PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA–B (SLB-B) DAMAI GMIM TOMOHON

Authors

  • Cicilia Meyfree Karamoy Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi
  • Arthur E. Mongan Fakultas Kedokteran, Universitas Sam Ratulangi
  • Dina Victoria Rombot Fakultas Kedokteran, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13759

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Tunarungu

Abstract

Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Luar Biasa masih tertinggal jauh dibandingkan dengan sekolah-sekolah reguler. Masih banyak SLB yang belum menerapkan PHBS kepada warga sekolahnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan mencuci tangan, personal hygiene, membuang sampah dan membersihkan toilet pada siswa. Dengan penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-postest. Penelitian dilaksanakan pada Januari-Februari 2023. Responden sebanyak 48. Variabel yang diteliti yaitu tindakan mencuci tangan dengan sabun, personal hygiene, membuang sampah dan membersihkan toilet. Perlakuan yang diberikan yaitu promosi kesehatan. Data yang diperoleh dianalisis secara univariat. Uji pengaruh menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji statistik diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan mencuci tangan responden. Pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan personal hygiene responden diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan personal hygiene responden. Pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan membuang sampah responden diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan membuang sampah responden. Pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan membersihkan toilet responden diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh promosi kesehatan terhadap tindakan membersihkan toilet responden. Perlu dilakukan upaya promosi kesehatan yang dilakukan secara berkala sehingga tercipta PHBS dari siswa yang lebih baik.

References

Abdussamad Z, Rosita E, Alfianto A. G. (2021). Promosi Kesehatan Program Inovasi dan Penerapan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Abidah, Y. N., & Huda, A. (2018). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah luar biasa. Jurnal Ortopedagogia, 4(2), 87-93.

Ahmad, A. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Anak Tunagrahita Di Slb Negeri I Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Aisyah, R. M., & Sartinah, E. P. (2018). Strategi Pemodelan Bermedia Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Tunarungu Kelas 2 di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).

Andayani, R. (2016). Metode drill bermedia Flash Card dalam peningkatan pengetahuan cuci tangan pakai sabun Tunagrahita. JHE (Journal of Health Education), 1(1).

Astuti, D.N.Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi RAFT Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kretek. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Basri K.S. (2022). Edukasi Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di SDN 2 Penganjang. Jurnal Keperawatan, 1(1). 44-53

Damayanti, P. A. (2015). Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) di kota semarang dengan penekanan desain universal. Canopy: Journal of Architecture, 4(2).

Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13-13.

Dermawan, O. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.

Dewi, T. K., & Nurwanti, W. (2017). Pengaruh Pembinaan PHBS terhadap Pengetahuan dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Tunanetra SLB Se-Kota Tasikmalaya Tahun 2017. Actual Research Science Academic, 2(2), 1-6.

Dwi, G. S. (2018). Penerapan Media Mozaik Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengenakan Pakaian Berkancing Pada Anak Tunagrahita Sedang (Undergraduate Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia).

Efendi F, Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Fatimah S. (2012). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktek PHBS siswa kelas 4 dan 5 SDN Kembaran Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012.

Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 21(1), 62-72.

Haryuni, S., & Sulistyawati, W. (2017). Perbedaan Efektifitas Metode Pendidikan Kesehatan Basic Life Support (BLS) Audiovisual Dengan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Life Saving Pada Mahasiswa Ilmu Keperawatan FIK Universitas Kadiri. Journal of Nursing Care and Biomoleculer, 2(1), 31-35.

Hasyim, H., Purnomo, M. E., Adhitya, B. B., Fajar, N. A., & Cahyono, H. (2021). Community Empowerment To Improve Clean And Healthy Living Behavior [Chlb]: An Action Research. International Journal Of Community Service (IJCS), 1(3), 358-364.

Herawati, C., Kristanti, I., Selviana, M., & Novita, T. (2019). Peran promosi kesehatan terhadap perbaikan pengetahuan, sikap, dan perilaku membuang sampah pada siswa sekolah menengah atas. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Indra I.M, Cahyaninggrum I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kemis & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Bandung: PT. Luxima Metro Media.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429/MENKES/SK/XII/ 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah. (2006). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Komalasari, W. (2019). Tindakan Personal Hygiene Pada Anak Di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu (PSBGHI) Padang. Ensiklopedia of Journal, 2(1).

Lestari, I. P., & Widyawati, S. A. (2020). Peningkatan Kemandirian Hygiene Personal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 2(1).

Mas’udi, A. (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audio Visual terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Mobilisasi Dini Pada Pasien Paska Operasi Apendiktomi di Ruang Bedah Rumkital Dr. Ramelan. Skripsi Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga, Surabaya.

