KELUHAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL MAHASISWA FKG USAKTI PADA MASA PEMBELAJARAN HYBRID
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.12141Keywords:
Mahasiswa, Gangguan Muskuloskeletal, Pembelajaran HybridAbstract
Semenjak WHO mengumumkan status pandemi COVID-19, pemerintah melalui Kemendikbud-Ristek menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu implementasinya di Pendidikan Dokter Gigi (PS PDG) FKG Usakti adalah pembelajaran hybrid atau penggabungan pembelajaran luring dan daring. Hybrid learning memungkinkan mahasiswa untuk bergerak dan tidak dalam posisi duduk yang monoton pada waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keluhan gangguan muskuloskeletal pada mahasiswa kedokteran gigi selama masa hybrid learning. Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan rancangan cross sectional pada 321 responden menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan melalui WhatsApp September hingga November 2022. Analisis data dilakukan secara univariat untuk memberikan gambaran distribusi frekuensi. Mayoritas responden memiliki skor NMQ (Nordic Musculoskeletal Questionnaire) rendah yaitu 313 responden (97,5%) dari 321 responden. Responden penelitian mengeluhkan merasa paling sakit pada bagian anggota tubuh bahu kiri dan kanan (1,2%), pinggang (1,9%), dan bokong atas (1,2%). Mahasiswa yang melakukan pembelajaran hybrid mayoritas memiliki skor NMQ rendah dengan keluhan muskuloskeletal paling sakit dirasakan pada bahu kiri dan kanan, pinggang, dan bokong atas.References
Abdullah, W. (2018). MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. FIKROTUNA, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2243
Algarni, F. S., Kachanathu, S. J., & Alabdulwahab, S. S. (2020). A Cross-Sectional Study on the Association of Patterns and Physical Risk Factors with Musculoskeletal Disorders among Academicians in Saudi Arabia. BioMed Research International, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/8930968
Barik, C. Z., & Sofiana, L. (2020). The Risk Analysis of Musculoskeletal Disorders in Pottery Making Workers in Kasongan, Bantul. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 605–611. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.321
Dekan FKG Trisakti. (2022). Surat Edaran Dekan No 003/Peng/FKG/II/2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan dan Penyesuaian Protokol Kesehatan Dalam Upaya Antisipasi Gelombang Ke-3 COVID-19 Civitas Akademika Universitas Trisakti. 021, 86603233.
Dias, M. de O., & Lopes, R. de O. A. (2020). Will COVID-19 Pandemic Reshape our Society? EAS Journal of Humanities and Cultural Studies, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.36349/EASJHCS.2020.V02I02.012
Fauziah, N., Karim, D., & Utami, S. (2018). HUBUNGAN ANTARA POSISI TUBUH DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PETANI PADI DI DESA SILONGO KECAMATAN LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG. JOM FKp, 5(2), 244–250.
Fuad Husain Akbar. (2021). Ergonomic position and musculoskeletal disorders in Hasanuddin University Dental Hospital, Indonesia. Makassar Dental Journal, 10(2), 129–134. https://doi.org/10.35856/mdj.v10i2.419
Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/senopati/article/view/502/359
Kayabinar, E., Kayabinar, B., Önal, B., Zengin, H. Y., & Köse, N. (2021). The musculoskeletal problems and psychosocial status of teachers giving online education during the COVID-19 pandemic and preventive telerehabilitation for musculoskeletal problems. 68(1), 33–43. https://doi.org/10.3233/WOR-203357
Kemendikbud-Ristek. (2021). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.
Kemendikbud RI. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan dalam Jaringan Tahun 2021. Kemendikbud RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran No 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), 1–16. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Ogunlana, M. O., Govender, P., & Oyewole, O. O. (2021). Prevalence and patterns of musculoskeletal pain among undergraduate students of occupational therapy and physiotherapy in a South African university. Hong Kong Physiotherapy Journal, 41(1), 35–43. https://doi.org/10.1142/S1013702521500037
Paulsen, F., & Waschke, J. (2011). Sobotta Atlas of Human Anatomy Volume 1: General Anatomy and Musculoskeletal System 15th Edition (Vol. 1).
Pristianto, A., Panggabean, H., Zulfatirrohman, A. I., Hidayah, F. N., Ulayya, F. K., & Mulyawati, N. I. (2021). Education on Prevention of Physical and Psychological Problems From Study From Home During the Covid-19 Pandemic Edukasi Pencegahan Permasalahan Efek Dari Study From Home Pada Masa Pandemi Covid-19. Urecol, 30–40.
Putra, A. S., & Muliarta, I. M. (2017). ASPEK ERGONOMI TERKAIT PROSES PERKULIAHAN MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2014. E-Jurnal Medika, 6(5), 1–4.
Rahmayana, A., Novrikasari, & Syakurah, R. A. (2022). Analisis Postur dan Durasi Belajar selama Perkuliahan Daring terhadap Keluhan Low Back Pain pada Mahasiswa Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 9(1), 61–64. https://doi.org/10.32539/JKK.V9I1.15767
Rahmayanti, D. (2021). Distribusi dan frekuensi temporomandibular disorders serta nyeri punggung bawah pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh?: survei pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti. Universitas Trisakti.
Ramdan, I. M., Duma, K., & Setyowati, D. L. (2019). Reliability and Validity Test of the Indonesian Version of the Nordic Musculoskeletal Questionnaire (NMQ) to Measure Musculoskeletal Disorders (MSD) in Traditional Women Weavers. Global Medical & Health Communication (GMHC), 7(2), 123–130. https://doi.org/10.29313/gmhc.v7i2.4132
Salsabila, S., Narwanto, M. I., & Wulandari, P. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik dan Indeks Massa Tubuh dengan Gangguan Muskuloskeletal pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Jember di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 21(1), 38–42. https://doi.org/10.33221/jikes.v21i1.1557
Senarath, M., Thalwaththe, S., & Tennakoon, S. (2021). Prevalence of Selected Musculoskeletal Disorders among the Students of Faculty of Allied Health Sciences, University of Peradeniya. Journal of Musculoskeletal Disorders and Treatment, 7(2), 1–5. https://doi.org/10.23937/2572-3243.1510097
?engül, H., Bulut, A., & Adalan, M. A. (2020). Investigation of the change of lockdowns applied due to COVID-19 pandemic on musculoskeletal discomfort. Journal of Human Sciences, 17(4), 974–985. https://doi.org/10.14687/jhs.v17i4.6060
Setyanto, N. W., Efranto, R., Lukodono, R. P., & Dirawidya, A. (2015). Ergonomics Analysis in the Scarfing Process by OWAS, NIOSH and Nordic Body Map’s Method at Slab Steel Plant’s Division. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 4(3), 1086–1093. https://doi.org/10.15680/IJIRSET.2015.0403060
Shamsul, N. S. M., Abdul Rahman, H., & Naim, F. (2022). Video Display Unit Exposure and Risk of Musculoskeletal Symptoms During Covid-19 Pandemic. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(13), 148–165. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i13/14157
Tambun, M. S. M. O. S. S. (2021). Keluhan Musculoskeletal Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19: Literatur Review. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 3(3), 96–101. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0303.298
Tjahayuningtyas, A. (2019). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PEKERJA INFORMAL. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 8(1), 1. https://doi.org/10.20473/ijosh.v8i1.2019.1-10
Wasia, S. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Lambandia. In Universitas Muhammadiyah Kendari.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agnes Elizabeth Yuwono, Goalbertus Goalbertus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).