PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH

Authors

  • Novia Arum Sari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Endiyono Endiyono Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12781

Keywords:

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Buku Pop Up, Anak Usia Sekolah

Abstract

Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) merupakan pertolongan yang dapat dilakukan oleh seseorang yang sedang berada dilokasi kejadian untuk membantu korban sebelum mendapat pertolongan oleh tenaga medis. Pengetahuan dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan pada anak usia sekolah dasar masih kurang sehingga sangat diperlukan supaya anak dapat mengenal P3K sederhana dan dapat  melakukan penanganan terhadap kecelakaan ringan yang terjadi di sekitarnya. Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode  pre eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest without control design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 36 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik responden sebagian besar berusia 11 tahun yaitu sebanyak 21 siswa (58,3%), usia 9 tahun sebanyak 1 siswa (2,8%), usia 10 tahun sebanyak 11 siswa (30,6%), dan usia 12 tahun sebanyak 3 siswa (8,3%). Dan Sebagian besar responden dengan jenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 21 siswa (58,3%) dan perempuan sebanyak 15 siswa (41,7%). Pada penelitian ini menunjukan hasil perbedaan antara nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian sebelum diberikan edukasi yaitu memperoleh nilai rata-rata 7,03, nilai median sebesar 7,00, dengan standar deviasi sebesar 1,630, nilai minimum 3 dan nilai maximum 9. Sedangkan Hasil penelitian setelah dilakukan edukasi nilai rata-ratanya yaitu 8,22, nilai median 8,50, dengan standar deviasi 1,476, nilai minimum 5 dan nilai maximum 10. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukan  nilai 0,000 artinya lebih kecil dari ? = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dengan media buku pop up dapat meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah. Kata Kunci : : Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Buku Pop Up, Anak Usia Sekolah.

References

Akbar, D. (2020). Pengaruh Media Pop-up Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Siswi Di Sekolah Dasar No.19 Limboro Majene. Jurnal Abdi, 2(1), 104–108. 2020

Amarita, D. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VIII Terhadap Pertolongan Pertama Cedera Di Lingkungan SMP Negeri Se-Kecamatan Pajangan Bantul Tahun 2019. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. 2020

Amalia,. I (2018). Effect of Pop Up Book Toward the Knowledge Level of Drug Misused Risk on VIII Grade Students Of Junior High School Of It Subulussalam Samarinda In 2018. Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. 2018

Aprianingsih, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Saka Bkti Husada Kwartir Cabang Banyumas. Skripsi

Cahyaningrum, T. (2011). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas pada siswa SMA Negeri 1 Kartasura. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cristanti & Natadjaja (2016). Untuk Melatih Motorik Halus Bagi Anak Usia 8-12 Tahun. Abstrak Pendahuluan Metode Perancangan.

Damayanti, I (2016) Pengaruh pemberian pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan terhadap pengetahuan penanganan fraktur pada siswa anggota PMR di SMA Negeri 1 Binangun. Skripsi. Stikes Muhammadiyah Gombong.

Desly Ahdi, K. (2013). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Intensi Asi Ekslusif Ibu Hamil di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah

Endiyono, E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Saka Bakti Husada. Medika Respati?: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(2), 83–92. 2020

Hajerah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Tk Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara.

Hidayat (2015). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan sikap dan keterampilan remaja tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Hidayah, A. N (2016). Pengembangan Buku Pop Up bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB). Jogja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Luh Putu.,I.,B. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pop Up Book Untuk Mengenalkan Budaya Osing Di Paud. Universitas Jember. 2020

Maharani.,L.,N. (2020) Efektivitas Media Pop-Up Book dalam Pendidikan Seks bagi Siswa SD Kelas Rendah. Universitas Negeri Yogyakarta. 2020

Norma, 2015. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas IV.

Nurbaeti (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Putri, K.,Q. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. PGSD Universitas PGRI Semarang. 2019

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Sari, N. A. ., & Endiyono, E. (2023). PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 558–561. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12781

Issue

Section

Articles