PERBEDAAN TINGKAT STRES MAHASISWA BERDASARKAN ANGKATAN DAN GENDER TERHADAP PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Melisa Gozali Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti
  • Goalbertus Goalbertus Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan (IKGM-P), Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12429

Keywords:

stres,, gender, Coronavirus Disease 2019, pembelajaran daring

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberi dampak negatif berupa stres kepada mahasiswa. Stres yang dirasakan ini dapat terjadi akibat pembelajaran daring. Tingkat stres mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring juga bervariasi berdasarkan angkatan dan gender. Terlebih lagi pada mahasiswa kedokteran gigi yang lebih sering ditemukan memiliki tingkat stres yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (S1) FKG Usakti berdasarkan angkatan dan gender terhadap pembelajaran daring saat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari Medical Student Stressor Questionnaire (MSSQ) dengan teknik total sampling. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (S1) FKG Usakti angkatan 2018-2020. Penelitian ini menujukkan bahwa mahasiswa yang mengalami stres ringan sebanyak 52 orang (13,8%), stres sedang sebanyak 174 orang (46%), stres berat sebanyak 143 orang (37,8%), dan stres sangat berat sebanyak 9 orang (2,4%). Berdasarkan angkatan, mayoritas mahasiswa yang mengalami stres sedang adalah mahasiswa angkatan 2019 (52,8%). Berdasarkan gender, tingkat stres sedang yang di alami oleh perempuan (46,4%) sedangkan laki-laki (43,9%). Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji Chi-Square antara variabel tingkat stres dengan tahun angkatan diperoleh p-value=0,085 sedangkan antara variabel tingkat stres dengan gender diperoleh p- value=0,136. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara tingkat stres dengan tahun angkatan dan gender (p-value?0,05).

References

Adryana, N. C., Apriliana, E., Oktaria, D., Kedokteran, F., Lampung, U., Dokter, B. P., Kedokteran, F., Lampung, U., Mikrobiologi, B., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2020). A Comparative Study of Stress Level in The First, Second, And Third Year Students of Medical Faculty of University of Lampung. Majority, 9, 142–149.

Agusmar, A. Y., Vani, A. T., & Wahyuni, S. (2019). Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Health & Medical Journal, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.238

Aji, A. G. H. S. (2020). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stresor Mahasiswa PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim.

Al-Idrus, S. W., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 139–148.

Alhajj, M. N., Khader, Y., Murad, A. H., Celebic, A., Halboub, E., Márquez, J. R., Macizo, C. C., Khan, S., Basnet, B. B., Makzoumé, J. E., de Sousa-Neto, M. D., Camargo, R., Prasad, D. A., Faheemuddin, M., Mir, S., Elkholy, S., Abdullah, A. G., Ibrahim, A. A., Al-Anesi, M. S., & Al-Basmi, A. A. (2018). Perceived sources of stress amongst dental students: A multicountry study. European Journal of Dental Education, 22(4), 258–271. https://doi.org/10.1111/eje.12350

Alidiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi COVID-19. CENDEKIA?: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Astoeti, T. E., Josephine, H., Widyarman, A. S., & Sudhana, W. (2021). Correlation between Dental Environment and Perceived Stress Scale among Dental Students during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 16(3), 154–159. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V16I3.4653

Atif, S., Syed, S. A., Sherazi, U. R., & Rana, S. (2021). Determining the relationship among stress, xerostomia, salivary flow rate, and the quality of life of undergraduate dental students. Journal of Taibah University Medical Sciences, 16(1), 9–15. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2020.10.019

Awoke, M., Mamo, G., Abdu, S., & Terefe, B. (2021). Perceived Stress and Coping Strategies Among Undergraduate Health Science Students of Jimma University Amid the COVID-19 Outbreak. Frontiers in Psychology, 12, 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.639955

Basheti, I. A., Mhaidat, Q. N., & Mhaidat, H. N. (2021). Prevalence of anxiety and depression during COVID-19 pandemic among healthcare students in Jordan and its effect on their learning process. PLOS ONE, 16(4), e0249716. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249716

Eva, E. O., Islam, M. Z., Mosaddek, A. S. M., Rahman, M. F., Rozario, R. J., Iftekhar, A. F. M. H., Ahmed, T. S., Jahan, I., Abubakar, A. R., Dali, W. P. E. W., Razzaque, M. S., Habib, R. Bin, & Haque, M. (2015). Prevalence of stress among medical students: A comparative study between public and private medical schools in Bangladesh. BMC Research Notes, 8(1). https://doi.org/10.1186/s13104-015-1295-5

Filho, C. I. S., de Las Villas Rodrigues, W. C., de Castro, R. B., Marçal, A. A., Pavelqueires, S., Takano, L., de Oliveira, W. L., & Neto, C. I. S. (2020). Impact of Covid-19 pandemic on mental health of medical students: A cross-sectional study using GAD-7 and PHQ-9 questionnaires. MedRxiv, 24(1), 13–17. https://doi.org/10.1101/2020.06.24.20138925

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Inama, S. (2021). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra dalam Pembelajaran Daring pada Era Pandemi COVID-19. Universitas Sumatra Utara.

