FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN INSTALASI GAWAT DARURAT RSU GMIM KALOORAN AMURANG PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Noviano B. Repi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi
  • Novie H. Rampengan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi
  • Windy M. V. Wariki Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.13343

Keywords:

Kepuasan pasien, Instalasi gawat darurat (IGD), Faktor faktor

Abstract

Di era globalisasi kepuasan pasien merupakan indicator penting rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat ketika membutuhkan pengobatan dan sebagai cerminan kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di IGD serta faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Penelitian ini melibatkan 100 sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Dalam mengukur hubungan variabel digunakan analis uji chi square. Variabel bebas penelitian ini adalah responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability. Variabel terikat penelitian ini adalah kepuasan pasien. Data hasil penelitian di analisis secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan tipe perawatan pasien rawat inap dari IGD sebesar 68% sedangkan rawat jalan sebesar 32%. Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (64%). Umur responden paling banyak pada range 26-35 tahun (32%). Tingkat pendidikan responden terbanyak SMA (50%) dan pekerjaan responden mayoritas IRT (32%). Hasil uji Chi-square didapatkan hubungan responsiveness dengan kepuasan p=0,000. Hubungan assurance dengan kepuasan didapatkan p=0,002. Hubungan tangible dengan kepuasan didapatkan p=0,001. Hubungan empathy dengan kepuasan didapatkan p=0,000. Hubungan reliability dengan kepuasan didapatkan p=0,000. Hasil uji regresi  menunjukkan semua variabel memiliki nilai p > 0,05. Terdapat tiga variable yang paling berpengaruh yaitu empathy, responsiveness dan reliability. Kesimpulan, terdapat hubungan antara faktor responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability dengan kepuasan pasien IGD RS GMIM Kalooran Amurang. Oleh karena itu diharapkan Rumah Sakit dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanan khusunya empathy/sikap peduli oleh dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya yang bekerja di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang.

References

Akhiral, Fitriana. 2020. ‘Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien’. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Amal, Yusuf, Juwita, Zulfikar. 2022. ‘Analisis Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat di Masa Pandemi COVID-19’. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forike. Vol.14. No.1

Ani Septiani. 2016. Pengaruh factor factor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi gawat darurat RSUD Kabupaten sumedang.

Badan Pusat Statistik. 2023. ‘Statistik Pendidikan’. Vol.12, Hal 162

Bambela, Temesvari. 2021. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit : Literature Review’. Journal of Hospital Management, Vol.4, No.2

Catur I.K. 2013. Analisis Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan.

Chriswardani S, Dharminto. 2006. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Vol 09. Nomor.4 Halaman 177-184.

Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2020 . Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

F.Irma Karina, Adisaputro, Putu, 2023. ‘Kepuasan pasien terhadap pelayanan UGD RS Harpan Pada Masa Covid-19’. The Journal of Hospital Accreditation, Vol. 05, Edisi 1, hal 18-25

Fitri, Juliana. 2021. ‘Analisis Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pelayanan Gawat Darurat Pada Masa New Normal COVID-19 di IGD RSUP DR. M Djamil Padang. Thesis. E-skripsi Universitas Andalas

Harahap, Zulfendri, Silitonga, Brahmana & Siagan. 2022. ‘Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Covid 19 di IGD Rumah Sakit Murni Teguh’. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.6, Nomor 2

Hizkia, Sitepu, Siahaan. 2023. ‘Gambaran kepuasan pasien dalam pelayanan kesehata di instalasi gawat darurat puskesmas padang bulan medan tahun 2023’. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. Vol. 3, No.5

Karina, Adisaputro, Putu. 2022. ‘Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan UGD RS Harapan Pada Masa COVID-19’. The Journal of Hospital Accreditation. Vol.05, Edisi 1

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2011

Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 17 Tahun 2023 Tentang Penetapan Berakhirnya Statu Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia

Korengkeng L, Lainsamputty F. 2022. ‘Karakteristik Pasien dan Hubungannya Dengan Kepuasan Terhadap Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat’. Journal of Nursing Sciences, Vol.11, No.1.

Kuntoadi B, Sari E. 2018. Tinjauan ketidakpuasan pasien lama terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di RS Menteng mitra afia. Medicordhif Vol 5/No.1/2018.

Manurung, Nababan, Sembiring. 2022.‘Analsisi Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan Tahun 2019)’. Excellent Midwifery Journal. Vol.5, No.2.

Muhyiddin. 2020. COVID-19,New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning Vol IV No.2 Juni 2020.

Noviyanti . 2020. Faktor pelayanan yang profesional terhadap kepuasan pasien. Cetakan pertama. Pasuruan Jawa Timur. CV. Qiara Media.

Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorak Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI 2020

Pedoman Pelayanan Instalasi Gawat Darurat RSUD Prof Dr. Marjono Soekoyo Purbalingga Tahun 2019

Peratiwi, Ithing, Rahayu & Ambariani. 2021. ‘ Hubungan Empati Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Sri Pamela Tebing Tinggi’. Kesehatan Kebidanan, Vol.X, No.2

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1045 Tahun 2006 Tentang Pedoman Organisasi di Rumah Sakit di Lingkungan Departemen Kesehatan.

Prasetya J. A. 2017.”Hubungan Respon Time Dengan Kepuasan Pasien Di IGD RS Tingkat IV Madiun.” Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun.

Ramadhan, Meitasari, 2023, ‘Kajian Tingkat Pendidiakn Terhadap Kualitas Hidup Masyarakat’ , Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, Vol.8, No.2

Rikayoni. 2020. Gambaran T ingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Ruangan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang Tahun 2019. MENARA Ilmu Vol.XIV. No.01 Oktober 2020.

Rochana, Djogotuga. ‘Kepuasan Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Kupang .2020. Journal of Holistic Nursing and Health Science, Vol.3, No.2.

Rosalia , Purnawati. 2018. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar’. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.7, No.5

Ruditya, Chalidyanto. 2015. ‘Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan’. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Vol.3, No.2

Sriyono. 2015. ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Masyarakat Tentang Ikan Berformalin Terhadap Kesehatan Masyarakat’. Faktor Exacta, Vol.8, No.1

Sukino, 2022. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan perawatan pada masa pandemic covid 19 di instalasi gawat darurat rumah sakit umum daerah Dr. Moewardi

Syaptiah, Listianingsih, Maharina. 2022. ‘Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Ciliilin’. Jurnal Kesehatan “Love That Renewed”, Vol.10, No.1

Tias A. T.2016. Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan pada RSU Siti Hajar Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, Vol 5, No.2.

Undang Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan.

Wan Ragib A. M. 2015. Perancangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas C Non-Pendidikan di kota tanjung balai

Wiyono, Sulastri, Dewi. 2016. ‘ Gambaran tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan di instalasi gawat darurat rumah sakit umum daerah sukoharjo’. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Repi, N. B. ., Rampengan, N. H. ., & Wariki, W. M. V. . (2024). FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN INSTALASI GAWAT DARURAT RSU GMIM KALOORAN AMURANG PASCA PANDEMI COVID-19. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 2753–2765. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.13343