HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13704Keywords:
Efikasi Diri, Mahasiswa Kedokteran, Motivasi BelajarAbstract
Mahasiswa kedokteran hidup dalam lingkungan yang kompetitif dan mengharuskan mahasiswa untuk menguasai banyak materi dalam waktu singkat, hal tersebut terkadang mengakibatkan tekanan dan beban bagi mahasiswa, sehingga dibutukan kemampuan afektif salah satunya adalah efikasi diri. Efikasi diri dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, salah satunya dipengaruhi oleh motivasi belajar. Mengetahui hubungan motivasi belajar dengan tingkat efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Sarjana Universitas Malahayati angkatan 2019-2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan survey analitik, menggunakan metode cross sectional, alat ukur kuesioner MLSQ dan GSES, serta pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling. Didapatkan hasil penelitian dari responden sebanyak 228 mahasiswa dengan tingkat efikasi diri terbanyak dalam kategori tinggi berjumlah 197 mahasiswa (86,4%) dan tingkat efikasi diri terbanyak pada kategori tinggi berjumlah 128 mahasiswa (56,1%). Analisis statistik menggunakan uji spearman menunjukan p=value sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,506. Terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar dengan tingkat efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Sarjana Universitas Malahayati angkatan 2019-2022.References
Afriani, M., Suhendri, & Venty. (2022). Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kalimanah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy?: The Exercise of Control. W. H Freeman and Company.
Duarsa, H. A. P., Oktafany, & Angraini, D. I. (2019). Hubungan efikasi diri dengan tingkat kecemasan mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun 2018. Medula, 10, 1–61.
Feist, J., & Feist, G. J. (2009). Theories of Personality (Seventh Ed). The McGraw-Hill Companies, Inc.
Fikriyani, N., Lestari, S. M. P., Fitriani, D., & Utari, E. M. (2020). Hubungan efikasi diri dan kecemasan dengan motivasi belajar pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.413
Jaya, R. D. (2021). Korelasi efikasi diri dengan motivasi belajar mahasiswa pelaksanaan kuliah daring. Publikasi Ilmiah.
Mardiana, Oviyanti, F., & Anggara, B. (2021). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA PERSATUAN PEDAMARAN. Jurnal PAI Raden Falah, 3(3), 275–287.
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442
Quraisy, A., & Agus. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 85–91. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5325
Rindu, E. D., & Kurniawan, K. (2021). Hubungan Antara Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Menghadapi Ulangan pada Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(1), 42–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/36305
Sardiman, A. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 34–42. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view/3189/2737
Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609
Uno, H. B. (2022). Teori Motivasi & Pengukurannya?: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Widya, K. S., & Muwakhidah. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa Smp Negeri 1 Waru di masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 68–76. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/122%0Ahttps://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/download/122/108
Yolandita, S. D., & Fauziah, N. (2021). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(3), 234–241. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i3.23078
Zega, Y. (2020). Hubungan self efficacy terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran matematika. Didaktik, 14(1), 2410–2416. https://ojs.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/69
Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ajeng Ishelina Susilo, Sri Maria Puji Lestari, Esteria Marhayuni, Tessa Sjahriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).