EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TATALAKSANA DIARE PADA BALITA DI KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i1.1281Keywords:
Balita, pengetahuan, promosi kesehatan, sikap, tatalaksana diare rumah tanggaAbstract
Pengetahuan dan sikap ibu tentang tatalaksana balita diare di tingkat rumah tangga merupakan faktor predisposisi yang direkomendasikan secara global untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian balita karena diare.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan melalui leaflet, audiovisual, diskusi dan demonstrasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang tatalaksana balita diare di rumah tangga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september-oktober 2020 di Kota Palopo dengan menggunakan quasi-experimental design dengan pendekatan pre-test post-test. Sampel sebanyak 120 responden dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kriteria memiliki balita dengan riwayat diare sebuan terakhir dan bersedia menjadi responden dan selanjutnya dibagi menjadi empat kelompok perlakuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang sudah teruji validitas dan reabilitasnya lalu dianalisis dengan menggunakan uji nonparametrik Wilcoxon, Kruskall Wallis dan Mann-Whitney. Ada perbedaan skor pengetahuan dan sikap yang signifikan sebelum dan setelah intervensi tatalaksana diare balita di rumah tangga dengan menggunakan leaflet, audiovisual, diskusi dan demonstrasi (p<0,05). Berdasarkan perbedaan peningkatan skor pre-test post-test, ada perbedaan peningkatan skor pengetahuan yang signifikan diantara keempat perlakuan (p=0,000). Perbandingan skor pengetahuan antara leaflet vs audiovisual; leaflet vs diskusi; leaflet vs demonstrasi; audiovisual vs diskusi masing-masing berbeda secara bermakna (p<0,05) dengan nilai mean skor paling tinggi pada audiovisual. sedangkan pada perbandingan audiovisual vs demonstrasi (p=0,150) dan diskusi vs demonstrasi (p=0,292) tidak ada perbedaan signifikan. Tidak ada perbedaan signifikan pada peningkatan skor sikap diantara keempat kelompok (p=0,107). Efek promosi kesehatan menggunakan leaflet, audiovisual, diskusi dan demonstrasi dapat meningkatkan pengetahuan responden secara signifikan tetapi tidak signifikan terhadap sikap responden.References
Amare, D., & Mullu, G. (2015). Mothers’ Attitude Towards Childhood Diarrhea Management and Prevention in Under Five Children in Fenote Selam Town, West Gojjam, Amhara, Northwest Ethiopia. Science Journal of Public Health, 3(3), 398–403.
Andarmoyo, S. (2015). Pemberian Pendidikan Kesehatan Melalui Media Leaflet Efektif Dalam Peningkatan Pengetahuan Perilaku Pencegahan Tuberkulosis Paru di Kabupaten Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan; Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan, 6.
Asrina, A. (2019). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Kebersihan Diri. Prosiding Semiar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2, 48–53.
Badan Pusat Statistik Kota Palopo. (2018). Kota Palopo Dalam Angka 2018. BPS Kota Palopo.
Carter, E., Bryce, J., Perin, J., & Newby, H. (2015). Harmful practices in the management of childhood diarrhea in low- and middle-income countries: A systematic review. BMC Public Health, 15(1), 788. https://doi.org/10.1186/s12889-015-2127-1
Conceição, C., Pedro, J., & Martins, M. V. (2017). Effectiveness of a video intervention on fertility knowledge among university students: A randomised pre-test/post-test study. The European Journal of Contraception & Reproductive Health Care, 22(2), 107–113.
Desta, B. K., Assimamaw, N. T., & Ashenafi, T. D. (2017). Knowledge, Practice, and Associated Factors of Home-Based Management of Diarrhea among Caregivers of Children Attending Under-Five Clinic in Fagita Lekoma District, Awi Zone, Amhara Regional State, Northwest Ethiopia, 2016. Nursing Research and Practice, 2017, 1–8. https://doi.org/10.1155/2017/8084548
Djannah, S. N., Sulistyawati, S., Sukesi, T. W., Mulasari, S. A., & Tentama, F. (2020). Audio-visual media to improve sexual-reproduction health knowledge among adolescent. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 138. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20410
J, H., Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video dan Poster terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.31539/jka.v1i1.747
Kemenkes Republik Indonesia. (2011). Panduan Sosialisasi Tatalaksana Diare Balita. Kementerian Kesehatan RI. https://agus34drajat.files.wordpress.com/2010/10/buku-panduan-sosialisasi-tata-laksana-diare-balita-2011.pdf
Kemenkes Republik Indonesia. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/ccount/click.php?id=19
Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Kementerian Kesehatan RI. https://www.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2019.pdf
Mathiazhakan, U. (2016). A Study to Assess The Knowledge, Attitude and Practice of Caregiver of Children Admitted With Diarrhoea at KMCH Hospital Coimbatore. International Journal of Pharmacy and Biological Sciences, 7.
