PANDANGAN AL-QUR’AN TERHADAP PENGGUNAAN OBAT DALAM PENGOBATAN PENYAKIT

Authors

  • Dani Suryaningrat Akademi Farmasi Yarsi Pontianak
  • Achmad Abubakar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Hasyim Haddade Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11342

Keywords:

Pandangan Al-Qur’an, Penggunaan Obat, Pengobatan Penyakit

Abstract

Kesehatan merupakan tolak ukur dari kesejahteraan  seseorang. Tetapi kesehatan  bukan segala-galanya namun tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak memiliki arti Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kajian penggunaan obat-obatan dalam pengobatan Al-Qur'an dari perspektif tafsir. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis literature review. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah salah satu surah dalam Al-Qur'an yaitu surah Al-Isra ayat 82 yang menyatakan bahwa Al-Qur'an adalah penawar atau obat dan rahmat bagi orang beriman. Sedangkan hadits Nabi SAW dalam H.R. Bukhori mengatakan bahwa untuk setiap penyakit pasti Allah SWT menurunkan obatnya. Metode penulisan yang digunakan adalah studi pustaka yang berkaitan dengan topik yang telah ditentukan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa ada ayat-ayat Al-Qur'an sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit fisik dan mental. Pengobatan merupakan perintah dari Allah SWT kepada umatnya sebagai bentuk ikhtiar dalam mencapai kesembuhan. Ada beberapa bahan alami yang disebutkan seperti Madu, Kurma, Timah, Anggur, Minyak Zaitun, dan Jahe dalam Al-Quran dan/atau Hadits sebagai obat. Perawatan dalam Al-Qur'an harus dilakukan secara komprehensif baik secara fisik maupun spiritual. Pemanfaatan obat dalam memerlukan pemahaman yang tepat agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Demikian juga obat yang lahir secara selektif dan mempertimbangkan kehalalan. Harus ada upaya dari Industri Pecahan untuk mendaftarkan obat halal yang digunakan dalam dunia kedokteran.

References

Agus N. Cahyo, Penjelasan-penjelasan Ilmiah Tentang Dahsyatnya Manfaat Ibadahibadah Harian Untuk Kesehatan Jiwa dan Fisik Kita, Diva Press, Yogyakarta, 2011.

Ahsin W. Alhafidz, Fikih Kesehatan, Amzah, Jakarta, 2007

Al-Harari, Muhammad al-Amin. Tafsir Hadaiq ar-Rauh war-Raihan. Makkah: Dar Thouq wan-Najah. tt.

Aliah B. Purwakania Hasan, Pengantar Psikologi Kesehatan Islam

Al-Maraghi,Ahmad Musthofa. Tafsir al-Maroghi. Beirut: Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabi.tt.

Astawan M., Andreas L. 2008. Khasiat Makanan Mentah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Asy-Synqithi. 2007. Tafsir adhwa'ul bayan Jilid 2 : Tafsir al-qur'an dengan al-qur'an / Asy-Syanqithi ; penerjemah : Bari, Rivai, Muhammad ; editor: Dr. Yusuf Baihaqi. Pustaka Azzam . Jakarta

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Hasil Riskesdas 2013 [Internet].

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Hasil Utama Riskesdas 2018 [Internet].

Bersama : Ust. Dr. Anom Bowolaksono, M.Sc., Ahad, 18 Januari 2015, @Aula Utama Masjid UI Depok (https://mesjidui.ui.ac.id/kajian-mukjizat-al-quran-tentang-manfaat-buah-zaitun/)

Chaerunissa, Anis Yohana, et.al. Farmasetika Dasar. Bandung: Widya Padjadjaran. 2009.

Defi Juliartijahe, 2021 Zanjabil Sebagai Minuman Syurgawi Dalam Tafsir Al-MaraGi (Studi Kitab Tafsir Ahmad Mustafa Al-MaraGi). IAIN Bengkulu.

Ebrahim, Abul Fadl Mohsin. Biomedical Issues, Islamic Perspective. Kuala Lumpur: A.S. Noordeen. 1993.

El Saha, M. Ishom dan Saiful Hadi. 2005. Sketsa Al-Qur’a>n Tempat, Tokoh, Nama, dan Istilah dalam Alqur’an, Jakarta: Lista Fariska Putra.

Fenny silviana rizal, i.g., natanael nugroho, 2019. Faktor keputusan konsumen dalam memilih obat bebas di provinsi dki jakarta. 2019 2, 44–45.

