EKSPLORASI OCCUPATIONAL HAZARD PADA PEKERJA PERTAMBANGAN PASIR DI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • Vindika Winda Ancarani Perijingga Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Nurfika Asmaningrum Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Alfid Tri Afandi Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Retno Purwandari Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Kholid Rosyidi Muhammad5 Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11577

Keywords:

Pekerja pertambangan, bahaya kerja, tahap kerja pertambangan

Abstract

Bahaya mewakili segala sesuatu yang dapat menyebabkan kerugian, termasuk cedera, penyakit, kematian, lingkungan, kerusakan properti dan peralatan. Bahaya dapat muncul dimana saja dan kapan saja, terutama di wilayah kerja salah satunya industri pertambangan pasir. Proses penambangan memiliki beberapa tahapan pekerjaan diantaranya tahap kerja persiapan, tahap kerja galian, dan tahap kerja penggalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Occupational Hazard pada Pekerja Pertambangan Pasir di Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 penambang manual yang diperoleh melalui metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner jenis potensi bahaya berdasarkan tahapan pekerjaan untuk mengidentifikasi potensi bahaya kerja pada pekerja pertambangan pasir. Hasil analisis data ditemukan beberapa jenis bahaya kerja pertambangan pasir manual yang cukup potensial antara lain bahaya fisik dan kimia pada tahap persiapan, serta bahaya fisik dan ergonomi pada tahap kerusakan. Kemudian pada tahap pengangkutan potensi bahaya rendah atau hampir tidak ada potensi. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi agar perawat dapat menjadi tenaga pendidik untuk memberikan informasi atau pelayanan promosi kesehatan terkait potensi bahaya kerja bagi pekerja pertambangan pasir pada setiap tahapan pekerjaan sehingga dapat dilakukan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja di industri pertambangan.

References

Munandar, A. I., D. 2018. Industri Pertambangan Di Indonesia - Google Books. 2018.

Saleh, L. M. & A. M. 2019. K3 Pertambangan Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sektor Pertambangan. Yogyakarta. 2019.

Sumarna, U. et al. 2018. Bahaya Kerja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta. 2018.

Suparno, F. A. D., I. F. Kuswardani, Y. I. Aggraini, dan S. R. Febriany. 2020. Manajemen risiko kecelakaan kerja akibat blindspot pada disposal area menggunakan analisis hirarc. Jurnal Teknologi Sumberdaya Mineral. 1(1):31–42.

Rosamia, Bernadzar Asha Army. 2015. Analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja di penambangan pasir kabupaten lumajang (studi kasus penambangan pasir di desa bago kecamatan pasirian kabupaten lumajang)

Rosamia, B A A. 2015. Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Penambangan Pasir Kabupaten Lumajang (Studi Kasus Penambangan Pasir Di Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang).

ILO. 2018. Meningkatkan Keselamatan Dan Kesehatan Pekerja Muda. Kantor Perburuhan Internasional , CH- 1211 Geneva 22, Switzerland.

Setiawan, A. 2017. Buku data ekonomi daerah kabupaten lumajang. 76.

WartaBromo. 2016. 4 Penambang Tertimbun Pasir Di Lumajang, 1 Orang Tewas. https://www.wartabromo.com/2016/07/20/4-penambang-tertimbun-pasir-di-lumajang-1-orang-tewas/ (Diakses pada tanggal 20 November 2021 pukul 10.30 WIB)

Widya, M. dan O. Setiani. 2018. Hubungan intensitas kebisingan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pekerja pertambangan pasir dan batu pt. x rowosari, semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6(6):225–234.

Noviyanti, O. L., M. Si, P. Ilmu, P. Sosial, dan U. Negeri. 2015. Kabupaten Magelang The Incomes And Household Welfare Levels Of Sand Miners In Pasekan Hamlet Gondowangi Village Sawangan District Keywords?: Incomes , Household Welfare Levels. (2):428–435.

Undang-Undang Tentang Cipta Kerja No. 11. 2020.

Saribu, I. S. D. 2021. Analisis risiko keselamatan kerja pada pekerja penambangan pasir di kecamatan patumbak kampung tahun 2019 skripsi. 1–71.

Saleh, L. M. & I. H. Y. 2021. Epidemiologi K3 - Google Books. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Perijingga, V. W. A. ., Asmaningrum, N. ., Afandi, A. T., Purwandari, R., & Muhammad5, K. R. . (2023). EKSPLORASI OCCUPATIONAL HAZARD PADA PEKERJA PERTAMBANGAN PASIR DI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 207–215. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11577

Issue

Section

Articles