EKSTRAK BUNGA BAKUNG (SPIDER LILY), HYMENOCALLIS LITTORALIS (JACQ.) GUNA MENCEGAH PENYAKIT DEGENERATIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11553Keywords:
Hymenocallis littoralis, Antioksidan, Fenolik, Alkaloid, Toksisitas, HPTLCAbstract
Stress oksidatif terjadi ketika produksi dan penemumpukan reactive oxygen species (ROS) pada sel dan jaringan yang tidak dapat diimbangi oleh tubuh untuk mendetoksifikasi keberadaan ROS yang berlebihan. Antioksidan yang mampu mengimbangi aktivitas radikal bebas, sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk mempertahankan fungsi fisiologis yang baik. Fitokimia yang merupakan salah satu senyawa non-nutrien yang dihasilkan oleh tanaman, memiliki peran penting sebagai antioksidan. Hymenocallis littoralis atau yang dikenal sebagai bunga bakung, merupakan salah satu tanaman yang memproduksi antioksidan alami. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kandungan fitokimia, aktivitas antioksidan dengan metode DPPH, kadar total alkaloid dan fenolik, toksisitas, serta profil sidik jari menggunakan HPTLC dari ekstrak bunga bakung (Hymenocallis littoralis). Penelitian ini merupakan penelitian eskperimental dengan teknik in vitro dan bioassay. Kandungan fitokimia yang terkandung pada ekstrak bunga bakung berupa alkaloid, betasianin, kardioglikosida, koumarin, flavonoid, glikosida, fenolik, kuinon, steroid, terpenoid dan tanin. Kapasitas antioksidan pada ekstrak bunga bakung dengan nilai IC50 sebesar 1006,22 ?g/mL. Kadar fenolik total pada ekstrak bunga bakung sebesar 5195,89 ?g/mL. Kadar alkaloid total pada ekstrak bunga bakung sebesar 25,41 ?g/mL. Sifat toksisitas yang dimiliki ekstrak bunga bakung dengan nilai LC50 sebesar 114,70 ppm. Kandungan profil sidik jari menunjukkan didapatkan dua jenis terpenoid yang terdapat dalam ekstrak bunga bakung, tetapi bukan merupakan jenis solanesolReferences
Bermingham, D., Hill, R. D., Woltz, D., & Gardner, M. K. (2013). Cognitive Strategy Use and Measured Numeric Ability in Immediate- and Long-Term Recall of Everyday Kualitas 61Tidur Bu374rukNum435eric Information.85 PL481oS 396ONE, 8(3). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0057999
D, M. A. (2013). Sasaran Atau Obyek Evaluasi Pendidikan Dan Penilaian Berbasis Sekolah. Jurnal Al-Hikmah , 14(1), 1–12.
Dewi, S., & Nursasi, A. (2013). Gangguan Pola Tidur dan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah 9-12 Tahun. Jurnal FIK UI, 1, 1–15.
F, A. (2013). Faktor yang Berhubungan Dengan Prestasi Akademik Murid Sekolah Menengah Pertama di Jakarta yang Mengalami Gangguan Tidur. Thesis. Universias Indonesia.
Getachew, B. (2018). Factors Affecting Student’s Academic Performance in Ahuntegen General Secondary School, North Wollo Zone, Ethiopia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 198–206. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.8404
Haryono Adelina, R. A. A. A. P. A. (2009). Prevalensi gangguan tidur pada remaja usia 12-15 tahun di sekolah lanjutan tingkat pertama.
IZ, N. S. S. S. L. (2014). Comparing sleep disorders in urban and suburban adolescents. Paediatrica Indonesiana, 54(5), 299–304. https://doi.org/10.14238/pi54.5.2014.10
JE, G. A. H. (2007). Textbook of Medical Physiology. Philadelphia: Elsevier Saunders, Edisi ke-11, 753–761. https://doi.org/10.1097/00000441-195702000-00020
Kaliyaperumal, D., Elango, Y., Alagesan, M., & Santhanakrishanan, I. (2017). Effects of sleep deprivation on the cognitive performance of nurses working in shift. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 11(8), CC01–CC03. https://doi.org/10.7860/JCDR/2017/26029.10324
M.S. Farooq, A.H. Chaudhry, M. Shafiq, & G. Berhanu. (2011). Factors affecting students’ quality of academic performance: a case of secondary school level. Journal of Quality and Technology Management, 7(2), 1–14.
Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1). https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477
Pangestika, G., Lestari, D. R., & Setyowati, A. (2018). Stres dengan Kualitas Tidur pada Remaja. Dunia Keperawatan, 6(2), 107–115. https://doi.org/10.20527/dk.v6i2.4412
Rasch, B., & Born, J. (2013). About sleep’s role in memory. Physiological Reviews, 93(2), 681–766. https://doi.org/10.1152/physrev.00032.2012
Susanti, Y. I. D. (2018). Hubungan Antara Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 107–112. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.10908
Watson, N. F., Badr, M. S., Belenky, G., Bliwise, D. L., Buxton, O. M., Buysse, D., Dinges, D. F., Gangwisch, J., Grandner, M. A., Kushida, C., Malhotra, R. K., Martin, J. L., Patel, S. R., Quan, S. F., Tasali, E., Twery, M., Croft, J. B., Maher, E., Barrett, J. A., … Heald, J. L. (2015). Recommended amount of sleep for a healthy adult: A joint consensus statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society. Sleep, 38(6), 843–844. https://doi.org/10.5665/sleep.4716
Zhang, X., Dimitriou, D., & Halstead, E. J. (2021). Sleep, Anxiety, and Academic Performance: A Study of Adolescents From Public High Schools in China. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.678839
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Audryan, Frans Ferdinal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).