HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN HASIL BELAJAR UJIAN AKHIR SEMESTER DI SMPN 1 KOTA SERANG

Authors

  • Nur Anisa Candra Kirana Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Melanie Rakhmi Mantu Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11550

Keywords:

Kualitas tidur, hasil ujian akhir semester

Abstract

Tidur memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh. Kurangnya waktu tidur dapat menimbulkan dampak seperti berkurangnya konsentrasi yang berpengaruh pada proses belajar. Konsentrasi dibutuhkan dalam proses belajar, dengan adanya konsentrasi yang baik hasil akademik dapat memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara kualitas tidur dengan hasil belajar ujian akhir semester ganjil pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Kota Serang pada bulan Januari hingga Mei 2022. Penelitian ini menggunakan analitik dengan pendekatan corss-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index yang telah tervalidasi dalam Bahasa Indonesia dan rata-rata nilai ujian akhir semester yang kemudia dianalisis dengan program statistic SPSS (Statistical Product and Service Solution). Didapatkan jumlah sampel sebanyak 481 responden dan terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur dengan hasil ujian akhir semester dengan p-value 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan kualitas tidur berpengaruh dalam hasil ujian akhir semester pada siswa kelas IX SMPN 1 Kota Serang.

Author Biography

Melanie Rakhmi Mantu, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

Universitas Tarumanagara

References

Bermingham, D., Hill, R. D., Woltz, D., & Gardner, M. K. (2013). Cognitive Strategy Use and Measured Numeric Ability in Immediate- and Long-Term Recall of Everyday Kualitas 61Tidur Bu374rukNum435eric Information.85 PL481oS 396ONE, 8(3). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0057999

D, M. A. (2013). Sasaran Atau Obyek Evaluasi Pendidikan Dan Penilaian Berbasis Sekolah. Jurnal Al-Hikmah , 14(1), 1–12.

Dewi, S., & Nursasi, A. (2013). Gangguan Pola Tidur dan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah 9-12 Tahun. Jurnal FIK UI, 1, 1–15.

F, A. (2013). Faktor yang Berhubungan Dengan Prestasi Akademik Murid Sekolah Menengah Pertama di Jakarta yang Mengalami Gangguan Tidur. Thesis. Universias Indonesia.

Getachew, B. (2018). Factors Affecting Student’s Academic Performance in Ahuntegen General Secondary School, North Wollo Zone, Ethiopia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 198–206. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.8404

Haryono Adelina, R. A. A. A. P. A. (2009). Prevalensi gangguan tidur pada remaja usia 12-15 tahun di sekolah lanjutan tingkat pertama.

IZ, N. S. S. S. L. (2014). Comparing sleep disorders in urban and suburban adolescents. Paediatrica Indonesiana, 54(5), 299–304. https://doi.org/10.14238/pi54.5.2014.10

JE, G. A. H. (2007). Textbook of Medical Physiology. Philadelphia: Elsevier Saunders, Edisi ke-11, 753–761. https://doi.org/10.1097/00000441-195702000-00020

Kaliyaperumal, D., Elango, Y., Alagesan, M., & Santhanakrishanan, I. (2017). Effects of sleep deprivation on the cognitive performance of nurses working in shift. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 11(8), CC01–CC03. https://doi.org/10.7860/JCDR/2017/26029.10324

M.S. Farooq, A.H. Chaudhry, M. Shafiq, & G. Berhanu. (2011). Factors affecting students’ quality of academic performance: a case of secondary school level. Journal of Quality and Technology Management, 7(2), 1–14.

Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1). https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477

Pangestika, G., Lestari, D. R., & Setyowati, A. (2018). Stres dengan Kualitas Tidur pada Remaja. Dunia Keperawatan, 6(2), 107–115. https://doi.org/10.20527/dk.v6i2.4412

Rasch, B., & Born, J. (2013). About sleep’s role in memory. Physiological Reviews, 93(2), 681–766. https://doi.org/10.1152/physrev.00032.2012

Susanti, Y. I. D. (2018). Hubungan Antara Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 107–112. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.10908

Watson, N. F., Badr, M. S., Belenky, G., Bliwise, D. L., Buxton, O. M., Buysse, D., Dinges, D. F., Gangwisch, J., Grandner, M. A., Kushida, C., Malhotra, R. K., Martin, J. L., Patel, S. R., Quan, S. F., Tasali, E., Twery, M., Croft, J. B., Maher, E., Barrett, J. A., … Heald, J. L. (2015). Recommended amount of sleep for a healthy adult: A joint consensus statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society. Sleep, 38(6), 843–844. https://doi.org/10.5665/sleep.4716

Zhang, X., Dimitriou, D., & Halstead, E. J. (2021). Sleep, Anxiety, and Academic Performance: A Study of Adolescents From Public High Schools in China. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.678839

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Anisa Candra Kirana, N., & Rakhmi Mantu, M. (2023). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN HASIL BELAJAR UJIAN AKHIR SEMESTER DI SMPN 1 KOTA SERANG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 771–775. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11550

Issue

Section

Articles