Masitoh, A. R., & Tiara, N. (2017). Pengaruh Psikoedukasi Keluarga Terhadap Kemampuan Perawtan Kebersihan Diri Pada Anak Retardasi Mental Di SDLB Purwosari Kudus Tahun 2015. Indonesia Jurnal Perawat, 2(1), 50-56.

Mubarak, I. (2011). Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: PT. Salemba Medika.

Mukarommah, I. A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Flashcard Terhadap Keterampilan Toilet Training Pada Anak Retardasi Mental Di Slb C Setya Darma Surakarta (Undergraduate Thesis, STIKes Kusuma Husada Surakarta).

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru.

Muslimah D.D., Utami R.D.P, dan Mustikarani I.K. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Flashcard “Menjaga Kebersihan Diriku” Terhadap Keterampilan Personal Hygiene Pada Anak Tunagrahita Di SLB C Setya Darma Surakarta (Undergraduate Thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta).

Mustikawati, I. S., Puspitaloka, E., & Abna, I. M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Upaya Promosi Kesehatan Di Sekolah. Jurnal Abdimas.7(3). 228- 235

Muzdalia I, darmawan S, dkk. (2022). Belajar Promosi Kesehatan. Bandung: Eksismedia Grafisindo.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2019). Promosi kesehatan teori & aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Nugraheni H, Indrajo S, Suhat. (2018). Buku ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Deepublisher.

Nurhajati, N. (2015). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat Desa Samir dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Publiciana, 8(1), 107-126.

Nurjannah, A. (2012). Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar Negeri Jatinangor. Students e-Journal, 1(1), 31.

Nurmala, I. (2020). Promosi kesehatan. Airlangga University Press.

Pariyana, Liberty I. A, Roflin E. (2021). Populasi Sempel Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2269/MENKES/ PER/XI/2011 tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (2011). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Perempuan, K. P. (2013(. Panduan penanganan anak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Kementrian Perlindungan Anak dan Perempuan: Jakarta.

Pertiwi, W. E., & Nasiatin, T. (2021). Availability of Facilities to Encourage Clean and Healthy Living Behavior. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 466-472.

Prasetia I, (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. Medan: UMSU Press.

Pratita A. T. K, Tuslinah L. Aprilia A. Y. (2022). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dilingkungan Sekolah. Jakarta: Rumah Cemerlang Indonesia.

Pusat Promosi Kesehatan. (2011). PHBS di Sekolah. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Rahmawati, A. (2017). Implementasi Senam Pagi dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Mampu Didik di SMPLB Putra Jaya Malang. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Rizky, M. A. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan media audio visual terhadap kemampuan cuci tangan anak tunagrahita di SLB-C YPLB Kota Blitar (Doctoral dissertation, STIKes Patria Husada Blitar).

Satriana, A., Yunus, M., & Fatmawati, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Melalui Media Flash Card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).

Siregar, A. D. N. (2019). Sekolah Luar Biasa Bagi Anak Luar Biasa.

Sitanggang Gusar, M. R. (2020). Clean and Healthy Lifestyle Behavior (PHBS Program) for Children with Intellectual Disability.

Sodik A & Siyoto S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi media Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.

Susiani, A. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Drill Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Cuci Tangan Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Pahlawan Kabupaten Indramayu. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(11), 29-44.

Suwanti, I., & Aprilin, H. (2017). Studi Korelasi Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Penularan Hepatitis Dengan Perilaku Cuci Tangan. Jurnal Keperawatan, 10(2), 13-13.

Vionalita, G., & Kusumaningtiar, D. (2017). Knowledge of Clean and Healthy Behavior and Quality of Life among School-Children. In Health Science International Conference (HSIC 2017) (pp. 431-436). Atlantis Press.

Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152-161.

Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47-58.

Widyaningrum, R., Sitaresmi, M. N., & Lusmilasari, L. (2016). Evaluasi program trias usaha kesehatan sekolah dan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah luar biasa Bantul. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(9), 309-316.

Zakaria, A., & Nurmayunita, H. (2022). Pengaruh Pemberian Video Tutorial 6 Langkah Cuci Tangan Terhadap Kemampuan dan Penggunaan Peralatan Cuci Tangan Pada Siswa SLBN Pembina Nasional Bagian

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Karamoy, C. M., Mongan, A. E., & Rombot, D. V. (2023). PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA–B (SLB-B) DAMAI GMIM TOMOHON. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 1089–1105. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13759

Issue

Section

Articles