KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-PPGBM BERDASARKAN MODEL KESUKSESAN DELONE -MCLEAN

Authors

  • Masayu Meidiawani Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Univesitas Sriwijaya, Indonesia
  • Misnaniarti Misnaniarti Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Univesitas Sriwijaya, Indonesia
  • Rizma Adlia Syakurah Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Univesitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i1.1323

Keywords:

Aplikasi status gizi, Model Kesuksesan DeLone dan McLean

Abstract

Pendahuluan: Indonesia sampai saat ini masih menghadapi permasalahan gizi. Tiga beban malnutrisi yang dihadapi saat ini meliputi gizi kurang, kelaparan terselubung, dan berat badan berlebih. Hal ini mengancam kelangsungan hidup, tumbuh kembang anak, dan perkembangan bangsa. Untuk mengatasi permasalahan gizi tersebut diperlukan ketersediaan data anak balita yang akurat, lengkap dengan nama dan alamat sehingga dapat susun kebijakan intervensi yang tepat sasaran. Kondisi inilah yang mendrong Kementerian Kesehatan RI mengembangkan sistem informasi aplikasi Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyakarat (e-PPGBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kualitas sistem dengan kepuasan pengguna Aplikasi Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini seluruh petugas gizi Puskesmas Sekota Palembang yang mengelola Aplikasi e-PPGBM. Waktu pengumpulan data dilakukan di bulan Oktober 2020. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan responden 51 orang. Sampel penelitian merupakan total populasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem baik (54,9%) dan kepuasan pengguna Aplikasi e-PPGBM sebesar 66,7%. Analisa bivariat menunjukkan bahwa kualitas sistem berhubungan dengan kepuasan pengguna (p-value = 0,004). Simpulan: Kementerian Kesehatan harus melakukan upaya peningkatan kualitas sistem sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna pada penggunaan aplikasi e-PPGBM.

References

Bailey, J. E. and Pearson, S. W. (1983) ‘Development Of A Tool For Measuring And Analyzing Computer User Satisfaction’, Management Science, 29(5), pp. 530–545.

Brown, I. and Jayakody, R. (2008) ‘B2C e-Commerce Success: a Test and Validation of a Revised Conceptual Model’, The Electronic Journal Information Systems Evaluation, 11(3), pp. 167–184.

Budiyanto (2009) Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Model DeLone Dan McLean ( Studi Kasus Implementasi Billing System Di RSUD Kabupaten Sragen ), Program Studi Magister Akuntansi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Choi, W. et al. (2013) ‘Information System Success Model for Customer Relationship Management System in Health Promotion Centers’, Healthcare Informatics Research, 19(2), pp. 110–120. doi: 10.4258/hir.2013.19.2.110.

Floropoulos, J. et al. (2010) ‘Measuring the success of the Greek Taxation Information System’, International Journal of Information Management, 30(1), pp. 47–56. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2009.03.013.

Guimaraes, T., Staples, D. S. and Mckeen, J. D. (2003) ‘Empirically Testing Some Main User-Related Factors for Systems Development Quality’, Quality Management Journal, 10(4), pp. 39–50. doi: 10.1080/10686967.2003.11919083.

Kementerian Kesehatan RI (2018) ‘Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS)’, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, pp. 1–220. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Kementerian Kesehatan RI (2019) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Teknis Surveilans Gizi’. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, p. 81.

Noorani (2019) Status Anak Dunia 2019 | UNICEF Indonesia, UNICEF. UNICEF Indonesia. Available at: https://www.unicef.org/indonesia/id/status-anak-dunia-2019.

Sastroasmoro, S. and Ismael, S. (2011) Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. 4th edn. Jakarta: Sagung Seto.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Meidiawani, M., Misnaniarti, M., & Syakurah, R. A. (2023). KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-PPGBM BERDASARKAN MODEL KESUKSESAN DELONE -MCLEAN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(1), 96–102. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i1.1323

Issue

Section

Articles