HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DIET DIABETES DENGAN TINGKAT STRESS MENJALANI DIET PADA PASIEN

Authors

  • Cipta Gulo Prodi D-III Keperawatan Gunungsitoli, Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12538

Keywords:

Diabetes self-management, stress level on diet

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang terjadi saat pankreas tidak menghasilkan cukup insulin. Diabetes Mellitus dapat berhasil dikelola dan dicegah komplikasinya, terutama ketika terdeteksi lebih awal. Penerapan diet merupakan salah satu komponen utama dalam keberhasilan penatalaksanaan diabetes, akan tetapi sering kali menjadi kendala dalam pelayanan diabetes karena dibutuhkan kepatuhan dan motivasi dari pasien itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara self management diet diabetes dengan tingkat stres menjalani diet pada pasien Diabetes Mellitus di RSU Bethesda Kota Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penderita penyakit diabetes mellitus di RSU Bethesda Kota Gunungsitoli sebanyak 423 orang. Jumlah Sampel penelitian sebanyak 106 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah Self Management Diet Diabetes, sedangkan variabel dependennya adalah Tingkat Stress Menjalani Diet pada Pasien Diabetes Mellitus. Alat Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dengan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara self management diabetes dengan tingkat stres menjalani diet pada penderita Diabetes Mellitus dengan nilai p=0,003. Penderita diabetes mudah mengalami stres dalam melaksanakan program diet sehingga cara penanganan yang dilakukan ketika menjalani diet dapat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam mematuhi program diet serta pengendalian kadar gula darah.

References

Azhari, L.N. and S. (2016) ‘Manajemen STres Pasien dengan Ulkus Kaki DIabetikum di RSUD Kota Semarang’.

Carracher AM (2017) ‘International Diabetes Federation’.

Harvey.et.al (2015) ‘Factors influencing the adoption of self management solutions: an interpretive synthesis of the literature on stakeholder experiences’.

IDF (2019) ‘Internasional Diabetes Federation (IDF)’.

Kurnia, A. dan K. (2017) ‘Hubungan Faktor Personal yang Mempengaruhi Hambatan Diet pada Pasien DM Tipe 2.’

Luthfa, I., & Fadhilah, N. (2019) ‘Self Management Menentukan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus’,.

Luthfiani et al (2020) Panduan Konseling Kesehatan dalam Pencegahan Diabetes Melitus. Yogyakarta: Deepublish.

Nash, J. (2014) ‘Stress and Diabetes:The Use Of “Worry Time” As a Way Of Managing Stress.’, Journal Of Diabetes Nursing. [Preprint].

Nasriati, R. (2015) ‘Stress Dan Perilaku Pasien Dm Dalam Mengontrol Kadar Gula Darah.’

Ritonga, E.P. (2021) ‘Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang’, jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), pp. 40–46. Available at: https:// www.wcpt.org/sites/wcpt.org/iles/files/wcptnew/ images/Manajemen Fisioterapi untuk COVID-19 Akut di Rumah Sakit Indonesian. pdf%0Ahttps://www.journals. elsevier.com/journal-of-physiotherapy.

Setyorini, A. (2017) ‘Stres dan Koping pada Pasien Dengan DM Tipe 2 dalam Pelaksanaan Manajemen Diet di Wilayah Puskesmas Banguntapan II Kabupaten Bantul’, Health Sciences and Pharmacy Journal, 1(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.32504/hspj.v1i1.3.

Soelistijo, et, al (2015) ‘Konsensus Pengendalian dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2015’.

Sundari (2018) ‘Penurunan Tingkat Stres Penderita Diabetes Mellitus Yang Menjalani Diet Melalui Diabetes Self-Management

Suprapta (2009) ‘Self Management of Older Thai People with Diabetes Mellitus Tipe 2’’.

Widodo Agus (2012) ‘Stress Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Dalam Melaksanakan Program Diet Di Klinik Penyakit Dalam Rsup Dr Kariadi Semarang’.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Gulo, C. (2023). HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DIET DIABETES DENGAN TINGKAT STRESS MENJALANI DIET PADA PASIEN . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 529–535. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12538

Issue

Section

Articles