HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS PADA PASIEN DI PUSKESMAS BAHU

Authors

  • Ledis Defriantari Masuara Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Wulan P. J. Kaunang Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Eva M. Mantjoro Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12878

Keywords:

Pola Makan, Kejadian Gastritis

Abstract

Gastritis merupakan salah satu penyakit di Indonesia yang masih memiliki prevalensi yang tinggi sehingga sampai saat ini kejadian gastritis masih menjadi salah satu masalah penyakit terbesar di  Indonesia. Kejadian gastritis di Indonesia dapat menyerang semua lapisan masyarakat dari semua lapisan umur. Kejadian penyakit gastritis meningkat sejak 5 sampai 6 tahun ini dan bisa menyerang semua jenis kelamin karena pola makan yang buruk dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok. Umumnya penyakit gastritis ini lebih menyerang kepada usia remaja sampai dewasa sehingga butuh perawatan khusus karena akan mengganggu masa tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pola makan dengan kejadian gastritis pada pasien di Puskesmas Bahu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan desain potong lintang (cross sectional) pada bulan juli hingga november 2022 dengan total sampel 85 pasien di Puskesmas Bahu. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner dan data sekunder yang bersumber dari diagnosa dokter, cara pengukuran variabel menggunakan total sampling dan untuk analisis yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian pada pasien dengan pola makan kategori baik berjumlah 35 (41,2) dan kategori kurang berjumlah 50 (58,8). Kejadian gastritis pada pasien dengan kategori akut berjumlah 39 (45,9) dan kronis berjumlah 46 (54,1) dengan hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat hubungan antara pola makan dengan kejadian gastritis dengan p value = <0,000.

References

Gustin, R. K (2011). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Gastritis Pada Pasien Yang Berobat Jalan Di Puskesmas Gulai Bancah Kota Bukittinggi Tahun 2011”. Jurnal Penelitian

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, (2010). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009. Cetakan 1. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Lembong. E Kurniati. D Utama. G. L (2019). “Correlation Between Students Diet Towards Gastritis in Faculty of Agricultural Industrial Technology of Padjadjaran University”. Scientific Papers Series Management, Economic Engineering in Agriculture and Rural Development. Vol. 19. Issue. 3.

Rantung, E. P Kaunang, W.P.J Malonda, N.S.H (2019). “Faktor-faktor yang Memengaruhi Kejadian Gastritis di Puskesmas Ranotana Weru Kota Manado”. Jurnal e-Biomedik (eBm). Vol. 7. No. 2.

Smeltzer, S. C Bare, B. G (2002). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8. Jakarta ECG.

Sinapoy, I. W. Jaya, E. F. P. Putri, L. A. R (2021). “Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Gastritis pada Bagian Perlengkapan Rumah Tangga dan Protokoler Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara”. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan. Vol. 2. No. 1.

Shalahuddin. I Rosidin. U (2018). “Hubungan Pola Makan dengan Gastritis pada Remaja di Sekolah Menengah Kejuruan YBKP3 Garut”. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada. Vol. 18. No. 1.

Suwindri. Tiranda, Y. Ningrum, W. A. C (2021). “Faktor Penyebab Kejadian Gastiris di Indonesia: Literature Review”. Jurnal Keperawatan Merdeka (JKM). Vol. 1. No. 2.

Sartika. I Rositasari. S Bintoro. W (2020). “Hubungan Pola Makan dan Stres dengan Kejadian Gastritis di Puskesmas Pajang Surakarta”. JIKI. Vol. 13. No. 2.

Sulistyoningsih, H (2011). Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Graha Ilmu. Yogjakarta.

Uwa, L. F, Milwati, S, Sulasmini (2019). “Hubungan antara Stres dan Pola Makan dengan Kejadian Gastritis yang Terjadi di Puskesmas Dinoyo”. Nursing News. Vol. 4. No. 1.

Yatmin. F (2017). ‘Pola Makan Mahasiswa dengan Gastritis yang Terlibat dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Islam Negeri Jakarta’. Skrpsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Masuara, L. D., P. J. Kaunang, W. ., & M. Mantjoro , E. (2023). HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS PADA PASIEN DI PUSKESMAS BAHU. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 1528 – 1533. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12878

Issue

Section

Articles