GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PRENATAL YOGA DI PRAKTEK MANDIRI BIDAN SILVIA NOVA SARI, AMd.Keb

Authors

  • Novria Hesti Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Dewi Susilawati Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, STIKes MERCUBAKTIJAYA PadanG
  • Nur Fadjri Nilakesuma Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12882

Keywords:

ibu hamil, prenatal yoga, tingkat pengetahuan

Abstract

Salah satu olahraga yang bermanfaat dan aman untuk kesehatan ibu dan janin adalah prenatal yoga. Prenatal yoga merupakan bagian dari terapi non farmakologis yang dapat mengatasi ketidakyamanan baik fisik maupun psikolgis selama kehamilan dan juga untuk persiapan menghadapi persalinan. Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu hamil tentang prenatal yoga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan Juni – Oktober 2021. Populasi penelitian ini seluruh ibu hamil yang berada di wilayah kerja PMB Silvia Nova Sari, Amd.Keb. Sampel penelitian ini adalah ibu hamil yang datang berkunjung ke PMB Silvia Nova Sari, Amd.Keb. Data kuantitatif didapatkan dengan pengisian kuesioner.  Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat. Lebih dari separoh ibu hamil memiliki pengetahuan yang rendah tentang prenatal yoga, secara khusus didapatkan lebih separuh dari ibu hamil memiliki  tingkat pengetahuan rendah tentang pengertian prenatal yoga, manfaat prenatal yoga, prinsip prenatal yoga, persiapan prenatal yoga, kontraindikasi prenatal yoga, teknik prenatal yoga, dan syarat prenatal yoga. Diharapkan bagi Bidan dan tenaga kesehatan untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang kegiatan prenatal yoga melalui kegiatan penyuluhan di tempat pelayan kesehatan/Praktek Mandiri Bidan dan klinik bersalin serta pemberian leaflet atau video tentang materi prenatal yoga dan memfasilitasi kegiatan prenatal yoga melalui kelas ibu hamil.

References

Ashari, d. (2019). Pengaruh Senam Prenatal Yoga terhadap Penurunan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. JURNAL MKMI.

Dinkes, K. P. (2020). Profil Kesehatan Kota Padang. Padang: Dinkes Kota Padang.

Irianti, d. (2015). Asuhan Kehamilan Berbasis Bukti. Jakarta: TIM.

Kemenkes, R. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas dan Bayi Baru Lahir di Era Adaptasi Baru. Jakarta: Kemenkes,RI.

Manuaba. (2012). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta: EGC.

Notoadmodjo, s. (2007). Promosi Kesehatan

Pratignyo, T. (2014). Yoga Ibu Hamil Plus PostNatal Yoga. Jakarta: Pustaka Bunda.

Rafika. (2018). Efektivitas prenatal Yoga Terhadap Prngurangan Keluhan Fisik pada ibu hamil Trimester III. Jurnal Kesehatan, 86-92.

Rahmadani , R., & Utami, F. S. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapan persalinan di puskesmas Banguntapan II Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Rusmita, E. (2015). Pengaruh Senam Hamil Yoga Terhadap Kesiapan Ibu Hamil menghadapi Persalinan di RSIA Limijati Bnadung. Jurnal Keperawaan BSI, 80-86.

Setyani, R. A. (2018). Pengetahuan Ibu Hamil tentang Prenatal Yoga Exeecise di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ar-Rum Salatiga, 1-7.

Walyani, E. S. (2015). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru.

WHO. (2018). Maternal Mortality. WHO.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Hesti, N., Susilawati, D. ., & Nilakesuma, N. F. . (2023). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PRENATAL YOGA DI PRAKTEK MANDIRI BIDAN SILVIA NOVA SARI, AMd.Keb. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 748 – 755. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12882

Issue

Section

Articles