PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU DALAM MENANGANI KEJADIAN TERSEDAK PADA BAYI DI POSYANDU
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13030Keywords:
Keterampilan, Pengaruh media video, Pengetahuan, TersedakAbstract
Tersedak merupakan keadaan gawat darurat dimana terjadi penyumbatan saluran jalan nafas yang diakibatkan benda asing baik secara total atau sebagian. Penggunaan media video sebagai proses pembelajaran sangat cepat dan mudah diingat karena dalam pemberiannya responden tidak hanya mendengar materi tetapi juga melihat secara langsung melalui video. Mengetahui pengaruh media video terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam menangani bayi tersedak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimen pendekatan one group pre test post test. Sampel yang diteliti sebanyak 54 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Instrument penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini didapatkan nilai pengetahuan sebelum diberikan edukasi min 8 max 20, setelah diberi edukasi nilai min 14 max 21, nilai keterampilan sebelum edukasi min 3 max 5, setelah diberi edukasi min 5 max 11. Hasil P-value 0.01 < 0.05 yang artinya Ho ditolak sehingga ada pengaruh media video terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam menangani tersedak pada bayi. Terdapat pengaruh pemberian edukasi menggunakan media video terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam menangani kejadian bayi tersedak.References
Ardinasari Eiyta. (2016). Buku Pintar Mencegah dan Mengobati Penyakit Bayi dan Anak. Zikrul Hakim Bestari.
Arif Mansur Rohman & Marmi. (2022). Manajemen Anak Tersedak. Penerbit Adab.
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655.
Anggraini, S. A., Siregar, S., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Ibu Hamil Tentang Pencegahan Stunting Di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(1), 26–31.
Chang, D. T., Abdo, K., Bhatt, J. M., Huoh, K. C., Pham, N. S., & Ahuja, G. S. (2021). Persistence of choking injuries in children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 144(March), 110685.
Fano, C., Lorenzoni, G., Azzolina, D., Giuliani, A., French, M., Campagna, S., Berchialla, P., & Gregori, D. (2019). Perception of Choking Injury Risk Among Healthcare Students. Journal of Community Health, 44(5), 974–981.
Fitriani, A., & Purwaningtyas, D. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu dalam Pengukuran Antropometri di Kelurahan Cilandak Barat Jakarta Selatan. Jurnal SOLMA, 9(2), 367–378.
Intaha, A. M., Saputra, Y. M., & Mulyana, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Poster dan Video Terhadap Penguasaan Keterampilan Pencak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 145–153.
Jevon, P. (2019). Management of choking in the dental practice. British Dental Journal, 226(3), 183–187.
Kamal, A. P. H. A. (2021). Pengetahuan Ibu Tentang Pertolongan Pertama Tersedak Anak JIM FKep Volume V No . 2 2021. V(2), 81–87.
Khodijah, K., Irawan, D., & ... (2021). Training of Choking First-Aid for Toddlers Affecting Mothers’Knowledge Level At Integrated Healthcare Center. Siklus: Journal …, 10(2), 73–77.
Margareta Sheylla Septina, & Ely, I. (2019). Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Orang Tua Dalam Penanganan Tersedak Pada Bayi. 8(July 2020), 44–60.
Maria, Y., & Deran, M. K. (2021). Literatur Review?: Edukasi Penanganan Tersedak pada Anak. Bima Nursing Journal, 2(2), 82–89.
Mira Utami Ningsih, B. K. K. Y. (2020). Peningkatan Keterampilan Ibu Dalam Penanganan Tersedak Pada Bayi Dan Anak. Journal Pengamas Kesehatan Masambo, 1(2), 95–102.
Mulyani, I., & Fitriana, N. F. (2020). Pengaruh Pemberian Edukasi Menggunakan Audio Visual (Video) pada Ibu terhadap Pengetahuan Penanganan Tersedak Balita. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(2), 87–93.
Nurjannah, M., & Astuti, Z. (2021). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pertolongan Tersedak di Masyarakat. Jurnal Kesehatan, 11(2), 146–154.
Rahayu, S. F., & Anggeriyane, E. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Anak Tersedak (Choking) di Madrasah Ibtidaiyah Al Furqan Muhammadiyah Cabang 3 Banjarmasin (Vol. 20, Issue 1, pp. 105–123).
Rasman, R., Setioputro, B., & Yunanto, R. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak Pada Balita Dengan Media Audio Visual Terhadap Self Efficacy Ibu Balita. Junal Ners, 6(37), 31–39.
Rizqiea, N. S., & Utami, R. D. P. (2020). Edukasi Dengan Metode Audiovisual Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Kader Mengenai Bahaya Tersedak Pada Bayi. Jurnalempathy.Com, 1(2), 96–101.
Sari, R. R., Ekacahyaningtyas, M., & Sulistyani, ririn afrian. (2021). Pengaruh Pemberian Video Animasi dan Simulasi Terhadap Praktik Penanganan Tersedak Pada Balita Di Posyandu Dusun Pandeyan. 29, 1–11.
Suartini, E., & Supardi, K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak Dengan Mobile Aplication Dan Phantom Pada Orang Tua Di Tk Taman Sukaria Terhadap Kemampuan Keluarga. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 411–422.
Supliyani, E., & Djamilus, F. (2021). Efektifitas Media Video Tutorial Penatalaksanaan Asi Ekslusif Terhadap Keterampilan Ibu Dalam Menyusui. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 13(1), 143–151.
Yayang, H. (2020). Tingkat Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Ibu yang memiliki Balita di Perumahan Graha Sedayu Sejahtera. Jurnal Keperawatan, 12(3), 162–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Esti Meilani, Nurul Fatwati Fitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).