EKSTRAK BUNGA BAKUNG (SPIDER LILY), HYMENOCALLIS LITTORALIS (JACQ.) GUNA MENCEGAH PENYAKIT DEGENERATIF

Authors

  • Rizky Audryan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Frans Ferdinal Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11553

Keywords:

Hymenocallis littoralis, Antioksidan, Fenolik, Alkaloid, Toksisitas, HPTLC

Abstract

Stress oksidatif terjadi ketika produksi dan penemumpukan reactive oxygen species (ROS) pada sel dan jaringan yang tidak dapat diimbangi oleh tubuh untuk mendetoksifikasi keberadaan ROS yang berlebihan. Antioksidan yang mampu mengimbangi aktivitas radikal bebas, sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk mempertahankan fungsi fisiologis yang baik. Fitokimia yang merupakan salah satu senyawa non-nutrien yang dihasilkan oleh tanaman, memiliki peran penting sebagai antioksidan. Hymenocallis littoralis atau yang dikenal sebagai bunga bakung, merupakan salah satu tanaman yang memproduksi antioksidan alami. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kandungan fitokimia, aktivitas antioksidan dengan metode DPPH, kadar total alkaloid dan fenolik, toksisitas, serta profil sidik jari menggunakan HPTLC dari ekstrak bunga bakung (Hymenocallis littoralis). Penelitian ini merupakan penelitian eskperimental dengan teknik in vitro dan bioassay. Kandungan fitokimia yang terkandung pada ekstrak bunga bakung berupa alkaloid, betasianin, kardioglikosida, koumarin, flavonoid, glikosida, fenolik, kuinon, steroid, terpenoid dan tanin. Kapasitas antioksidan pada ekstrak bunga bakung dengan nilai IC50 sebesar 1006,22 ?g/mL. Kadar fenolik total pada ekstrak bunga bakung sebesar 5195,89 ?g/mL. Kadar alkaloid total pada ekstrak bunga bakung sebesar 25,41 ?g/mL. Sifat toksisitas yang dimiliki ekstrak bunga bakung dengan nilai LC50 sebesar 114,70 ppm. Kandungan profil sidik jari menunjukkan didapatkan dua jenis terpenoid yang terdapat dalam ekstrak bunga bakung, tetapi bukan merupakan jenis solanesol

Author Biography

Frans Ferdinal, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Bermingham, D., Hill, R. D., Woltz, D., & Gardner, M. K. (2013). Cognitive Strategy Use and Measured Numeric Ability in Immediate- and Long-Term Recall of Everyday Kualitas 61Tidur Bu374rukNum435eric Information.85 PL481oS 396ONE, 8(3). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0057999

D, M. A. (2013). Sasaran Atau Obyek Evaluasi Pendidikan Dan Penilaian Berbasis Sekolah. Jurnal Al-Hikmah , 14(1), 1–12.

Dewi, S., & Nursasi, A. (2013). Gangguan Pola Tidur dan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah 9-12 Tahun. Jurnal FIK UI, 1, 1–15.

F, A. (2013). Faktor yang Berhubungan Dengan Prestasi Akademik Murid Sekolah Menengah Pertama di Jakarta yang Mengalami Gangguan Tidur. Thesis. Universias Indonesia.

Getachew, B. (2018). Factors Affecting Student’s Academic Performance in Ahuntegen General Secondary School, North Wollo Zone, Ethiopia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 198–206. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.8404

Haryono Adelina, R. A. A. A. P. A. (2009). Prevalensi gangguan tidur pada remaja usia 12-15 tahun di sekolah lanjutan tingkat pertama.

IZ, N. S. S. S. L. (2014). Comparing sleep disorders in urban and suburban adolescents. Paediatrica Indonesiana, 54(5), 299–304. https://doi.org/10.14238/pi54.5.2014.10

JE, G. A. H. (2007). Textbook of Medical Physiology. Philadelphia: Elsevier Saunders, Edisi ke-11, 753–761. https://doi.org/10.1097/00000441-195702000-00020

Kaliyaperumal, D., Elango, Y., Alagesan, M., & Santhanakrishanan, I. (2017). Effects of sleep deprivation on the cognitive performance of nurses working in shift. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 11(8), CC01–CC03. https://doi.org/10.7860/JCDR/2017/26029.10324

M.S. Farooq, A.H. Chaudhry, M. Shafiq, & G. Berhanu. (2011). Factors affecting students’ quality of academic performance: a case of secondary school level. Journal of Quality and Technology Management, 7(2), 1–14.

Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1). https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477

Pangestika, G., Lestari, D. R., & Setyowati, A. (2018). Stres dengan Kualitas Tidur pada Remaja. Dunia Keperawatan, 6(2), 107–115. https://doi.org/10.20527/dk.v6i2.4412

Rasch, B., & Born, J. (2013). About sleep’s role in memory. Physiological Reviews, 93(2), 681–766. https://doi.org/10.1152/physrev.00032.2012

Susanti, Y. I. D. (2018). Hubungan Antara Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 107–112. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.10908

Watson, N. F., Badr, M. S., Belenky, G., Bliwise, D. L., Buxton, O. M., Buysse, D., Dinges, D. F., Gangwisch, J., Grandner, M. A., Kushida, C., Malhotra, R. K., Martin, J. L., Patel, S. R., Quan, S. F., Tasali, E., Twery, M., Croft, J. B., Maher, E., Barrett, J. A., … Heald, J. L. (2015). Recommended amount of sleep for a healthy adult: A joint consensus statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society. Sleep, 38(6), 843–844. https://doi.org/10.5665/sleep.4716

Zhang, X., Dimitriou, D., & Halstead, E. J. (2021). Sleep, Anxiety, and Academic Performance: A Study of Adolescents From Public High Schools in China. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.678839

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Audryan, R., & Ferdinal, F. (2023). EKSTRAK BUNGA BAKUNG (SPIDER LILY), HYMENOCALLIS LITTORALIS (JACQ.) GUNA MENCEGAH PENYAKIT DEGENERATIF. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 659–665. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11553

Issue

Section

Articles