APLIKASI VIRTUAL REALITY DALAM REHABILITASI EKSTREMITAS ATAS PASIEN POST STROKE: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Candradewi Mahardika Ranukusuma Magister Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia
  • Tuti Herawati Magister Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.10665

Keywords:

Ekstremitas Atas, Pasien, Rehabilitasi, Stroke, Virtual Reality

Abstract

Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kecacatan pada penderitanya. Pasien paska terjadi stroke mengalami kelemahan motorik dan hambatan dalam ambulasi. Salah satu kelemahan yang sering terjadi adalah ekstremitas atas sehingga diperlukan rehabilitasi untuk dapat mengembalikan fungsi normalnya.  Rehabilitasi dengan pengaplikasian teknologi Virtual Reality menjadikan salah satu teknologi yang banyak di uji cobakan. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan terapi rehabilitasi ekstremitas atas  dengan teknologi Virtual Reality. Dalam menulis artikel ini, penulis menggunakan metode literatur review yang berfokus dalam hal pemanfaatan teknologi Virtual Reality dalam terapi rehabilitasi. Pengaplikasian teknologi Virtual Reality menunjukkan hasil penelitian yang mendukung bahwa rehabilitasi dengan teknologi Virtual Reality dapat berguna dan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan dalam pemulihan gerakan anggota ekstremitas atas pada pasien paska stroke. Jenis Virtual Reality yang banyak dipakai dari 10 jurnal yang di analisis adalah jenis Virtual Reality berbasis game dan terapi rehabilitasi yang dilakukan dikombinasi dengan terapi konvensional. Pengaplikasian terapi berbasis teknologi Virtual Reality masih perlu terus dikembangkan sehingga bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar.    

References

Aguilera-Rubio, Á., Cuesta-Gómez, A., Mallo-López, A., Jardón-Huete, A., Oña-Simbaña, E. D., & Isabel Mª Alguacil-Diego. (2022). Feasibility and Efficacy of a Virtual Reality Game-Based Upper Extremity Motor Function Rehabilitation Therapy in Patients with Chronic Stroke: A Pilot Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(6), 3381. https://doi.org/10.3390/ijerph19063381

Ain, Q.U.; Khan, S; Ilyas, S; Yaseen, A; Thariq, I; Liu, T; Wang, J. (2021). Additional effects of xbox kinect training on upper limb function in chronic stroke patients: A randomized control trial. Healthcare, 9(3), 242. doi:https://doi.org/10.3390/healthcare9030242

Anwar, N., Karimi, H., Ashfaq, A., Syed, A. G., Khalid, K., Ahmed, S. A., & Hanif, A. (2022). Virtual reality training using nintendo wii games for patients with stroke: Randomized controlled trial. JMIR Serious Games, 10(2) doi:https://doi.org/10.2196/29830

Asfar, S; Mirzayev, I; Yemisci, O; Saracgil, S. (2018). Virtual Reality in Upper Extremity Rehabilitation of Stroke Patients: A Randomized Controlled Trial. Journal of Stroke and Cerebrovaskuler Disease, Vol. 27, No. 12 (December): pp3473-3478. https://doi.org/10.1016/j.jstrokecerebrovasdis.2018.08.007

Bantolo, et al. 2022. Tantangan dan Peluang Rehabilitasi Paska Stroke: Tinjauan Pustaka Challenge and Opportunity of Post Stroke Rehabilitation: Literatur Review. Jurnal Pendidikan Tambulasi: Volume 6 No. 1 tahun 2022 Hal: 4583-4587

El-Kafy, E., Alshehri, M. A., El-Fiky, A., & Guermazi, M. A. (2021). The Effect of Virtual Reality-Based Therapy on Improving Upper Limb Functions in Individuals With Stroke: A Randomized Control Trial. Frontiers in Aging Neuroscience, https://doi.org/10.3389/fnagi.2021.731343

Islam, M. K., & Brunner, I. (2019). Cost-analysis of virtual reality training based on the Virtual Reality for Upper Extremity in Subacute stroke (VIRTUES) trial. International Journal of Technology Assessment in Health Care, 35(5), 373-378. https://doi.org/10.1017/S026646231900059X

Mc Coy, Eric, et al. 2018. American Heart Association/American Stroke Association Deletes Section from 2018 Stroke Guidelines. California: California Digital Library

Miclaus, R., Roman, N., Caloian, S., Mitoiu, B., Suciu, O., Onofrei, R. R., Pavel, E., & Neculau, A. (2020). Non-Immersive Virtual Reality for Post-Stroke Upper Extremity Rehabilitation: A Small Cohort Randomized Trial. Brain Sciences, 10(9), 655. https://doi.org/10.3390/brainsci10090655

Montalbán MA, Arrogante O. 2019. Rehabilitation mediante terapia de realidad virtual tras un accidente cerebrovascular: una revisión bibliográfica. Rev Cient Soc Esp Enferm Neurol. 2020;52:19---27

Montoya, D., Barria, P., Cifuentes, C. A., Aycardi, L. F., Morís, A., Aguilar, R., Azorín, J.,M., & Múnera, M. (2022). Biomechanical Assessment of Post-Stroke Patients’ Upper Limb before and after Rehabilitation Therapy Based on FES and VR. Sensors, 22(7), 2693. https://doi.org/10.3390/s22072693

Nuryanto, et al. 2019. Pemberian Latihan Virtual Reality Lebih Baik daripada Latihan Konvensional Terhadap Peningkatan Fungsional Tangan pada Pasien Pasca Stroke. Sport and Fitness Journal: volume 7, No. 1, Januari 2019: 78-84

Sin H, Lee G. 2013. Additional virtual reality training using Xbox Kinect in stroke survivors with hemiplegia. Am J Phys Med Rehabil 2013;92:871-880

Syafni, et al. 2020. Literatur Review Rehabilitasi Medik Pasien Pasca Stroke Post Stroke Patient. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Volume 9, Nomor 2, Desember 2020, pp 873-877 p-ISSN: 2354-6093 dan e-ISSN: 2654-4563 DOI: 10.35816/jiskh.v10i2.428

Wei, D., Xu-Yun, H., Mou-Xiong, Z., Jia-Jia, W., & Xu, J. (2022). Effectiveness of robot-assisted virtual reality mirror therapy for upper limb motor dysfunction after stroke: study protocol for a single-center randomized controlled clinical trial. BMC Neurology, 22, 1-9. https://doi.org/10.1186/s12883-022-02836-6

Yu, Huang., Wei-Chi, C., Ya-Chin Yeh, Shih-Chen, F., Wan-Hsien, Y., Ho-Chang, K., & Ping-Chia, L. (2022). Effects of virtual reality-based motor control training on inflammation, oxidative stress, neuroplasticity and upper limb motor function in patients with chronic stroke: a randomized controlled trial. BMC Neurology, 22, 1-14. https://doi.org/10.1186/s12883-021-02547-4

Xie, H; Zhang, H; Liang, H; Fan, H; Zhou, J; Ambrose Lo, W. L;& Le Li. (2021). A Novel Glasses-free Virtual Reality Rehabilitation System on Improving Upper Limb Motor Function among Patient with Stroke: A Feasibility Pilot Study. Medicine in Novel Technologi and Device 11. https.//doi.org/10.1016/j.medntd.2021.100069

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Ranukusuma, C. M., & Herawati, T. . (2023). APLIKASI VIRTUAL REALITY DALAM REHABILITASI EKSTREMITAS ATAS PASIEN POST STROKE: LITERATURE REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 886–893. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.10665

Issue

Section

Articles