Hambali, Iftachul’ain. Islamic Pineal Therapy. Jakarta: Prestasi. 2011.

http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-profilkesehatan.html

https://quranhadits.com/quran/26-asy-syu-ara/asy-syuara-ayat-80/

https://www.kemkes.go.id/resources/download/general/Hasil Riskesdas 2013.pdf

Jalaluddin al-Suyuti, Al-Qur’an al-Syafi, diterjemahkan oleh Achmad Sunarto dengan judul Al-Qur’an sebagai Penyembuh (Semarang: CV. Surya Angkasa, 1995), h. 86.(20)

Jamaluddin dan Mubasyir. Al-Quran Bertutur tentang Makanan dan Obat-Obatan. Yogyakarta: Mitra Pustaka. 2006.

Al-Kaheel, A. (2010). Al-Qur’an The Healing Book. Jakarta: Tarbawi Press

Kahel, Abduddaim. The Holy Heal. Banten: Kalim, 2010.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Internet].

Khan, F., Farid Ahmed., Peter, N.P., Adel, A.,Taha, K., Elie, B., Mohammed, A., & Kalamegam Gauthaman. 2016. Ajwa Date (Phoenix dactylifera L.) Extract Inhibits Human Breast Adenocarcinoma (MCF7) Cells In Vitro by Inducing Apoptosis and Cell Cycle Arrest. Plos One. 1 : 1-17.

Khasanah, N. 2011. Kandungan Buah-buahan dalam Alqur’an : Buah Tin (Ficus carica L.), Zaitun (Olea europea L.), Delima (Punica granatum L.), Anggur (Vitis vinivera L.), dan Kurma (Phoenixdacty lifera L.) untuk Kesehatan. Jurnal Phenomenon, 1(1): 1-25 Hal.

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Nurul Aulia Zahara. Studi Literatur Efek Biologis Buah Kurma Ajwa (Phoenix Dactylifera L.). Program Studi D3 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram 2020

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Formularium Obat Herbal Asli Indonesia

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasin di Puskesmas

Rahmani, A. H., Aly, S. M., Ali, H., Babiker, A. Y., & Srikar, S. 2014. Therapeutic Effects of Date Fruits (Phoenix Dactylifera) In The Prevention of Diseases Via Modulation of Anti-Inflammatory, Anti-Oxidant and Anti-Tumour Activity. International Journal of Clinical And Experimental Medicine, 7: 483.

Rahmawan Z. 2006. Kupas Tuntas Kurma Berdasarkan Al-Quran, As-Sunah Ash-Shahihah dan Tinjauan Medis Modern. Penerbit Media Tarbiyah, Bogor.

Raqith, Hamad Hasan. Hidup Sehat Cara Islam. Bandung: Penerbit Jembar. 2007.

https://www.republika.co.id/berita/qghvpp320/pendapat-ibnu-qayyim-tentang-bacaan-alquran-berirama

S. S. Djam’an, Islam dan Psikosomatik, Bulan Bintang, Jakarta, 1975, hlm. 102-103

Sani, I.H., Nor, H.A.B., Mohd Adzim, K.R., Ibrahim, S., Maryam, I.U., & Nasir Mohamad. 2015. Phoenix Dactylifera Linn as a Potential Antioxidant in Treating Major Opioid Toxicity. Journal of Applied Pharmaceutical Science. 5: 167-172.

Soni N, Mehta S, Satpathy G, Gupta RK. 2014. Estimation of nutritional, phytochemical, antioxidant and antibacterial activity of dried fig (Ficus carica). Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. 158- 165.

Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Departemen Kesehatan RI. Jakarta

Wahyu Fajar Nugraha, 2020. Review Artikel : Etnofarmakologi Tanaman Tin (Ficus Carica L.) (Kajian Tafsir Ilmi Tentang Buah Tin Dalam Al-Qur’an) Jurnal Farmagazine Vol. VII No.1 Februari 2020.

Wiryanta B.T.W. 2007. Membuahkan Anggur di Dalam Pot dan Pekarangan. 5 th ed. Jakarta: Agromedia Pustaka, pp: 1-20.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Dani Suryaningrat, Abubakar, A. ., & Haddade, H. . (2023). PANDANGAN AL-QUR’AN TERHADAP PENGGUNAAN OBAT DALAM PENGOBATAN PENYAKIT. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 394–404. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.11342

Issue

Section

Articles