip SJSN Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: friedrich-ebert-stiftung.

Sugiyono. (2012) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yogyakarta: Alfabeta

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, F. F. (2014) “Universal health coverage in Indonesia - the forgotten preventionâ€, Medical Journal of Indonesia, 23(3), pp. 125-6.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Ortega, D., Lestari, Y., & Edison, E. (2023). ANALISIS MANAJEMEN INPUT UPAYA PENCAPAIAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE PESERTA JKN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2020. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(1), 146–157. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i1.1377

Issue

Section

Articles