Isnayanti, D., & Harahap, N. (2018). Stress Levels and Stressors of First Year Students in Faculty of Medicine, University of Muhammmadiyah Sumatera Utara. Proceedings of International Conference BKSPTIS, 194–198.

Janna, S. R. (2021). The Academic Stress of Final-Year Students in Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Pendidikan Al-Ishlah, 13(1), 80–89. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.407

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.187

Khoiriyah, R., & Handayani, S. (2020). Kesehatan Mental Emosional Perempuan Penderita Kanker di Indonesia. Jkmm, 3(2), 164–173.

Kumari, A., B Singh, S., Mahajan, S., Sharma, V., Ranjan, R., Prakriti, V., Goel, N., & Garima, G. (n.d.). Stress Assessment In MBBS First Year Students Before And After Stress Management Traning During COVID-19 Lockdown: A Noerth Indian Study. International Journal of Medical and Biomedical Studies, 4(9), 33–38.

Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Lumban Gaol, N. T. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1. https://doi.org/10.22146/bpsi.11224

Mahmud, R., & Uyun, Z. (2016). Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres Pada Mahasiswa Praktikum. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 52–61.

Mauliah El-Azis, K., & Puji Rahayu, P. (2017). The Factors Influencing Adolescents’ Stress in The First Year in Al-Munawwir Islamic Boarding School of Kraprak Yogyakarta. School of Nursing Lecturer, Faculty of Health Sciences.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Palani, R. A. (2016). Gambaran Faktor-Faktor Stressor pada Mahasiswa yang Melaksanakan Program Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara di RSUP Haji Adam Malik, Medan Tahun 2016. Universitas Sumatera Utara.

Patil, S. K., Patkar, U. S., & Patkar, K. U. (2016). Comparision of Levels of Stress in Different Years of M.B.B.S. Students in A Medical College - An Observational Study. International Journal of Contemporary Medical Research, 3(6), 1655–1657.

Rahdiana, N. (2020). Perbandingan Tingkat Stres Mahasiswa Empat Angkatan Program Studi Teknik Industri dengan Metode Skoring dari Health and Safety Executive. Jurnal Sistem Teknik Industri, 22(1), 33–44. https://doi.org/10.32734/jsti.v22i1.3297

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977

Rohmatillah, W., & Kholifah, N. (2021). Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home. Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8, 38–52.

Rose, S. (2020). Medical Student Education in the Time of COVID-19. Journal of the American Medical Association, 323(21), 2131–2132. https://doi.org/10.1001/jama.2020.5227

Sari, M. K. (2020). Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan tingkat satu dalam menghadapi wabah COVID 19 dan Perkuliahan Daring di STIKES Karya Husada Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(1), 31–35.

Siraj, H. H., Salam, A., Roslan, R., Hasan, N. A., Jin, T. H., & Othman, M. N. (2014). Stress and its association with the academic performance of undergraduate fourth year medical students at Universiti Kebangsaan Malaysia. International Medical Journal Malaysia, 13(1), 19–24. https://doi.org/10.31436/imjm.v13i1.488

Stawicki, S., Jeanmonod, R., Miller, A., Paladino, L., Gaieski, D., Yaffee, A., De Wulf, A., Grover, J., Papadimos, T., Bloem, C., Galwankar, S., Chauhan, V., Firstenberg, M., DI Somma, S., Jeanmonod, D., Garg, S., Tucci, V., Anderson, H., Fatimah, L., … Garg, M. (2020). The 2019-2020 novel coronavirus (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2) pandemic. Journal of Global Infectious Diseases, 12(2), 47–93. https://doi.org/10.4103/jgid.jgid_86_20

Wahyudi, R., Bebasari, E., & Elda. (2017). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107–113.

Wang, X., Hegde, S., Son, C., Keller, B., Smith, A., & Sasangohar, F. (2020). Investigating mental health of US college students during the COVID-19 pandemi. Journal of Medical Internet Research, 22(9), e22817. https://doi.org/10.2196/22817

Yusoff, M. B. S. (2010). The Medical Student Stressor Questionnaire ( MSSQ ) Manual An explanatory guide on stress and stressors in medical study to help you. KKMED Publications, February 2010.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Gozali, M., & Goalbertus, G. (2023). PERBEDAAN TINGKAT STRES MAHASISWA BERDASARKAN ANGKATAN DAN GENDER TERHADAP PEMBELAJARAN DARING . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 461–471. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12429

Issue

Section

Articles