Merali, H. S., Morgan, M. S., & Boonshuyar, C. (2018). Diarrheal knowledge and preventative behaviors among the caregivers of children under 5 years of age on the Tonle Sap Lake, Cambodia. Research and Reports in Tropical Medicine, Volume 9, 35–42. https://doi.org/10.2147/RRTM.S156702
Mulyati, S., & Winancy, W. (2019). Effect of Health Education Demonstration Method and Leaflet Media about Consciousness on Knowledge and Attitude of Hormonal KB Acceptors. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.32668/jitek.v7i1.217
Noviyanti, R. (2020). Pengaruh Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Pencegahan Makrosomia di Puskesmas Siabu Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(1), 61–67.
Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahahannya dengan SPSS. Penerbit Gava Media.
Romlah, S. N., Puspita, R. R., & Ratnasari, D. (2020). Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Mempengaruhi Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 2(1), 118–124.
Rosalia, L. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Penatalaksanaan Awal Diare pada Balita di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta. Digilib2.Unisayogya.Ac.Id. http://digilib2.unisayogya.ac.id/handle/123456789/2268
Safiyanthy, I., Wong, A., & Mukarramah, S. (2018). Gambaran Pengetahuan Ibu Balita Dalam Penanganan Awal Balita Diare di Desa Bone Kec. Bajeng Kab. Gowa Tahun 2017. Jurnal Bidan, 4(01), 1–7.
Shamsideen, S. A. (2016). Impact of audio-visual materials in the dissemination of knowledge for facilitators in some selected literacy centres in Oshodi/Isolo Local Government Area. African Educational Research Journal, 4(1), 19–24.
Siregar, S., Rochadi, K., & Maas, L. T. (2019). The Effect of Audio-Visual Media on adolescents’ Knowledge and attitude Toward Smoking Dangerous at secondary High School 2 Halongonan Subdistrict, Indonesia. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 2(3), 164–171. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v2i3.147
Stauri, S., Rasni, H., & Wantiyah. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Motivasi Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Petani Desa Wringin Telu Kecamatan Puger Kabupaten Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, 4(1), 95–101.
Susilowati, D. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan: Promosi Kesehatan. BPPSDMK Kementerian Kesehatan RI. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Promkes-Komprehensif.pdf
Tindaon, R. L. (2018). Pengaruh Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi (KIE) Melalui Media Leaflet dan Video Terhadap Pengetahuan dan sikap Remaja Tentang Paparan Pornografi di SMP Negeri 1 Sidamanik Kec. Sidamanik Kab. Simalungun Tahun 2016. Jumantik, 3(1), 44–64.
Trifitriana, M., Fadilah, M., & Mulawarman, R. (2020). Effectiveness of Health Promotion Through Audiovisual Media and Lecture Methods on the Level of Knowledge in Elementary School Children About TB Disease. Medicinus, 7(6), 174–183. https://doi.org/10.19166/med.v7i6.2595
Wahyuni, A. S., Amelia, R., Nababan, I. F. F., Pallysater, D., & Lubis, N. K. (2019). The Difference of Educational Effectiveness Using Presentation Slide Method with Video About Prevention of Hypertension on Increasing Knowledge and Attitude in People with the Hypertension Risk in Amplas Health Center. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(20), 3478–3482. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.450
Waryana, W., Sitasari, A., & Febritasanti, D. W. (2019). Intervensi Media Video Berpengaruh pada Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Mencegah Kurang Energi Kronik. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(1), 58–62.
World Health Organization. (2017). Diarrhoeal disease. WHO-Newsroom-Fact Sheet Diarrhoeal Disease. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diarrhoeal-disease
Zain, R. S. M., Primanagara, R., Naldi, Y., & Nurbaiti, N. (2020). The Influence of Giving Information on Diarrhea Management to the Knowledge and Attitude of the Mother Carrying Infants in the Primary Health Care in Sitopeng Cirebon. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019). International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019), Cirebon, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.066
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Musdalifah Musdalifah, Irmayanti A Oka, Marwanty Marwanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).